Cara Kompres/Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Cara Kompres/Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Menyimpan video untuk banyak keperluan membuat penyimpanan HP atau PC penuh. Untuk itu perlu cara kompres video untuk memperkecil ukuran video yang disimpan. Hanya saja banyak kendala muncul ketika video ini dikecilkan ukurannya.

Salah satu yang sering terjadi adalah kualitas video menjadi kurang bagus dan dilihat kurang nyaman. Jika tetap menginginkan video dikompres tapi kualitas tetap bagus, butuh teknik dan metode tertentu. Cara ini bisa dibilang tidak ribet dan mudah dilakukan siapa saja.

 

2 Cara Kompres Video

Kompres video merupakan cara untuk mengurangi ukuran video yang dilakukan dengan optimasi terhadap video tersebut. Jika melakukannya tidak benar, video yang dikompres akan blur atau tidak sesuai harapan.

Diperlukan cara tepat agar video yang dihasilkan kualitasnya tetap bagus seperti sebelum dikompres. Kamu dapat menggunakan dua cara dalam rangka kompres video, yaitu:

Kompres Video Tanpa Aplikasi

Caranya mudah saja karena kamu dapat melakukannya melalui layanan online yang tersedia melalui web browser. Karena dilakukan tanpa aplikasi memudahkan pengguna untuk langsung melakukan kompres video tanpa harus download aplikasi terlebih dahulu.

Kompres Video Menggunakan Aplikasi

Jika kamu memilih cara menggunakan aplikasi, artinya harus rela untuk download aplikasinya terlebih dahulu. Dengan begitu baru bisa melakukan kompres video sesuai keinginan.

Semua tergantung dari masing-masing orang karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilih saja yang paling membuatmu nyaman, menghemat waktu dan mudah dilakukan.

 

Keuntungan Kompres Video

Video dengan ukuran besar akan membutuhkan banyak ruang baik di ponsel ataupun PC. Tidak heran banyak orang akhirnya memilih untuk melakukan kompres video. Adanya kompres video ini ada banyak keuntungan bagi para pengguna, yaitu:

Menghemat Ruang Penyimpanan

Tak dipungkiri, cara kompres video menghemat ruang penyimpanan menjadi alasan utama sebagian orang untuk kompres data. Dengan ukuran file kecil, ruang data bisa digunakan untuk menyimpan file lain.

Mudah Ditransfer

Video dengan ukuran file besar kadang, akan sulit ketika dikirim ke orang lain. Adanya kompres video, memudahkan urusan transfer video ke yang lain. Selain itu kamu dapat memilih mentransfer data dengan teknik apapun, karena ada pembatasan maksimal ukuran pengiriman file.

Lebih Irit

Irit dalam hal biaya adalah harapan setiap orang, begitu juga dengan file ukuran kecil. File kecil akan menghemat segala sumber daya sistem untuk video yang dikompresi lebih kecil.

Lebih Cepat Membaca dan Menulis File

File kecil lebih memudahkan dan mempercepat dalam menulis dan membaca file. Hal ini lebih mudah untuk mengelola secara keseluruhan.

Hemat Waktu

File kecil memudahkan orang untuk mengirim ke yang lain dengan proses lebih cepat. Tentunya akan menghemat waktu pengiriman jika ditunjang koneksi internet lancar.

Banyaknya keuntungan membuat banyak pengguna tertarik untuk melakukan kompres video. Ada cara yang dapat kamu lakukan dan tinggal pilih mana yang paling disukai.

 

Dengan Aplikasi, Cara Kompres Video di Android

Dari Google Play Store unduh aplikasi Video Compressor untuk kompres video. Setelah itu dapat melakukan cara kompres video dengan cara di bawah ini.

  • Buka aplikasi dan klik pilih dari folder.
  • Pilih kompress video.
  • Di menu ini kamu dapat memilih seberapa kompres yang diinginkan untuk pengaturan kualitas video dak klik kompress video.
  • Tunggu proses hingga selesai dan cek video yang telah dikompres di penyimpanan internal pada bagian IdeaVideoCompressor.

Perlu diingat bahwa kompres dengan ukuran makin kecil file maka kualitas akan berbeda. Tentukan ukuran yang dibutuhkan dan sesuaikan saja agar kualitas video maksimal.

