Cara Cek Saldo Jamsostek

Posted on

Cara Cek Saldo Jamsostek

Asuransi saat ini menjadi hal yang dibutuhkan masyarakat. Asuransi ini banyak digunakan masyarakat sebagai langakah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.Ada berbagai jenis asuransi yang digunakan di Indonesia mulai dari asuransi kesehatan hingga asuransi jiwa. Pemerintah Indonesia sendiri sudah membuat beberapa asuransi yang bisa digunakan oleh masyarakat, salah satunya adalah jamsostek.

 

Jamsostek yang merupakan singkatan dari jaminan sosial tenaga kerja merupakan asuransi yang diberlakukan oleh pemerintah kepada para pekerja di Indonesia. BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki salah satu keuntungan berupa pencairan saldo jika asuransi tidak digunakan. Hal ini membuat banyak peserta jamsostek mencari informasi mengenai cara cek saldo jamsostek agar bisa mempersiapkan pencairan jika dibutuhkan.

BPJS ketenagakerjaan ini memiliki 4 program yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Pensiun (JP). Setiap perusahaan dapat memilih program yang akan didaftarkan untuk karyawannya masing-masing. Jika Anda seorang karyawan yang mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan ini. Berikut ini beberapa cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan yang bisa Anda coba.

Cara Cek Saldo Jamsostek

Ada beberapa cara untuk mengecek saldo jamsostek, silahkan bisa Anda coba salah satunya dibawah ini.

Cek Saldo Secara Online

Cara mengecek saldo jamsostek yang pertama bisa Anda lakukan secara online. BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah instansi resmi pemerintah yang tentunya memiliki situs resminya sendiri. Anda bisa menggunakan situs resmi BPJS Ketenagakerjaan sebagai cara cek saldo jamsostek paling mudah. Anda cukup masuk ke sso.bpjsketenagakerjaan.go.id lalu klik login dengan memasukkan ID dan password. Jika Anda belum memiliki ID pada website tersebut, Anda bisa mengklik sign up dan mengisi formulir yang disediakan.

Setelah Anda berhasil masuk menggunakan ID yang Anda miliki, Anda cukup memilih menu lihat saldo JHT kemudian pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan lalu klik submit. Setelah Anda melakukan cara tersebut, Anda bisa langsung melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Mudah bukan?

Read  Mengenal Arti Walkthrough Games Yang Jarang Diketahui

Cek Saldo Melalui SMS

Cara mudah mengetahui saldo BPJS ketenagakerjaan selanjutnya adalah dengan mengirim SMS. Jika cara mengecek saldo jamsostek secara online masih belum Anda mengerti, Anda bisa mengetahui saldo jamsostek Anda dengan mengirim SMS ke 2757. Cara cek saldo jamsostek melalui SMS sangat mudah. Anda cukup mengetik SMS dengan format SALDO(spasi)NOPESERTA dan kirim ke 2757.

Namun jika Anda belum pernah mengecek saldo jamsostek melalui SMS, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan format SMS Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL (jika ada). Kirim SMS tersebut ke 2757 dan selanjutnya Anda baru bisa mengecek saldo jamsostek dengan cara ini.

Cek Saldo Melalui Aplikasi

Di zaman serba modern ini, hampir seluruh karyawan menggunakan smartphone. Jika Anda memiliki smartphone dan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengunduh aplikasi BPJSTK mobile melalui Google Playstore di smartphone Anda. Setelah aplikasi berhasil di install, Anda bisa melakukan login menggunakan akun Google smartphone Anda. Cara cek saldo jamsostek ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan.

Jika Anda belum memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa membuat akun baru dengan mengisi formulir registrasi yang ada. Setelah berhasil login, cara cek saldo pilihlah menu cek saldo JHT dan saldo BPJS ketenagakerjaan pun sudah bisa Anda ketahui.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Dengan mengetahui cara cek saldo jamsostek, Anda bisa mempersiapkan pengajuan pencairan dana tersebut jika Anda sudah berhenti bekerja dari perusahaan yang bersangkutan. Tentu data ini hanya bisa Anda dapatkan jika persyaratan yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya :

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk

Cara Sharing Printer

Cara Mematikan Windows Defender