Bagai Mana Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Posted on

Salah satu fitur canggih yang ada di wondows adalah mode safe mode. Fungsinya untuk melakukan trobleshooting untuk OS yang bermasalah.

Safe mode biasanya dipakai seorang teknisi komputer untuk memperbaiki beberapa troble diantaranya jika troble pada beberapa driver, dapat menghapus virus dan malware, bisa melakukan restore kepengaturan awal system operasi komputer, dan masih banyak fungsi lainnya yang sangat membantu seorang teknisi memperbaiki troble secara cepat.

Yang jadi pertanyaan beberapa orang yang ingin tau dan ingin belajar masalah trobleshooting kompi adalah bagai mana sih masuk ke safe mode windows ? caranya sangat mudah seperti yang dijelaskan dibawah ini :

  1. Tekan tombol F8 saat komputer baru dihidupkan sebelum bacaan loading windows muncul dilayar komputer anda.
  2. Pada fitur seting juga ada langkah untuk masuk safe mode.
  3. Pada fitur msconfig juga bisa untuk menuju safe mode.
  4. Yang terkahir melalui Login Screen juga dapat untuk masuk ke safe mode.

Nah untuk lebih jelasnya, kami akan membahas langkah-langkah secara detailnya dari 4 langkah diatas, simak sampai selesai artikel berikut ini

 

Apa itu safe Mode ?

Jika diantara kalian masih ada yang belum memahami maksud dari kata safe mode! maka kami akan memberi penjelasan tentang apa safe mode itu, sebelum masuk ke pembahasan pokok kita. Sfae mode adalah salah satu fitur andalan bawaan dari sistem operasi windows yang digunakan untuk melakukan troobleshooting pada sistem operasi windows laptop maupun komputer.

Jika komputer ataupun laptop terkena virus ataupun malware, maka otomatis jalannya sistem operasi windows akan terganggu dan biasanya komputer ataupun laptop tidak bisa masuk pada desktop, Cara mengatasinya tentunya dengan masuk safe Mode.

Maka kalian akan dapat masuk ke tampilan destktop komputer kalian kembali walaupun layarnya baground desktop berwarna hitam tapi menu, aplikasi, folder sama seperti komputer kalian sebelum kena virus ataupun malware.

Game & App Pilihan :  Aplikasi Membuat CV Gratis Untuk PC dan Android

 

Pentingkah Fitur Safe Mode pada Windows ?

JIka bertanya seberapa pentingnya fitur safe mode ini, tentu jawabannya adalah sangat penting. Fitur ini berguna sekali untuk perbaikan driver pada komputer, backup data C sebelum instal ulang jika kompute terkena virus sehingga merusak sistem dan tidak dapat masuk ke desktop komputer secara normal, dan masih banyak keperluan lainnya.

Catatan : jika komputer anda mengalami eror, langkah pertama yang harus dilakukan bukanlah langsung instal ulang melainkan anda masuk dulu ke fitur safe mode.

 

Langkah Masuk Safe Mode Pada Windows 10

Pilihlah langkah-langkah berikut ini yang mana yang menurut anda cocok dan mudah untuk di ikuti sesuai dengan karakter insting anda saja

 

Masuk Safe mode windows 10 dengan tombol F8

Pastikan posisi windows sedang booting dan sebelum muncul layar loading windows maka anda harus tekan tombol F8 berulang-ulang, setelah masuk ke layar hitam dengan bermacam bacaan, maka anda berfokus hanya pada bacaan safe mode, pilih safe mode dengan menekan panah bawah pada keybord kemudian tekan enter.

 

Masuk Safe mode windows 10 dengan fitur setings

 

Cara ini hanya bisa dilakukan jika komputer masih bisa masuk ke desktop, dan cara ini tidak bisa dilakukan jika sistem operasi eror dan bluescren. Nah langkahnya adalah buka menu start kemudian pilih setings pada layar yang tampil, setelah menu startup seting windows tampil maka pilihlah menu Update & Security.

Lanjut pilih menu Recovery disebelah kiri panel, selanjutnya click fitur restart now yang letaknya persis dibawah menu Advanced startup, Jika sudah terbuka tampilan baru maka pilihlah Troubleshoot kemudian advanced option dilanjutkan startup setiings dan restart, maka akan tampil pilihan safe mode dan pilihlah safe mode

 

Catatan : ada beberapa pilihan yang akan tampil nantinya seperti

  • Tekan F4 atau 4 pada keyboard untuk langsung memulai safe mode di windows 10 anda.
  • Tekan F5 atau 5 pada keyboard untuk melakukan safe mode melalui networking.
  • Tekan F6 atau 6 pada keyboard untuk masuk safe mode melalui command Promt ( CMD ).
Game & App Pilihan :  Cara Mengubah PDF ke Word

 

Masuk Safe Mode Windows 10 Melalui Msconfig

 

Masuk safe mode windows 10 dengan cara melalui msconfig juga bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut : Pada keyboard komputer anda tekan tombol windows + R, ini gunanya untuk membuka menu RUN pada layar komputer anda, setelah RUN terbuka ketikan ” msconfig ” tanpa tanda seru, kemudian tekan enter pada keyboard maka akan tampil aplikasi System configuration utility ( disingkat ” msconfig ” ).

Selanjutnya pilihlah opsi Safe Boot, kemudian pilih Boot kemudian bagian bawah Boot Options, maka akan tampil beberapa pilihan fitur safe mode dan pilihlah sesuai yang anda kehendaki. Untuk memperjelas pilihannya maka baca penjelasan berikut ini :

Menurut Hasil Uji coba kami, kami menyarankan pilihlah yang Minimal. Setelah salah satu pilihan telah terpilih maka click Apply dan lanjutkan click OK

 

Masuk Safe Mode windows 10 dengan Login Screen

Langkah terakhir masuk safe mode windows 10 yang bisa anda lakukan adalah dengan login screen, ikuti langkah demi langkahnya berikut ini : restart windows 10 anda dan tunggu hingga sampai tampilan login screen / sign-in screen, kemudian tekan tombol shift pada keyboard pastikan jangan dilepas kemudian pilih icon power dipojok kanan bawah layar dan pilih restart

 

Tunggu sampai masuk ke menu Winre Screen, kemudian lanjutkan pilih trobleshoot, dan lanjut ke advanced options kemudian restart, setelah windows restart maka anda akan melihat pilihan fitur windows dan pilihlah fitur safe mode sesuai tujuan utama anda.

Nah mudah bukan untuk masuk ke safe mode windows 10 ? asalkan anda benar-benar mengikuti langkah kami diatas dan jangan sampai ada yang terlewat, maka dapat kami pastikan anda akan sukses menuju fitur safe mode pada windows 10.

 

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone