Cara Membuat Perangkat Android Menjadi Web Server

Posted on

Cara Membuat Perangkat Android Menjadi Web Server

 

Mengubah perangkat Android menjadi Web server ini sudah tak jarang dilakukan. Orang berkepentingan terkadang memanfaatkan androidnya sebagai web server.

Tindakan ini tentunya sangat menguntungkan bagi orang yang perlu perangkat berdaya rendah. Atau bahkan untuk orang yang ingin memberikan informasi ke teman atau publik, tetapi tidak memiliki keuangan yang cukup.

Lalu bagaimana cara membuat perangkat Android menjadi Web server?

 

Cara Sederhana Membuat Server Web Android

 

Server web atau peladen web adalah perangkat lunak server. Dengan kata lain adalah perangkat keras yang ditujukan untuk menjalankan perangkat lunak. Hal ini berguna untuk memenuhi permintaan klien di World Wide Web (www).

Server web bisa berupa satu bahkan lebih situs web. Fungsi utama web server ini adalah untuk memproses, menyimpan, hingga mengirimkan halaman web untuk klien. Sementara itu, komunikasi antar server dan klien berlangsung menggunakan HTTP atau Hypertext Transfer Protocol.

Berikut langkah-langkah membuat perangkat Android menjadi Web server:

Install Tiny Web Server untuk Android

Sebenarnya berbagai aplikasi perangkat lunak server sudah tersedia untuk Android. Namun, banyak dari aplikasi sudah tertinggal jauh. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya terdapat pada android versi lama.

Aplikasi perangkat lunak android yang sangat disarankan adalah Tiny Web Server. Alat ini merupakan yang paling sederhana untuk menyajikan konten dari android kamu.

Konfigurasi Server Web Kecil

Karena kesederhanaan ini kamu tidak bisa menemukan opsi konfigurasi dengan Tiny Web Server. Lantaran hal ini kamu tidak bisa memaksa dari default ke file index.html. Akan tetapi, ini hanyalah kesalahan kecil.

Setelah Tiny Web ter-install, segera luncurkan aplikasi. Pada layar utama kamu memiliki opsi untuk mengubah jalur server. Opsi ini berguna untuk kamu yang ingin menentukan direktori tempat menyimpan file Web kamu.

Kamu juga bisa menentukan karakter rangakaian karakter default atau port server.

Tambahkan index.html ke Tiny Web Server

Agar Tiny Web Server berjalan baik dalam melayani halaman web, kamu harus membuat file index.html dan mengunggahnya ke folder. Untuk melakukan ini di android kamu dapat menggunakan HTML atau editor teks.

Salin file index.html ke direktori yang kamu sukai, seperti USB atau file manager di android.

Game & App Pilihan :  Cara Registrasi Kartu XL

Apabila kamu menyalin file dari USB ke ponsel, ramban ke penyimpanan di file manager.

Dengan file yang disalin ke android, buka Tiny Web Server dan ketuk mulai server. Arahkan ke browser kamu kemudian tambahkan /index.html sampai akhir.

Dengan langkah-langkah di atas kamu sudah mengubah perangkat android menjadi server web dasar.

Kekurangan dari server web ini adalah pada tampilannya. Tentunya contoh tampilan sangat mendasar dan tidak memiliki gaya. Namun, kamu dapat dengan mudah menambahkan CSS dengan instruksi yang disertakan dalam file HTML.

Kamu juga bisa menggunakan ponsel atau tablet seperti biasa saat hosting situs.

 

Cara Klien Mengunjungi Halaman Server Web Anda

Tidak akan menjadi masalah bila kamu meng-hosting situs web ke ponsel atau bahkan ke TV android. Kamu tetap akan bisa melayani halaman Web ke komputer di jaringan perusahaan kamu.

Tiny Web Server menautkan alamat IP dinamis perangkat kamu ke URL khusus melalui aplikasi klien yang kamu install.

Apa pun yang kamu pilih, cukup install, tetapkan URL, dan pilih tujuan sebagai halaman HTML kamu.

Apabila kamu memiliki komputer lawas yang masih berfungsi dengan baik, kamu juga bisa membangun web server darinya.

