Cara Membuat Logo Menggunakan PC + HP dengan Mudah Disertai Gambar

Posted on

Cara Membuat Logo

ReXdl.co.id – Halo sobat ReXlover, pada kesempatan kali ini ReXi akan memberikan cara membuat logo yang pastinya akan sangat berguna dan bermanfaat untuk sobat. Tapi sebelum itu, pastikan sobat sudah tahu definisi dari Logo dan kegunaannya.

Jika belum tahu, tidak ada salahnya kan untuk scroll ke bawah sebentar dan menyimak ulasan dari ReXi sebelum sobat menuju ke pembahasan utama. Tentang cara membuat Logo yang mudah baik lewat HP mau pun Laptop dan PC.

 

Apa itu Logo?

Sobat ReXlover pastinya sudah sering mendengar tentang Logo kan, tapi apakah sobat sudah tahu definisi dari Logo yang sebenarnya. Logo sendiri adalah sebuah gambar atau sketsa yang dibuat dengan arti tertentu. Logo digunakan untuk mewakili suatu sesuatu seperti perusahaan, produk, lembaga hingga Negara.

Ya, seperti lambang atau Logo Negara Indonesia yakni Pancasila, seperti itulah definisi Logo yang sesungguhnya.

Jadi bisa diartikan jika Logo adalah pengganti dari nama sesungguhnya, sehingga semua orang bisa mengetahui Negara mana, perusahaan dan produk apa itu hanya melalui Logo saja.

 

Kegunaan Logo

Fungsi atau kegunaan Logo sendiri sangatlah luas, bukan hanya sebagai perwakilan dari perusahaan, Negara bahkan produk makanan saja. Namun Logo hadir untuk menyampaikan informasi dan pesan yang ingin disampaikan pada publik.

Visi dan misi yang ada pada perusahaan, organisasi atau Negara juga bisa ditampilkan oleh Logo secara tersirat dan perlambangan tentunya. Apalagi di zaman digital seperti sekarang ini Logo bahkan bisa digunakan sebagai watermark saat membuat conten promosi di sosial media.

Oleh sebab itu terkadang pembuatan Logo sangatlah diperhatikan, bahkan ada perusahaan yang tidak segan segan mengeluarkan banyak uang untuk membuat sebuah Logo.

Nah, apakah sobat ReXlover kali ini ingin membuat sebuah Logo, entah itu Logo organisasi, perusahaan atau bahkan sekadar membuat Logo untuk blog dan website.

Berikut ini ReXi sudah menyiapkan cara buat logi di hp dan perangkat lainnya, dan pastinya cara ini sangat sederhana dan mudah untuk dipahami.

 

 

Cara membuat Logo di PC

Cara membuat Logo yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan perangkat PC atau Laptop. Dua aplikasi edit foto yang paling populer akan ReXi gunakan di sini, yakni Photoshop dan Corel Draw.

 

Cara Membuat Logo di Photoshop

1. Buka Aplikasi Photoshop dari perangkat sobat ReXlover, jika belum punya pastinya harus mengunduh dan install dulu ya.

2. Jika sudah terbuka, langsung saja buat lembar kerja baru dengan cara menekan tombol CTRL+N. Masukkan ukuran yang sobat butuhkan, di sini ReXi akan menggunakan ukuran 500×500 pexels ya.

3. Nah, lalu sobat ReXlover akan melihat tampilan seperti di bawah ini :

4. Kemudian pilih Ellipse Tool yang akan sobat ReXlover gunakan untuk membuat lingkaran.

5.) Langsung saja buat lingkaran pada lembar kerja, sobat ReXlover bisa menggunakan Layers Ellipse 1 untuk menyesuaikan warna lingkaran.

6.)  Sobat ReXlover bisa menggunakan tool Magic Wand Tool untuk menggati warna dan menyeleksi area yang warnanya ingin sobat ubah.

7.) Untuk memberikan warna di area yang tadi sudah diseleksi sobat ReXlover bisa menggunakan paint bucket tool. Di sini ReXi akan memberikan warna abu-abu.

8. ReXi akan memberikan efek stroke atau garis di luar lingkaran sebab nantinya ReXi akan mewarnai lingkaran senada dengan background.

