SD

Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum Merdeka

Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum Merdeka – Tahun 2022, pemerintah memperkenalkan Kurikulum Merdeka yang akan digunakan oleh Dunia Pendidikan di Indonesia, Nah, sobat rexdl terutama sobat guru apakah sudah mengenal kurikulum baru ini? Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Untuk lebih jelasnya, Rexdl akan membagikan beberapa informasi mengenai Kurikulum merdeka yang diambil dari Buku Saku Kurikulum Merdeka. Mungkin beberapa informasi ini juga akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering Rexlovers ingin pahami dari kurikulum baru ini. Beberapa pertanyaan tersebut diantaranya adalah

Bagaimana Prinsip Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka?

  1. Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.
  2. Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  3. Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik
  4. Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra.
  5. Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

Bagaimana Prinsip Penilaian Pada Kurikulum Merdeka?

  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
  2. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai selanjutnya.
  3. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
  4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.
  5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Nah, itulah beberapa hal mendasar yang bisa ditemukan pada Kurikulum Merdeka, untuk selengkapnya, kamu bisa mengunduh Buku Saku Kurikulum Merdeka V3 melalui tautan ini

Buku Saku Kurikulum Merdeka

Baca Juga:

Related Articles

Back to top button