Cara Membuat Bingkai di Word

Posted on

Cara Membuat Bingkai di Word

Siapa sih yang saat ini belum kenal dengan Microsoft Word? Tentu mayoritas sudah mengenalnya yah, apalagi bagi kalangan siswa, mahasiswa ataupun guru serta pekerja hampir menggunakan aplikasi ini. Tapi tahukah kalian bahwa Ms Word ini bukan hanya bisa untuk mengetik, salah satunya juga membuat Watermark bahkan mempercantik tampilan teks dengan menggunakan bingkai.

Apakah kalian tahu bagaimana cara membuat bingkai di word? Apabila kalian belum tahu bagaimna caranya silahkan simak terus artikel berikut ini. Namun sebelum membahas pada cara-caranya. Kalian harus mengetahui terlebih dahulu manfaat atau kegunaan bingkai di Microsoft Word.

Bingkai ini biasanya digunakan untuk dokumen yang sifatnya resmi dan mungkin berharga, misalnya ijazah, sertifikat, undangan dan lain sebagainya. Microsoft Word memiliki berbagai macam variasi gaya bingkai yang telah tersedia secara default. Namun apabila kalian tidak menemukan gaya bingkai yang sesuai dengan keinginan, kalian masih dapat menggunakan gambar dari komputer kalian untuk membuat gaya bingkai kreasi sendiri.

Cara Membuat Bingkai di Word

Berikut akan kami akan mengulas beberapa cara membuat bingkai di word. Jadi bagi para pemula khususnya, cara ini sangat cocok untuk kalian coba karena sangat mudah untuk dipraktekkan. Silahkan bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Membuat Bingkai Garis

Pada cara membuat bingkai garis ini biasanya digunakan untuk kegiatan formal yang hanya memerlukan bingkai yang sangat sederhana dan juga simpel. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertma kali yang harus kalian lakukan yaitu membuka halaman Word, kemudian pilih menu Design, lalu pilih Page Borders.
  2. Apabila telah selesai, maka Borders and Shading akan terbuka.
  3. Kemudian, silahkan kalian pilih tab Borders, lalu pilih style yang kalian inginkan.
  4. Selanjutnya yaitu pilih warna.
  5. Kemudian kaliann pilih ketebalan garis dan sesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan agar bingkai seimbang dengan isinya.
  6. Setelah itu, silahkan pilih options.
  7. Kemudian atur margin kanan, kiri, atas dan bawah, border dari teks, lalu klik OK.
  8. Kalian klik OK kembali.
  9. Dan kini tampilan bingkai garis sederhana sudah siap untuk kalian gunakan.
Read  Cara Unreg Kartu Smartfren

Membuat Bingkai Gambar

Oke langsung saja kalian simak langkah-langkahnya cara membuat bingkai menggunakan gambar dibawah ini :

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu membuka halaman Word, kemudian pilih menu Design, lalu pilih Page Borders.
  2. Setelah selesai, maka Borders and Shading akan terbuka.
    Kalian bisa pilih tab Page Border, kemudian pilih jenis border atau bingkai pada menu dropdown Art.
  3. Setelah itu silakan kalian sesuaikan warna apabila ingin mengubah warna. Namun, perlu kalian ingat bahwa tidak semua border dapat diwarnai karena ada beberapa border yang tidak bisa diwarnai ulang.
  4. Selanjutnya yaitu silahkan sesuaikan ukuran atau ketebalan border pada bagian Width.
  5. Kemudian pilih menu Apply to untuk mengaplikasikan border pada bagian mana saja. Disana terdapat beberapa pilihan yaitu This section (Pada bagian ini saja), This Section – First page only (Pada bagian ini hanya dengan halaman pertama saja), WHole document (keseluruhan dokumen) serta This section – All except first page (semua / seluruh dokumen kecuali halaman pertama).
  6. Setelah itu silahkan pilih Option.
  7. Lalu atur ukuran margin kanan, kiri, atas dan bawah, kemudian pilih Measure from: Text (di tepi teks/rapat dengan teks) juga Edge of page (di tepi halaman) dan klik OK.
  8. Setelah itu silahkan klik OK lagi.
  9. Maka tampilan bingkai gambar sudah tampak sesuai kreasi kalian.

Itulah beberapa cara membuat bingkai di word yang dapat kalian ketahui dan ini sangat cocok bagi para pemula. Silahkan kalian coba, semoga berhasil dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Membuat Halaman di Word

Cara Membuat Brosur

Cara Membuat Grafik di Word

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone