Blokir Email Spam di Gmail Dengan Trik Sederhana

Blokir Email Spam di Gmail Dengan Trik Sederhana – Setiap hari, mungkin kamu akan membuka Gmail dan harus menghapus semua spam yang kamu dapatkan dari ID acak, serta buletin dan email promosi dari merek yang bahkan kamu tidak pernah berlangganan. Hal ini bisa menjadi  proses yang membosankan karena aliran spam tidak ada habisnya.

Kotak masuk pada emailmu sering penuh dengan email spam dan email penting kamu seolah hilang dalam kekacauan ini. Jika Kamu juga menangani email yang tidak diinginkan di Gmail , berikut adalah beberapa trik mudah yang dapat membantu Kamu mengosongkan kotak masuk dan membuatnya bebas spam.

Laporan massal dan berhenti berlangganan email spam

  1. Masuk ke Gmail dan pilih semua email spam yang ingin Kamu hentikan langganannya (pastikan Kamu tidak memilih ID email penting apa pun).
  2. Klik ikon i di bagian atas dan Kamu akan diperlihatkan opsi untuk ‘Laporkan spam’ atau ‘Laporkan spam dan berhenti berlangganan’.
  3. Buka daftar ID yang terdaftar dan jika tidak ada yang penting ditampilkan di sini, pilih opsi Laporkan spam dan berhenti berlangganan .
  4. Kamu sekarang akan berhenti menerima email dari akun ini.

Buat filter untuk mendeteksi email spam

  1. Buka Gmail, klik kotak pencarian di bagian atas, dan ketik berhenti berlangganan untuk mencantumkan semua email promosi.
  2. Pilih semua email spam ini, tetapi pastikan Kamu memeriksa silang sekali jika ada buletin atau email yang benar-benar Kamu gunakan di sana.
  3. Klik pada tiga titik di bagian atas dan pilih Filter pesan seperti ini .
  4. Sekarang klik opsi buat filter dan pilih apa yang ingin Kamu lakukan dengan email ini. Jika Kamu ingin email ini dihapus secara otomatis, Kamu dapat mengklik opsi Buat filter dan pilih opsi Hapus .
  5. Kamu akan mendapatkan pop-up di bagian bawah yang memberi tahu Kamu bahwa filter telah dibuat. Selain menghapus, Kamu juga dapat memilih untuk memfilter email tersebut dengan menerapkan label, atau menandainya sebagai telah dibaca.

Gunakan ID email sementara

Saat Kamu membagikan ID Gmail utama Kamu di situs web acak, ID Kamu dibagikan dengan beberapa pihak ketiga, dan Kamu berisiko menerima email spam. Terkadang email spam mungkin terlihat sah, dan Kamu mungkin akhirnya mengklik tautan phishing yang dapat menimbulkan risiko terhadap informasi pribadi Kamu.

Alih-alih menggunakan ID Gmail utama Kamu di semua situs web, Kamu dapat membagikan yang sementara.

  1. Kunjungi situs web mana pun yang menyediakan ID email sementara gratis, seperti temp-mail.org.
  2. Sekarang salin alamat email sementara yang tersedia dan gunakan ini sebagai ganti ID email Kamu yang sebenarnya di mana pun Kamu suka, dan Kamu akan mendapatkan email di sini alih-alih akun Gmail Kamu yang sebenarnya. Atau, Kamu dapat membuat ID Gmail yang dimaksudkan untuk digunakan hanya di situs web tersebut.
  3. Dengan cara ini, akun Gmail utama Kamu akan tetap aman dan bebas spam.

Baca Juga: