Cara Daftar M-Banking BCA

Posted on

Ulasan Lengkap Cara Daftar M-Banking BCA

ReXdl.co.id – Cara daftar M-Banking BCA sebenarnya sangatlah mudah, namun sayang banyak sekali yang belum mengetahuinya.

Meskipun penggunaan ATM adalah salah satu kemajuan teknologi bagi bank. Di mana nasabah bisa lebih mudah untuk mengecek dan mengambil tabungan mereka tanpa harus meminta bantuan ke teller. Tetapi dengan kemajuan teknologi, penggunaan ATM juga semakin banyak dan kurang praktis. Disinilah munculnya M-banking.

Nah, apakah kamu penasaran dengan M-Banking? Di sini dengan menggunakan bank BCA, artikel ini akan menjelakan ke kamu cara daftar M-Banking BCA beserta informasi lainnya tentang M-banking. Yuk simak!

 

Pengertian M-Banking BCA

M-Banking atau Mobile Banking adalah alat yang bisa membuat kamu melakukan transaksi keuangan secara online. Transaksi tersebut seperti transfer dan isi pulsa, isi token listrik, dan sebagainya. Karena M-banking itu ada di dalam handpone kamu, penggunaannya sangat praktis sehingga bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Menurut website resmi BCA, M-Banking BCA adalah layanan produk PT Bank Central Asia Tbk yang dapat diakses secara langsung oleh Nasabah melalui handphone. M-Banking BCA dapat dunduh di website resmi BCA maupun dari media distribusi aplikasi yang ditunjuk oleh BCA.

 

Registrasi M-Banking BCA

 

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan resgistrasi M-Banking BCA. tentu saja syarat utama adalah kamu harus jadi nasabah resmi BCA. Kalau kamu belum menjadi nasabah resmi BCA, kamu tidak akan bisa melakukan registrasi M-Banking BCA. Berikut ini adalah cara daftar M-Banking BCA:

Daftar Melalui ATM

Untuk bisa melakukan registrasi M-Banking BCA, salah satu caranya adalah daftar melalui ATM BCA. Caranya cukup mudah dan kamu tinggal mengikuti instruksi. Berikut adalah caranya:

  1. Datang ke ATM BCA terdekat, masukan kartu ATM kamu kedalam mesin. Ketik pin kamu, dan pilih “Transaksi lainnya”.
  2. Lalu pilih “daftar E-Banking”, dan klik “Mobile Banking”.
  3. Baca ketentuan M-Banking yang ditampilkan, jika setuju tekan “YA”.
  4. Masukan nomor Handphone kamu yang mau di daftarkan, lalu klik “BENAR”.
  5. Konfirmasi lagi nomor kamu, tekan “YA”.
  6. Lalu masukan PIN M-Banking BCA (6 digit angka) yang ingin kamu pakai.
  7. Masukan ulang lagi PIN M-Banking BCA kamu.

Di layar mesin ATM akan muncul konfirmasi registrasi M-Banking BCA. Dan mesin ATM akan mencetak struk bukti kalau nomor Handphone kamu sudah terdaftar.

Game & App Pilihan :  Mlive Mod Apk putra89 Unlock All Room Versi Terbaru 2020

 

Unduh dan Aktivasi BCA Mobile

Setelah kamu selesai melakukan registrasi, kamu tentunya memerlukan aplikasi BCA mobile untuk melakukan aktivasi M-Banking kamu. Untuk pengunduhan BCA mobile, kamu bisa melakukannya sebelum registrasi. Hanya saja agar lebih mudah, artikel ini menjelaskannya setelah registrasi. Berikut adalah caranya:

  1. Unduh BCA mobile di website resmi BCA, di Play Store untuk pengguna android, atau di App Store untuk pengguna iphone.
  2. Setelah selesai mengunduh, instal aplikasi BCA mobile.
  3. Masuk kedalam aplikasi BCA mobile, tekan menu “m-BCA”.
  4. Baca ketentuan m-BCA dan pilih “accept”.
  5. Masukkan 16 angka nomor kartu ATM BCA kamu dan tekan “OK”.
  6. M-Banking BCA akan mengirimkan SMS berbayar.
  7. Konfirmasi kirim SMS
  8. Lalu, kamu akan diminta untuk membuat kode akses (user id) sebanyak 6 digit alfanumerik. Maksudnya adalah kode yang terdiri dari angka dan huruf. Kode ini sangat penting untuk bisa mengakses M-Banking kamu, jadi jangan dilupakan kodenya.
  9. Setelah itu, klik “OK”.
  10. Setelah kamu selesai dengan langkah-langkah di atas, akan muncul konfirmasi jika kamu sudah setuju dengan persyaratan dan ketentuan m-BCA.
  11. Lalu klik send, dan masukkan lagi PIN m-BCA kamu yang sudah terdaftar dan tekan “OK”.
  12. Akan muncul pemberitahuan “anda telah berhasil melakukan aktivasi m-BCA”.
  13. M-Banking BCA kamu sudah siap digunakan.

