Elektronik

Bagian Bagian Mesin Frais dan Fungsinya

Rexdl.co.id, Bagian bagian mesin frais, Tahukah kamu apa itu mesin frais? Mesin frais merupakan tools atau perkakas yang memiliki gerak utama berputar untuk memutar alat potong yang digunakan untuk menyayat benda kerja agar menjadi bentuk tertentu.

Bagian bagian mesin frais menjadi suatu hal yang perlu kalian pelajari dan dimengerti sebelum menggunakan mesin ini. Untuk mesin frais sendiri merupakan sebuah mesin yang berguna untuk mengerjakan suatu penyayatan di permukaan.

Entah permukaan itu merupakan bidang datar, tegak lurus / vertikal hingga di permukaan miring.

Berikut bagian bagian mesin frais

  • Base atau Alas Mesin

Base mesin adalah bagian bawah. Fungsi dari bagian ini adalah sebagai dasar dari mesin milling. Selain itu juga berfungsi sebagai tempat pembuangan coolant yang sudah tidak terpakai.

Bagian ini juga menjadi beban untuk menopang mesin. Jadi harus menanggung tekanan tinggi. Jadi bagian ini terbuat dari besi cor.

  • Badan/poros mesin.

Body/poros mesin ini memiliki bentuk khas seperti ekor burung dalam posisi tegak. Posisi bodi mesin sangat kuat dan lurus. Salah satu fungsi dari bagian ini adalah untuk menggerakkan lutut ke atas dan ke bawah yang menahan meja dan sadel.

Ini kemudian digunakan sebagai pembawa serta rumah roda gigi. Bodi mesin juga merupakan poros modular / utama. Fungsi lain dari struktur motor adalah sebagai penopang/penopang bagian-bagian motor lainnya, mulai dari poros, penggerak motor dengan puli, tuas, dll.

  • Lutut

Pada bagian ini terdapat dua alur berbentuk ekor burung vertikal. Dipasangkan dengan salah satu ekor sadel. Sedangkan ekor lainnya dipasangkan dengan poros/body mesin.

Lutut ini juga terbuat dari besi tuang, sama seperti alas mesin. Untuk ini, lutut bisa digerakkan, tetapi arah gerakannya harus vertikal. Pada lutut ini terdapat beberapa roda yang secara otomatis mengatur pergerakan.

Entah itu bergerak ke kiri, ke kanan, ke belakang atau ke depan. Selain itu, lutut juga dapat dikunci menggunakan poros agar lebih awet saat alat sedang digunakan / penggerindaan berlangsung.

  • Sadel

Bagian ini terletak di antara meja mesin dan lutut/lutut. Salut ini memiliki bentuk persegi dan juga terbuat dari bahan besi cor. Pelana ini dapat dipindahkan ke seberang dan sedekat mungkin dengan poros motor.

Gerakan yang dihasilkan sadel ini adalah maju mundur hingga melingkar. Itu juga dapat dilampirkan ke lutut saat dibutuhkan. Bagian atas memiliki alur berbentuk Y dan berputar 360° serta menempel pada meja.

Bagian ini dilengkapi dengan pegangan. Fungsi pegangan adalah untuk mengembalikan sadel ke posisi semula dan membalikkan arah gerakan.

  • Meja mesin.

Posisi meja mesin berada di atas sadel. Bagian ini juga terbuat dari besi cor. Meja mesin berbentuk persegi panjang dan memiliki alur berbentuk T. Khusus untuk mesin milling umum, meja dapat dipertukarkan dan diputar hingga 45 derajat.

Tabel ini berisi fungsi utama menghubungkan benda-benda selama proses penggilingan. Meja juga digunakan sebagai tempat untuk menggunakan candi dan kamar bayi untuk mengikat barang-barang. Agar tidak bergetar saat menggiling, meja ini bisa dikunci di sadel.

  • Lengan

Posisi arm berada di atas poros mesin, baik pada mesin milling umum maupun horizontal. Di bagian bawah terdapat lekukan berupa ekor burung di ujungnya. Alur digabungkan ke poros.

Ujung lengan yang lain berfungsi sebagai penyangga untuk latihan yang juga memiliki alur dengan ekor burung. Selongsong dapat dilonggarkan dan dikunci juga, sesuai kebutuhan. Begitu juga dengan drill support/dukungan bor yang bisa dikunci dan dilepas.

  • Arbo

Bagian pohon ini memiliki fungsi memiliki gelendong. Ramuan jam juga bisa digunakan untuk memegang alat potong/pisau gerinda. Itu bisa berputar ke arah yang sama dengan umpan alat pemotong.

Pohon itu pada dasarnya adalah kursi dari pisau penggilingan. Bagian ini juga digabungkan ke spindel. Jadi saat spindel berputar, pohon juga ikut berputar.

  • Arbor Support

Dukungan pohon bertindak sebagai dukungan untuk pohon. Sehingga dapat bergerak dengan mantap. Bagian ini memiliki alur berupa ekor burung. Selain itu, pohon penyangga juga dipasangkan dengan slot dan lengan robot.

  • Poros

Spindle merupakan bagian terpenting diantara bagian mesin milling lainnya. Fungsi dari spindel sendiri adalah untuk menahan alat potong dari mesin ini. Ditambah tempat untuk mengebor pada mesin frais horizontal.

Selama proses penggilingan, bagian motor penggerak dapat menggerakkan poros. Sehingga alat pemotong dapat berputar. Di ujung spindel ada lubang yang berguna untuk memasang alat pemotong.

  • Milling head

Milling head terletak di bagian atas mesin penggilingan vertikal. Kepala gerinda terdiri dari motor penggerak, poros, dan beberapa mekanisme kontrol mesin

  • RAM

Ram adalah bagian dari lengan mesin penggilingan vertikal yang menonjol. Pada akhirnya ini memiliki hubungan langsung dengan poros motor. sedangkan pihak lain.

  • Motor penggerak.

Bagian motor penggerak ini mempunyai fungsi untuk mengubah energi listrik ke dalam energi mekanik / gerak. Pada bagian inilah yang merupakan sumber penggerak dari mesin frais.

  • Handle 

Pada bagian handle mempunyai fungsi untuk menggerakkan meja mesin dengan manual. Baik untuk bergerak secara vertikal maupun horizontal.

  • Pisau Frais / Milling Cutter.

Pisau frais ini mempunyai berbagai macam jenis, mulai dari satu gigi hingga 4 / 10 gigi. Semakin banyak gigi, maka semakin cepat pula proses penyayatan benda. Bentuk dari pisau ini juga sangat variatif, ada yang berbentuk pipih dan ada pula dengan bentuk panjang serta bulat, pisau dengan tangkai, pisau alur T dan lain sebagainya.

 

Related Articles

Back to top button