9. Nih, ReXi kasih lihat hasilnya seperti di bawah ini :

Game & App Pilihan :  Download 7Zip ( terbaru )

10. Lalu ReXi akan menambahkan Rectangle sederhana dengan menggunakan Rectangle Tool.

11. Sobat ReXlover bisa klik Tool T lalu pilih saja Horizontal Type Tool.

12. Di sini sobat ReXlover bisa menambahkan huruf R pada sebelah kanan garis tengah secara tegak.

13. Tambahkan huruf R lagi di bagian kiri garis, posisinya harus tegak lurus dan membelakangi huruf R yang pertama. Sobat ReXlover bisa menggunakan tombol CTRL+T untuk membalikkan posisi hurufnya ya.

 

14. Nah, prosesnya sudah selesai dan sobat ReXlober bisa lihat hasilnya. Jika sudah Ok langsung saja save hasil logo nya dengan klik Save As di projek tersebut, dan pilih format jpeg atau png sesuai kebutuhan sobat ReXlover.

 

 

Cara Membuat Logo di Corel Draw

1.) Buka aplikasi Corel Drwa, dan jika belum punya sobat ReXlover pastinya harus download dan install aplikasinya di perangkat sobat.

2.) Jika sudah langsung buat sketsa Logo seperti di bawah ini :

3.) Sobat bisa memanfaatkan shaping sebagai tool untuk membuat objek dan bentuk, lalu menggabungkannya atau memotongnya sesuai dengan kebutuhan.

4.) Sobat bisa lihat contohnya di bawah ini, sketsa yang dibuat harus didesain terlebih dahulu.

5.) Setelah itu sobat bisa menggambar ombak laut, di sini ReXi akan menggunakan warna biru ya.

6.) Lihat di bawah ini untuk lihat hasil buatan ReXi ya.

7.) Jika Logo sudah didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, sobat bisa langsung menyimpannya dengan cara tekan tombol Ctrl+E. Lalu Eksport > pilih format PNG supaya tanpa background > Save.

 

 

 

Cara Membuat Logo di HP

Setelah mengetahui cara membuat Logo di perangkat PC atau Laptop, kini saat ReXi akan membagikan cara membuat Logo melalui hp. Ada beberapa aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat logo seperti di bawah ini :

 

Cara Membuat Logo di Canva

Aplikasi yang ReXi gunakan untuk membuat Logo via hp pertama adalah Canva. Mengapa Canva? Sebab aplikasi ini terbilang sangat mudah untuk digunakan. Ada banyak template, desain, tools dan fitur yang bisa sobat gunakan dan pastinya gratis.

Sebelum membuat Logo dengan Canva, jika sobat ReXlover belum memiliki aplikasinya, bisa unduh di bawah ini :

 

1.) Buka aplikasi Canva

 

2.) Pada halaman pertama sobat akan melihat tampilan ini, di sana ada banyak sekali desain yang bisa langsung sobat gunakan.

 

3.) Pilih Logo.

 

4.) Sobat akan diberikan banyak pilihan desain Logo yang sesuai dengan tema yang sobat butuhkan. Di sini ReXi akan membuat Computer Logo.

 

5.) Lalu akan muncul banyak sekali desain Logo yang bisa sobat pilih, klik saja desain yang sobat inginkan.

 

6.) Lalu sobat akan dibawa ke panel editing, di sini sobat bisa mengedit Logo dan disesuaikan dengan kebutuhan sobat ReXlover. Seperti menambahkan tulisan, mengubah warna, ukuran dan lain lain.

 

7.) Nah, di sini ReXi akan mengubah desain Logo menjadi desain ReXdl.co.id.

 

8.) Nah, hasilnya akan terlihat seperti yang ReXlover lihat di bawah ini :

 

9.) Jika sudah selesai dan dirasa Logo nya sudah Ok, langsung saja klik tombol save yang ada di bagian kiri atas.

 

10.) Di sini sobat bisa memilih format gambar, mulai dari jpeg hingga png. Sobat juga bisa membagikan logo secara langsung di sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan drive atau langsung menyimpannya di galeri smartphone.

 

11.) Kalau ReXi sih, langsung simpan di galeri hp saja ya, dan hasilnya akan seperti ini :

 

Cara Membuat Logo di PicsArt

Selain Canva, PicsArt juga bisa digunakan unuk membuat Logo, misalnya seperti cara membuat logo nama blog di bawah ini.