 

Daftar Melalui Kantor Cabang BCA

Cara lain untuk melakukan registrasi adalah dengan datang ke kantor cabangnya. Di sana, kamu juga bisa langsung melakukan aktivasi finansial M-Banking BCA kamu:

  1. Pertama-tama siapkan buku tabungan kamu, kartu ATM, KTP asli, dan tentunya nomor handphone aktif kamu yang ingin di daftarkan.
  2. Datang ke kantor cabang, tunggu antrian sampai kamu di panggil ke bagian CS (Customer Service).
  3. CS akan membantu kamu melakukan registrasi dan mengaktifkan fitur finansial M-Banking BCA kamu.

 

Fitur dan Layanan M-Banking BCA

Supaya kamu merasa yakin untuk menggunakan M-Banking BCA, kamu bisa melihat fitur dan layanan yang akan dijelaskan di bawah ini. Mari dicek!

  1. m-Info: Dalam fitur ini kamu bakal bisa melihat info saldo kamu, rekening deposit kamu, info reward BCA, mutasi rekening, hingga reksa dana. Intinya, di menu ini kamu bisa memperoleh informasi soal keuangan kamu.
  2. m-Transfer: Fitur m-Transfer berisi layanan berupa transfer uang. Bisa dilakukan untuk transfer uang baik sesama BCA atau bank lainnya. Bahkan bisa transfer ke e-wallet seperti Sakuku, GoPay, dan OVO.
  3. m-Payment: Fitur ini berisikan layanan berupa pembayaran tagihan. Seperti tagihan kartu kredit, handphone, utilitas publik, bayar asuransi, paket internet, hingga bayar pinjaman lainnya.
  4. m-Commerce: Di menu ini kamu bisa melakukan aktivitas pembelian. Mulai dari isi ulang pulsa, bayar PLN prabayar atau manual advice, dan lainnya.
  5. Tarik Tunai/Cardless Transaction: Menu ini akan membantu kamu melakukan tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM.
  6. m-Admin: Di layanan ini, kamu bisa melakukan pengaturan perbankan BCA. Seperti penggantian PIN, Blokir Kartu ATM, Blokir kartu Kredit, Kontrol Kartu Kredit, Request Limit Kartu Kredit, Koneksi Kartu Kredit, e-Statement Kartu Kredit, dan Aktivasi Kartu Kredit.
  7. QR Barcode: Makan di restoran, belanja di department store, atau beli snack di minimarket, kamu harus siap uang tunai atau kartu ATM. Tetapi dengan QR ini, kamu hanya tinggal melakukan scan barcode untuk melakukan transfer pembayaran. Tentunya tempat tersebut harus tersedia barcode untuk pembayaran via BCA mobile.
  8. BCA Keyboard: Fitur ini membantu kamu untuk bisa mengakses BCA mobile hanya dengan keyboard di handphone. Dengan kata lain, kamu bisa melakukan transaksi keuangan sambil chatting tanpa harus berpindah atau masuk kedalam aplikasi BCA mobile.
  9. BagiBagi: Fitur ini dibuat oleh BCA agar kamu bisa berbagi uang melalu aplikasi BCA mobile. Kamu bisa berbagi dengan teman/keluarga yang punya aplikasi Sakuku. Jumlah uang yang dibagikan bisa sama atau berbeda-beda.
Game & App Pilihan :  Threema - Secure and Private Messenger Pengganti WA

 

Pertanyaan-pertanyaan seputar M-Banking

Jika kamu masih kurang paham atau bingung mengenai cara daftar M-Banking BCA, kamu bisa menyimak penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

Apakah registrasi M-Banking BCA harus bayar?

Jawaban sederhananya adalah TIDAK. M-Banking BCA adalah fasilitas yang disediakan BCA untuk memudahkan para nasabah resmi BCA dalam melakukan transaksi keuangan. Jika kamu melakukan registrasi M-Banking BCA dan harus bayar, itu adalah kasus penipuan.

Hanya saja jika kamu ingin transfer uang, bank BCA tetap mengeluarkan biaya yang biasanya mereka terapkan. Yaitu sekitar 6.500 rupiah.

Kalau cek saldo di M-Banking itu kena biaya kah?

Berbeda dengan pengecekan saldo di mesin ATM yang memakan biaya dari 500-1670 rupiah, pengecekan saldo di BCA mobile itu gratis.

Apakah aplikasi BCA mobile itu harus bayar?

BCA mobile bisa kamu dapatkan di website resmi mereka, di Play Store untuk android, atau App Store untuk iPhone. Dan aplikasi ini gratis.

 

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang cara daftar M-Banking BCA dan penjelasan seputar fitur dan layanan M-Banking BCA. Semoga saja dengan artikel ini, kamu sudah paham dan bisa langsung menggunakan M-Banking BCA agar aktivitas keuangan kamu lebih praktis.

Rekomendasi Aplikasi dan Game Seru Lainnya :