 

Tanpa Aplikasi, Cara Kompres Video di Android

Selain menggunakan aplikasi, kamu dapat melakukan kompres tanpa aplikasi secara online. Beberapa situs dapat kamu pilih secara gratis dan tanpa unduh aplikasi terlebih dahulu. Salah satunya adalah https://www.freeconvert.com/

  • Situs ini tentu saja gratis dan caranya dapat cek di bawah ini.
  • Silakan buka link di atas melalui browser.
  • Pilih advanced settings dan target size untuk presentasi yang diinginkan lalu klik choose files untuk penyimpanan online.
  • Kemudian pilih compress now dan tunggu sampai proses selesai dilakukan. Selain itu kamu dapat memilih hasil kompres video di bagian output dari MP4 ke FLV, MKY, 3GP dan MOV.
  • Klik download MP4 jika proses telah selesai. Hasil kompres video dapat pula disimpan di Google Drive atau Dropbox sesuai keinginanmu.

Di cara kompres video ini hingga ukuran 1GB yang akan membuat kamu lebih mudah untuk memilih video yang diinginkan.

 

Menggunakan Laptop, Begini Cara Kompres Video

Kompres video di laptop dapat kamu lakukan menggunakan situs online secara gratis. Namun, kadang penggunaannya kurang praktis. Jika kamu ingin hasil baik, bisa menggunakan software VideoProc.

Memang sih penggunaan ini secara berbayar tapi sangat terjangkau di kantong. Cara dari kompres video menggunakan VideoProc adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan download terlebih dulu dan buka VideoProc dan pilih active.
  2. Jika sudah di menu utama, klik video.
  3. Masukkan pilihan video yang akan kamu kompres. Jika sudah masuk tampilan segala hal detail tentang video tersebut akan terlihat di tampilan, pilih target format.
  4. Pada tulisan Select Output Profile pilih General Profiles.
  5. Scroll ke bawah dan pilih MP4 Video dan Done.
  6. Fitur Hardware Acceleration Engine aktif dan centang bagian Nvidia/Intel/AMD lalu run untuk kompres.
  7. Tunggu hingga kompres selesai dilakukan.

Cara kompres video nya mudah tidak pakai ribet dan kamu dapat menggunakannya selamanya hanya dengan harga 30 dolar. Dengan demikian kamu dapat menggunakan semua fitur tergantung kebutuhan dan keuntungannya banyak.

Salah satu yang disukai pengguna adalah proses kompres video sangat cepat. Selain itu hasil dari kompres video dengan kualiatas maksimal dan bagus meskipun ukuran file sangat kecil. Hal ini sangat menghemat ruang penyimpanan.

 

Kompres Video di WA

Har gini mengirim video ke sesama teman obrolan WhatsApp sudah sangat biasa. Sekali lagi, ukuran file menjadi penyebab utama terkendalanya pengiriman video. Kecuali video dengan durasi kecil dan tidak membutuhkan kompres.

Jika kamu ingin melakukan kompres video untuk dikirim melalu WA, dapat dilakukan dengan cara di atas. Semuanya dapat dilakukan dengan ukuran file maksimal 16 MB. Ukuran file ini akan membuatmu mudah mengirim video lewat WhatsApp.

 

Penutup

Melihat pentingnya pengiriman video untuk pembelajaran atau hal lain, kompres video memang mutlak dilakukan. Tanpa kompres video akan repot sendiri karena membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak sedikit.

Sekarang ini banyak dibutuhkan video untuk urusan pekerjaan, memang sebaiknya dilakukan kompres video. Cara yang paling mudah dan sesuai kebutuhan bisa dilakukan secara tepat. Adanya kompres video akan memperlancar pekerjaan, pengiriman file juga tak membutuhkan waktu lama.

Jika kamu memang sangat perlu melakukan kompres video, tinggal pilih yang tanpa aplikasi atau dengan aplikasi. Mau yang gratis atau berbayar, sesuaikan saja dengan dana yang ada. Apabila ingin yang simpel, dapat dilakukan secara online tanpa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Sekali lagi cara kompres video masing-masing punya keungulan dan kekurangan. Maka, sesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaan daripada video tersebut ketika akan melakukan kompres.