 

Fungsi Web Server

Web Server berfungsi untuk memproses berbagai data yang diminta oleh web browser. Dari sini akan diberikan hasil atau jawaban berupa dokumen, video, atau foto hingga beragam file lainnya.

Web server dapat berfungsi sebagai hardware atau software. Apabila berfungsi sebagai hardware maka Web Server akan berperan dalam penyimpanan data dengan beragam bentuk. Seperti CSS, HTML, gambar, dokumen, video, dan JavaScript.

Apabila Web Server berfungsi sebagai software maka akan berperan dalam mengatur dan memproses segala aktivitas permintaan yang diterima dan dibaca pada halaman browser.

Selain daripada itu, web server juga memiliki beberapa fungsi yang lain, di antaranya:

  • Membersihkan berbagai cache yang terdapat pada penyimpanan serta semua modul yang tidak terpakai.
  • Menyediakan data berdasarkan permintaan agar sistem keamanan berjalan dengan lancar.
  • Mampu melakukan pemeriksaan terhadap sistem keamanan yang berasal dari permintaan HTTP berdasarkan kiriman browser.

 

Jenis-Jenis Web Server

 

Web Server Apache

Web server jenis ini sudah banyak digunakan di internet. Awalnya web server ini didesain untuk mendukung sistem operasi UNIX. Apache memiliki beberapa dukungan seperti PHP, SSL, dan juga kontrol akses.

Web server jenis ini dikenal sangat aman dan nyaman karena memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut di antaranya seperti proses instalasi sangat mudah, konfigurasi juga sangat mudah, dan juga mampu berkerja dalam berbagai sistem operasi.

Apache tidak terbatas dalam komunitas sehingga sangat luas.

Game & App Pilihan :  Cara Transfer Pulsa Sesama Telkomsel

Web Server Nginx

Web server Nginx ini menjadi pesaing yang unggul Web Server Apache. Nginx dikenal mampu melayani segala macam permintaan. Singkatnya, Nginx memang lebih unggul jika dilihat dari segi kecepatan dan performa sistem kerjanya.

Nginx juga memiliki fitur yang lebih unggul, seperti URL rewriting, virtual host, file serving, acccess control, dan masih banyak lagi.

Web Server Lighttpd

Web server jenis ini berguna untuk mendukung sistem Linux dan Unix. Web server jenis ini juga memiliki keunggulan, yaitu web server lebih cepat dan efektif apabila menggunakan URL writing, fastCGi, sistem loading pada CPU, dan lain sebagainya.

Web Server IIS

Internet Information Services (IIS) merupakan salah satu web server yang bekerja dengan beberapa jenis protokol. Jenis protokol yang dimaksud di antaranya, yaitu IP, TCIP, atau DNS, hingga beragam software yang lain guna merangkai situs.

 

Cara Kerja Layanan Web Server

Sederhananya tugas dari web server ini adalah menerima permintaan klien yang kemudian dikirim kembali dalam bentuk berkas pada si klien.

Komputer server membutuhkan akses internet supaya tetap terhubung sehingga berkas bisa diakses oleh klien.

Saat klien atau browser melakukan permintaan data pada web server, secara otomatis permintaan data tersebut akan dikemas pada TCP yang kemudian akan dikirimkan ke alamat HTTP atau HTTPS untuk ditampilkan kembali pada browser.

ini berlainan dengan masalah data yang diminta tidak bisa ditemukan pada web server, secara otomatis web server menolak adanya permintaan tersebut dengan menampilkan notifikasi Page Not Found.

Nah itu tadi ulasan mengenai web server hingga cara membuat perangkat android menjadi web server.

Web server memang dikenal sangat berperan penting dalam mengendalikan sistem kerja website. Pasalnya tanpa menggunakan web server kamu tidak bisa melakukan permintaan data pada halaman browser.

Web server terbukti sangat penting bukan?

Untuk kamu yang tidak suka menggunakan perangkat besar atau tidak memiliki keungan yang cukup untuk mengoperasikan web server, cukup gunakan Tiny Web Server dan kamu sudah bisa mengoperasikan web server lewat perangkat android.

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya:

 

5/5 - (26 votes)