Cara Membuat Google Form

Posted on

Cara Membuat Google Form

Membuat sebuah formulir menjadi salah satu tugas yang memang harus dikerjakan dan diselesaikan bagi mahasiswa, pelajar maupun karyawan dll. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk mengumpulkan sebuah data yang dibutuhkan. Pada jaman dahulu, jika sesorang ingin membuat formulir harus dikerjakan secara manual. Untuk menemukan sebuah responden yang berkenan untuk dimintai jawabannya, caranya yaitu kalian harus membuatnya di komputer terlebih dahulu, kemudian dicetak, lalu berkeliling mencari responden tersebut. Akan tetapi, saat ini ada metode yang hadir yaitu Google Form.

Saat kalian ingin membuat formulir online harus menggunakan aplikasi apa, jangan bingung dan cemas. Salah satu solusinya yaitu kalian dapat menggunakan Google Form. Cara membuat Google Form pun sangat sederhana dan mudah sekali, kalian hanya membutuhkan sebuah komputer atau laptop dan paling penting yaitu sambungan internet. Apakah kalian ingin tahu bagaimana cara membuat google form yang baik dan benar? Sebelum itu mari simak artiel dibawah ini mengenai tentang google form dan kegunaannya.

Penjelasan Singkat Tentang Google Form

Produk-produknya yang telah disediakan oleh google sangat bnyak sekali untuk kalian akses secara gratis, hal tersebut sangatlah membantu. Manfaat yang bisa kalian rasakan yaitu salah satunya menggunakan Google Form. Selain tersedia suatu layanan pembuatan formulir secara online, untuk menggunakan layanan ini kalian juga harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Penggunaannya pun telah terkonsolidasi dengan aplikasi lainnya diantaranya yaitu Google Docs serta Google Drive. Sehingga kalian dapat membuka Google Form dimanapun nantinya dari ponsel kalian masing-masing melalui aplikasi Google Drive.

Kegunaan Google Form

Dengan adanya Google Form, kalian dapat memanfaatkannya dengan berbagai kebutuhan. Entah itu kebutuhan sehari-hari, sebuah penelitian, menyebarkan formulir pendaftaran, survey dll. Sehingga kalian tidak perlu lagi mencetak kertas terlalu banyak.

Jadi, dengan adanya Google Form, maka data kalian akan tersimpan rapi dan tidak khawatir data akan hilang ataupun terselip.

Cara Membuat Google Form

Bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara membuat google form, berikut kami akan bagikan langkah-langkahnya, diantaranya yaitu :

Read  Cara Unreg Kartu Indosat

Buat Akun Google

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu membuat akun google terlebih dahulu. Akan tetapi, jika kalian sudah punya langsung saja pada tahap berikutnya.

Buka Situs Google Form

Langkah selanjutnya yaitu kalian bisa langsung akses link docs.google.com, pada situs tersebut kalian akan langsung memilih template formulir sesuai kebutuhan yang ingin kalian gunakan. Selain itu, dengan melalui Google Drive Kalian pun bisa membuat sebuah formulir. Caranya cukup mudah kok tinggal kalian tekan saja menu New yang letaknya di sudut kiri atas, kemudian pilih More dan pilih juga Google Forms.

Apabila data survei untuk spreadsheet kalian butuhkan di Google Sheet, maka kalian pun dapat membuatnya dengan cara klik Insert dan langsung pilih Form.

Membuat Sebuah Form

Berbagai variasi yang dimiliki google form yaitu sebuah pertanyaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan jenis data kalian.

Jenis-jenis pertanyaan yang dapat kalian berikan kepada responden diantaranya yaitu: Pilihan Ganda, Paragraf, Jawaban Singkat sampai Kotak Centang. Selain itu, kalian juga dapat membuat responden mengunggah file misalnya dokumen atau foto. Didalamnya juga terdapat fitur-fitur umum yang keren dapat kalian lakukan juga seperti menambahkan gambar maupun video.

Apabila kalian telah selesai menyusun sebuah pertanyaa, maka langsung saja tekan kirim yang letaknya disudut atas. Kemudian kalian share ( bagikan ) link google form kepada para responden. Untuk mendapatkan link yang lebih singkat, jangan lupa kalian centang perpendek URL.

Melihat Tanggapan Para Responden

Apabila kalian telah selesai membagikan google form, pastinya kalian juga ingin melihat hasil surveinya. Untuk itu, kalian bisa lihat di bagian tanggapan yang terletak pada bagian pertanyaan. Versi spreadsheet-nya juga bisa kalian lihat dengan cara klik ikon yang berwarna merah letaknya di sebelah pojok kanan paling atas.

Bagaimana, cukup mudah cara membuat google form? Bagi kalian yang belum pernah membuatnya, artikel ini bisa menjadi salah satu referensi kalian dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Menghilangkan Internet Positif

Cara Membuat Email

Cara Membuat SKCK Online