Cara Crop Gambar di Corel

Posted on

Cara Crop Gambar di Corel

ReXdl.co.id – Cara crop gambar di Corel berikut ini bisa kamu gunakan sebagai refrensi untuk memotong gambar dengan menggunakan aplikasi edit foto CorelDraw.

CorelDRAW sendiri merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunaan untuk mengedit foto karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan. Di dalam aplikasi ini kamu bisa menemukan berbagai macam alat atau tool yang beragam dengan fungsi yang berbeda-beda.

Banyak pemula yang lebih memilih untuk menggunakan CorelDraw pada saat mereka ingin mendesain gambar atau grafis. Sebab aplikasi ini dianggap sebagai salah satu aplikasi yang cukup mudah digunakan bahkan bagi pemula.

Karena aplikasi ini sangat mudah untuk dipelajari dan memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satunya adalah digunakan untuk memotong atau crop foto dengan hasil yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu di sini kita akan membagikan cara untuk crop gambar dengan menggunakan CorelDraw dan pastinya dengan cara yang sangat mudah.

 

Ada banyak teknik, cara hingga tool yang bisa kamu gunakan untuk memotong gambar dengan menggunakan Corel. Dan pastinya dengan hasil yang berbeda-beda pula.

Misalnya saja, tool crop, eraser, knife, powerclip hinggashape tool dan ada juga yang menggunakan teknik shaping seperti trim, intersect hingga back minus front.

Kamu juga dapat memotong ataupun menyeleksi sebuah foto dengan menggunakan pen tol. Misalnya saja kamu ingin membuat background foto yang tidak kamu inginkan maka kamu bisa menyeleksi gambar kamu dengan menggunakan pen tool, dan dipadukan dengan intersect.

Nah, di sini kami akan mengulas cara crop foto di CorelDraw dengan menggunakan cara di atas yang akan kami bahas satu persatu. Simak ya!

 

 

Crop Gambar dengan Crop Tool

Crop tool sendiri adalah salah satu tool yang banyak terdapat di berbagai software desain grafis atau edit foto jadi tool ini terbilang sudah tidak asing. Fungsi dari tool ini pun biasanya sama, yakni digunakan untuk memotong objek atau gambar sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.

Secara umum crop tool ini bentuknya otak atau persegi panjang, dengan cara pengaplikasian yang terbilang cukup mudah.

Berikut ini cara menggunakannya :

1.) Klik ikon crop tool.

2.) Lalu arahkan kursos ke gambar yang ingin kamu crop selanjutnya klik kiri dan tahan. Geser hingga membentuk persegi sesuai dengan gambar yang ingin kamu ambil.

Game & App Pilihan :  Cara Membuat Titik Daftar Isi

3.) Selanjutnya akhiri dengan double klik kiri pada gambar, dan hasilnya pun akan seperti di bawah ini :

Sangat mudah kan?

 

 

Crop Gambar dengan Eraser Tool

Eraser Tool ini bisa dibilang memiliki cara penggunaan dan fungsi yang hampir sama dengan crop tool. Bahkan tool ini juga hampir bisa ditemukan pada software desain grafis namun yang membedakannya hanya pada cara kerjanya saja.

Eraser tool bisa kamu temukan dalam satu kelompok di dalam Crop Tool atau bisa menggunakan Shortcut ‘X’. Kalian sudah bisa menggunakannya. Berikut ini cara menggunakannya :

1.) Klik ikon eraser tool atau tekan tombol X yang ada pada keyboard.

2.) Lalu pilih pengaturan di Status Bar. Aturlah bentuk beserta ukurannya sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

3.) Selanjutnya kamu tinggah mengarahkan kursor ke bagian gambar yang ingin kamu potong. Klik satu kali pada ujung gambar yang ingin kamu potong. Lalu arahkan kursornya ke bawah.