Pastikan sobat ReXlover memiliki aplikasi PicsArt di smartphone sobat, jika tidak punya. Seperti biasa sobat bisa unduh di bawah ini dan install aplikasinya.

Game & App Pilihan :  Virus Ransomware

1.) Setelah memiliki aplikasinya, langsung saja buka ya!

2.) Pilih latar belakang putih.

3.) Di sini ReXi akan memasukkan teks sebagai Logo yang sederhana. Terdapat pilihan font dan warna yang bisa dipilih. Jika sudah sesuai klik ceklis pada pojok atas.

4.) Klim menu gambar dan pilih icon + dan buat lapisan kosong, seperti di bawah ini :

5.) Lalu pilih menu kuas pensil dengan menggunakan warna hitam. Lalu sobat ReXlover bisa memilih menu basic shape kota. Klik ok jika sudah siap ya.

6.) Bentuk kotak kecil dan atur ya posisinya agar hasilnya sesuai.

7.) Apabila sudah ReXi akan menyatukan kedua layar ini caranya dengan klik icon titik dan pilih opsi lebur. Lalu ReXi akan membuat lagi lapisan kosong dan memilih opsi basic shape dengan bentuk lingkaran.

8.) Di sini ReXi akan membuat lingkaran mengelilingi huruf R yang Rexi buat tadi. Kita bisa menurunkan opacity layar terlebih dulu agar langkah ini lebih mudah. Seperti ini hasilnya :

9.) Jika lingkaran sudah dibuat maka sekarang sobat bisa menggunakan kuas penghapus atau eraser. ReXi akan menggunakan basic shape lagi untuk membuat lingkaran kecil di tengah lingkaran sebelumnya. Jika sudah selesai, ReXi akan mengubah lagi opacity layar agar menjadi 100%. Dan satukan kedua layar.

10.) Pilihlah icon + dan klik lapisan foto, lalu ReXi akan memasukkan foto apa saja yang ReXi inginkan. Foto ini sendiri berfungsi untuk memberikan warna pada logo agar lebih bervariasi. Sobat juga bisa menggunakan warna lain kok, terserah sobat deh pokoknya.

10.) Setelah foto dimasukkan langsung ubah blend mode dengan menggunakan screen atau layar ya.

11.) Jika sudah selesai maka sobat bisa klik tanda ceklis yang ada di pojok atas untuk menyinpannya.

12.) Hasilnya akan seperti ini :

 

 

 

 

Tips Membuat Logo Keren

Mengetahui Tujuan Logo dan Apa yang Akan Diwakilinya

Sebelum membuat Logo pastikan sobat ReXlover sudah tahu fungsi dari Logo tersebut dan digunakan untuk mewakili apa. Ya, seperti olshop misalnya maka sobat bisa menggunakan warna biru sebagai lambang kepercayaan.

Jika Logo tersebut digunakan untuk makanan seperti kue kering, maka sobat bisa menggunakan warna merah kuning yang memberikan kesan ceria. Atau warna merah untuk Logo makanan cepat saji yang menggugah selera.

Atau jika sobat sorang YouTouber yang membuat Logo untuk channel YouTubenya maka bisa menggunakan warna merah yang mempresentasikan YouTube itu sendiri.

 

Mengetahiu Dasar Pembuatan Logo yang Efektif

Sebelum membuat Logo pastikan sobat juga mengetahui prinsip desain logo seperti, logo yang harus dibuat sederhana, udah diingat dan serbaguna. Dan pastikan jika logo tersebut sesuai dengan brand atau produk yang diusungnya. Sehingga Logo bisa terus diingat bahkan hingga 10 – 50 tahun ke depan.

 

Rancang Proses Cara Mendesain Logo sobat ReXlover

Belajar mendesain Logo sendiri adalah salah satu hal yang wajib sobat perhatikan. Kenali juga software dan kegunaannya agar sobat bisa membuat Logo yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Meski ada banyak sekali jasa pembuatan desain Logo, tapi alangkah lebih baik jika sobat bisa membuatnya sendiri ya kan.

 

Penutup

Dan semoga cara membuat logo yang sudah ReXdl.co.id bagikan di atas bisa sangat bermanfaat bagi sobat ReXlover yang ReXi cintai. Jangan lupa mampir lagi, Wassalam….

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :