8 Langkah untuk Melindungi WhatsApp dari Peretas

rexdl.co.id – 8 Langkah untuk Melindungi WhatsApp dari Peretas – Meskipun WhatsApp adalah cara aman untuk mengirim pesan kepada orang lain, akun WhatsApp Anda dapat diretas tanpa sepengetahuan Anda. Sebagian besar, peretas menggunakan metode peretasan sosial untuk mendapatkan akun WhatsApp Anda, yaitu dengan menipu Anda agar memberi mereka akses. Tetapi ada langkah-langkah tertentu yang dapat Anda ambil untuk menghindari hal ini.

Mari kita cari tahu bagaimana Anda dapat melindungi akun WhatsApp Anda dari peretas.

Cara Melindungi WhatsApp dari Peretasan

Tidak ada metode satu langkah atau satu pun yang gagal untuk melindungi akun WhatsApp Anda. Tindakan terbaik adalah dengan sadar dan berhati-hati tentang privasi Anda, dan jangan sampai mengakhiri obrolan pribadi Anda dengan orang asing. Berikut adalah langkah-langkah paling efektif yang akan Anda ambil untuk mengamankan WhatsApp Anda dari peretasan dengan cara apa pun.

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Anda pasti sudah sering mendengar istilah ini akhir-akhir ini. Verifikasi Dua Langkah, alias Otentikasi Dua Faktor atau 2FA, adalah kunci utama untuk melindungi akun apa pun secara online. Jika Anda belum melakukannya, pastikan untuk melindungi akun Google dan ID Apple Anda dengan verifikasi Dua Langkah. Sekarang, mari kita cari tahu cara mengaktifkan verifikasi Dua Langkah di akun WhatsApp.

2. Atur Kunci Layar untuk WhatsApp

Langkah untuk Melindungi WhatsApp selanjutnya Jika Anda memiliki kebiasaan membiarkan ponsel Anda tidak terkunci di meja kerja atau di suatu tempat, kemungkinan orang lain dapat dengan mudah memeriksa WhatsApp Anda tanpa sepengetahuan Anda. Kunci layar untuk WhatsApp akan mencegah hal ini dengan meminta kata sandi atau PIN kunci layar.

Anda dapat mengaktifkan kunci layar dan membuka kunci WhatsApp menggunakan ID Wajah atau ID Sentuh/sidik jari Anda. Untuk mengaktifkan kunci layar untuk WhatsApp menggunakan ID Wajah atau ID Sentuh di iPhone atau Android Anda,

3. Periksa Login Web WhatsApp yang Tidak Sah

Jika seseorang mengakses ponsel Anda tanpa sepengetahuan Anda, mereka dapat dengan mudah meretas WhatsApp Anda dengan menghubungkan ke WhatsApp Web di PC mereka. Oleh karena itu, Penting untuk memastikan tidak ada orang yang memiliki akses ke WhatsApp Anda melalui login Web.

Cari komputer mana saja yang aktif atau pernah masuk sebelumnya. Jika Anda tidak mengenalinya, pilih komputer dari layar. Pada layar berikutnya, ketuk “Logout” untuk menghapus akses ke WhatsApp Anda melalui WhatsApp Web. Meskipun mereka pasti sudah melihat obrolan Anda, Anda dapat mencegah mereka melihat pesan WhatsApp Anda lagi.

Anda harus berhati-hati dengan bagian WhatsApp Web atau Perangkat Tertaut di WhatsApp Anda karena ini adalah gerbang paling rentan dan termudah untuk melihat semua obrolan Anda. ini dapat menjadi Langkah untuk Melindungi WhatsApp

4. Verifikasi Enkripsi End-to-End

Obrolan WhatsApp selalu dienkripsi ujung ke ujung. Itu berarti setiap pesan atau teks yang Anda kirim ke teman Anda hanya akan terlihat oleh Anda dan teman Anda. Pesan akan dienkripsi menjadi kode rahasia saat dikirim melalui internet. Ini akan didekripsi di ponsel orang lain dan hanya mereka yang dapat membaca pesannya.

