7 Cara Yang Dapat Dilakukan untuk Melindungi WhatsApp

rexdl.co.id – 7 Cara Yang Dapat Dilakukan untuk Melindungi WhatsApp – Meskipun WhatsApp adalah cara aman untuk mengirim pesan kepada orang lain, akun WhatsApp Anda dapat diretas tanpa sepengetahuan Anda. Sebagian besar, peretas menggunakan metode peretasan sosial untuk mendapatkan akun WhatsApp Anda, yaitu dengan menipu Anda agar memberi mereka akses. Tetapi ada langkah-langkah tertentu yang dapat Anda ambil untuk menghindari hal ini. Mari kita cari tahu bagaimana Anda dapat melindungi akun WhatsApp Anda dari peretas.

Cara Melindungi WhatsApp dari Peretasan

Tidak ada metode satu langkah atau satu pun yang gagal untuk melindungi akun WhatsApp Anda. Tindakan terbaik adalah dengan sadar dan berhati-hati tentang privasi Anda, dan jangan sampai mengakhiri obrolan pribadi Anda dengan orang asing. Berikut adalah langkah-langkah paling efektif yang akan Anda ambil untuk mengamankan WhatsApp Anda dari peretasan dengan cara apa pun.

1. Sembunyikan Bluetick dari Orang Lain

Cara Yang Dapat Dilakukan untuk Melindungi WhatsApp pertama adalah Untuk menyembunyikan centang biru obrolan WhatsApp dari orang lain, buka Pengaturan WhatsApp > Akun. Buka opsi Privasi. Nonaktifkan opsi “Baca Tanda Terima”.

Ketika tanda terima baca WhatsApp dimatikan, orang lain tidak akan dapat menemukan apakah Anda membaca pesan atau tidak. Tapi ada masalah, Anda juga akan diblokir untuk melihat apakah orang lain telah membaca pesan Anda. Ini adalah jembatan dua arah, tetapi sepadan dengan pengaturannya.

2. Kirim Foto Menghilang di WhatsApp

Mengirim foto yang hilang di WhatsApp itu mudah. Anda hanya perlu memilih foto atau video dari rol kamera seperti biasa. Sebelum mengirim, cari ikon lingkaran dengan “1” di dalamnya pada layar pratinjau gambar. Ketuk untuk mengaktifkan mode penghancuran diri untuk foto.

Sekarang Anda dapat mengirim foto dan itu akan dikirim sebagai foto yang menghilang ke obrolan. Anda bisa tahu begitu mereka melihat gambar dan tidak akan mengizinkan melihatnya sesudahnya. Meskipun, penerima masih dapat mengambil tangkapan layar foto yang hilang dan tidak ada cara untuk mencegah atau memberi tahu pengirim tentang hal itu.

3. Kirim Pesan WhatsApp yang Menghilang

Cara Yang Dapat Dilakukan untuk Melindungi WhatsApp selanjutnya Seperti Anda dapat mengirim foto yang menghilang secara instan, ada juga opsi pengiriman pesan yang menghilang. Berbeda dengan foto, pesan yang hilang tidak langsung hilang saat dilihat orang lain. Ini bekerja dengan menghapus pesan yang lebih lama dari 7 hari dari semua perangkat.

4. Periksa Berbagi Lokasi Langsung

Apakah Anda secara tidak sengaja membagikan lokasi langsung Anda atau seseorang menipu Anda, Anda dapat memeriksa apakah lokasi Anda dilacak oleh seseorang melalui WhatsApp.

Untuk itu, buka WhatsApp, masuk ke Pengaturan. Pilih Akun dan kemudian pergi ke Privasi. Dari layar berikutnya, ketuk Lokasi Langsung.

Jika Anda melihat kontak di sana, itu berarti mereka sekarang dapat melihat gerakan Anda. Cukup ketuk “Berhenti Berbagi” untuk memblokir mereka agar tidak melihat lokasi langsung Anda melalui WhatsApp. Cara Yang Dapat Dilakukan untuk Melindungi WhatsApp

5. Jangan Klik Tautan Mencurigakan

Semua yang Anda lihat di WhatsApp tidak harus benar dan terkadang dianggap sebagai hal yang berbahaya. Peretas mungkin mencoba merebut WhatsApp Anda atau informasi pribadi lainnya melalui tautan berbahaya. Jika Anda mendapatkan tautan yang diteruskan di grup atau tautan langsung dari nomor asing, jangan buka kecuali Anda yakin akan kredibilitasnya.

Tautan phishing semacam itu biasanya datang saat beberapa merek menawarkan di depan mata. Namun jauh di lubuk hati, mereka akan membawa Anda ke tampilan situs web favorit Anda di mana mereka akan mencoba mengumpulkan informasi login Anda dengan menipu Anda. Jadi, jangan pernah mencoba membuka tautan yang mencurigakan kecuali Anda sangat yakin tentangnya.

6. Jangan Bagikan OTP dengan Siapapun

Cara Yang Dapat Dilakukan untuk Melindungi WhatsApp yang paling utama adalah OTP atau One Time Passcodes adalah cara utama untuk memverifikasi nomor telepon Anda di seluruh internet. Ini juga berlaku saat Anda membuat atau masuk ke WhatsApp. Jika seseorang ingin “meretas” akun WhatsApp Anda, mereka cukup mencoba dengan nomor telepon Anda dan menipu Anda agar memberi mereka OTP Anda.

Satu hal yang selalu dikatakan setiap perusahaan tetapi kebanyakan orang tidak akan mendengarkannya adalah “JANGAN Bagikan OTP.” Banyak yang akan jatuh untuk panggilan mangsa di mana mereka meminta kode OTP yang diterima di telepon korban. Jika Anda pernah memberikan OTP Anda kepada seseorang, Anda pasti membahayakan akun WhatsApp Anda.

7. Pastikan Tidak Ada Yang Memata-matai Ponsel Anda

Mencari tahu alat mata-mata di ponsel Anda mungkin tidak mudah. Kami menemukan beberapa metode efektif dengan cara kami sendiri dan menjelaskannya dalam panduan untuk mengetahui apakah ponsel Anda sedang dimata-matai atau dipantau. Privasi seharusnya tidak menjadi mitos dan kita semua memiliki beberapa bagian yang harus dilakukan untuk menjaga milik kita. Metode di atas akan membantu Anda mengetahui seberapa baik Anda dapat melindungi WhatsApp Anda dari peretas.

Demikian 7 Cara Yang Dapat Dilakukan untuk Melindungi WhatsApp Anda agar tidak mudah diretas. Semoga bermanfaat.

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1558