4.) Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini :

 

 

Crop Menggunakan Knife Tool

Sesuai dengan namanya tool ini merupakan sebuat alat pemotong yang bentuknya mirip seperti pisau. Fungsi dari tool ini adalah digunakan untuk memotong gambar dengan mudah dan cepat. Pola potongan yang bisa kamu buat pun bentuknya bebas atau kamu juga bisa membuat pola sendiri yang disesuaikan dengan gambar yang kalian miliki.

Cara penggunaan tool ini juga masih terbilang mudah dan cepat, berikut ini caranya :

1.) Klik ikon knife tool lalu arahkan kursor ke arah ujung gambar.

2.) Kemudian lakukan teknik Drag & Drop lalu klik kiri, tahan dan arahkan kursor untuk membentuk pola. Dan berikut ini hasilnya :

 

 

Crop Gambar dengan PowerClip

Berikutnya kita akan menggunakan PowerClip untuk memotong gambar, yang mana sebenarnya tool ini tidak dikhususkan untuk memotong gambar sih. Karena sebenarnya tool ini digunakan untuk memasukkan gambar ke dalam sebuah objek vektor.

Namun tool ini juga masih bisa digunakan untuk crop gambar, karena dengan menggunakan tool ini kamu bisa mengedit tata letak gambar yang ada di dalam objek tersebut.

Berikut ini cara menggunakannya :

1.) Langkah pertama adalah dengan menyiapkan gambar dan objek yang ingin kamu gunakan.

2.) Lalu tinggal klik kanan pada gambar lalu pilih PowerClip.

Game & App Pilihan :  Cara Screenshot di Laptop

 

3.) Selanjutnya akan muncul panah besar lalu arahkan kursor ke dalam objek vektor yang kamu inginkan.

 

4.) Terakhir klik kiri dan lihat hasil gambarnya di sini :

 

 

Crop Gambar dengan Teknik Shaping

Last but not least, ini adalah cara terakhir yang akan kami ajarkan namun sebenarnya masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk crop gambar di CorelDraw. Namun semua cara yang sudah kami sajikan di atas merupakan cara termudah dan pastinya sangat bisa dipraktikkan bagi kamu yang masih pemula.

Teknik shaping merupakan salah satu teknik mengedit foto yang biasa digunakan di dalam Corel Draw namun teknik ini juga bisa kok digunakan untuk crop gambar. Sebab di dalam teknik ini sendiri terdapat tool yang bisa kamu manfaatkan untuk memotong gambar maupun objek yang lainnya.

Meski tidak semua tekni shaping bisa digunakan ya. Hanya Intersect, Trim, Back Minus Front saja yang bisa digunakan.

Seperti di sini kita akan menggunakan teknik Intersect dan berikut ini caranya :

1.) Pertama kamu harus memiliki 2 objek yakni gambar dan objek vektor, lihat gambar di bawah ini :

2.) Lanjutkan dengan meletakkan objek lingkaran atau objek bebas sesuka hati kamu di atas gambarnya ya.

3.) Kemudian kamu bisa blok kedua gambar dengan menggunakan tombol Shift.

4.) Kalik Ikon Intersect yang ada di Status Bar, bisa lihat gambarnya di bawah ini :

5.) Nah, jika sudah selesai maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini :

Cukup mudah kan? Bahkan cara ini tidak membutuhkan waktu lama untuk memotong gambar, dan hanya memakan waktu satu menit saja. Tertarik untuk mencobanya?

 

 

Akhir Kata

Mau pilih cara yang mana saja untuk crop gambar, pilihlah sesuai dengan kebutuhan kamu dan menurut kamu paling mudah untuk diaplikasikan. Namun semua cara yang kami sediakan di atas cukup mudah untuk dipraktikkan bahkan bagi pemula.

Demikian cara crop gambar di Corel dan tunggu tips dari kami selanjutnya ya, sampai jumpa….

 

Rekomendasi Aplikasi dan Game Lainnya :