5. Nonaktifkan Akun WhatsApp Jika Ponsel Anda Dicuri

Bagaimana jika ponsel Anda dicuri? Jika Anda memiliki ponsel Android, kemungkinan orang yang menyambar ponsel Anda dapat membukanya dengan beberapa teknik. Data Anda mungkin disusupi, begitu juga obrolan WhatsApp Anda. Pendekatan terbaik untuk menghindari ini adalah dengan menonaktifkan WhatsApp Anda saat dicuri.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana Anda dapat menonaktifkan akun WhatsApp Anda dari jarak jauh, ada solusi yang sempurna. Cukup masuk ke WhatsApp Anda di perangkat baru. Ini akan menonaktifkan dan logout WhatsApp dari ponsel Anda yang dicuri. Jika kartu SIM Anda ada di perangkat yang dicuri, pastikan Anda mendapatkan duplikat dari operator Anda sehingga Anda dapat masuk ke WhatsApp Anda di perangkat baru secepatnya.

6. Laporkan Obrolan Mencurigakan

WhatsApp memungkinkan Anda untuk melaporkan nomor yang mencurigakan. Langkah untuk Melindungi WhatsApp anda dapat melaporkan obrolan di WhatsApp, buka obrolan dan pilih nama atau nomor kontak di bagian atas. Gulir ke bawah pada layar yang akan datang dan ketuk “Laporkan Kontak.”

Anda kemudian dapat memilih untuk hanya melaporkannya atau memblokirnya bersama dengan pelaporan. Kami selalu merekomendasikan untuk memblokir nomor yang tidak biasa tersebut sehingga Anda dapat memiliki ketenangan pikiran nanti.

7. Berhati-hatilah dengan Pengaturan Privasi

WhatsApp memiliki beberapa opsi privasi yang memungkinkan Anda memilih siapa yang dapat melihat informasi Anda di WhatsApp. Ini termasuk visibilitas gambar profil Anda, tentang, status, dan banyak lagi.

Anda dapat mengubah fitur privasi WhatsApp Anda dengan menuju ke Pengaturan WhatsApp> Privasi.

Anda kemudian dapat memilih salah satu opsi privasi untuk akun WhatsApp Anda. Terserah Anda apakah Anda ingin menampilkan informasi Anda secara publik atau tidak. Sebagian besar opsi privasi ini tidak berlaku untuk akun WhatsApp Business karena identitasnya tidak dapat disembunyikan dari pengguna WhatsApp lainnya.

8. Kontrol Siapa yang Dapat Menambahkan Anda ke Grup

Langkah untuk Melindungi WhatsApp selanjutnya Anda dapat menghindari orang lain menambahkan Anda ke grup WhatsApp dengan mengaktifkan fitur privasi ini. Untuk melakukan hal yang sama, buka Pengaturan WhatsApp > Akun. Dari layar pengaturan WhatsApp, ketuk Privasi.

Ketuk “Siapa yang Dapat Menambahkan Anda ke Grup.”

Opsi default adalah “Semua Orang” di layar berikutnya. Anda harus mengubahnya menjadi “Kontak” atau “Tidak Ada” dari sini.

Setelah Anda mengatur “Tidak Ada” untuk grup WhatsApp menambahkan izin, tidak ada orang lain yang dapat menambahkan Anda ke grup tanpa izin Anda. Jika kontak mencoba menambahkan Anda ke grup, mereka akan dipaksa untuk mengirimi Anda undangan terlebih dahulu. Kemudian terserah Anda apakah akan menerima atau menghapusnya.

Nah dmikian tadi pembahasan mengenai 8 Langkah untuk Melindungi WhatsApp dari Peretas. semoga bermanfaat bagi sobat semuanya dan bisa menjadi tambahan informasi untuk menambah wawasan.

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1557