Cara Membuat Titik Daftar Isi

Posted on

Cara Membuat Titik Daftar Isi

Baca Cepat

Pernah gak sih kalian mendapat tugas dari guru, dosen ataupun pimpinan. Entah itu makalah, poposal maupun yang lain sebagainya. Biasanya yang kita ketahui pada halaman-halaman awal suatu dokumen seperti makalah atau poposal dll yaitu halaman daftar isi. Pada halaman daftar isi tersebut terdapat berbagai informasi tentang letak ataupun posisi halaman.

Daftar Isi merupakan suatu halaman yang sangat penting dalam pembuatan makalah, proposal dll. Dengan adanya daftar isi tersebut akan memudahkan kalian untuk mengetahui seluruh isi, topik apa saja yang dibahas didalamnya dan memudahkan kalian dalam mencari halaman untuk membaca topik yang diinginkan. Tanpa adanya daftar isi, sungguhy akan menyulitkan dalam pencarian judul atau sub judul topik yang kalian inginkan.

Dalam menyempurnakan suatu makalah, proposal dll sebaiknya juga diperhatikan dalam kerapian format penulisan seperti membuat titik-titik daftar isi secara otomatis dengan rapi. Karena apabila kalian lakukan dengan cara manual akan menghabiskan banyak waktu dan hasilnya pun tidak akan rapi. Oleh karena itu, kami akan membagikan beberapa informasi tentang cara membuat titik daftar isi yang benar dan rapi. Silahkan simak terus artikel dibawah ini hingga tuntas.

Cara Membuat Titik Daftar Isi

Cara berikut akan membantu kalian dalam mempermudah dan mempercepat dalam mengerjakan tugas dll untuk membuat titik daftar isi dalam sebuah dokumen. Untuk langkah-langkahnya langsung saja yuk disimak dibawah ini :

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu membuat halaman Word baru yang akan digunakan untuk halaman daftar isi.
  2. Lalu kalian bisa blok semua baris yang ingin diberikan titik-titik secara otomatis.
  3. Setelah itu, klik kanan pada baris yang telah diblok tadi dan pilih menu Paragraph.
  4. Kemudian pilih Tabs di bagian sudut kiri paling bawah sendiri.
  5. Lalu kalian juga setting pada halaman tabs dan pada Tab stop position, silahkan isi dengan lebar halaman kerja supaya panjang titik-titik tidak terlalu panjang atau juga terlalu pendek.
  6. Kemudian pada Aligment kalian bisa pilih Right, Leader silahkan pilih no. 2, lalu tekan tombol Set dan klik Ok untuk menyelesaikan.
  7. Terakhir silahkan letakkan kursor di sebelah kanan baris pertama daftar isi, lalu tekan Tab pada keybord.
    Oke, sudah selesai 🙂
Game & App Pilihan :  Cara Transfer Pulsa Sesama Telkomsel

Membuat Daftar Isi Bertingkat di MS Word

Apabila sebelumnya kalian sudah membuat titik daftar isi, selanjutnya juga bisa kalian lakukan untuk membuat daftar isi bertingkat. Maksud dari daftar isi bertingkat disini yaitu terdapat sub judul yang akan dimasukkan daftar isi, jadi kalian perlu membuat yang namanya daftar isi bertingkat. Ingin tahu bagaimana caranya? Silahkan langsung saja simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama yang harus kalian lakukan adalah ketikkan sub judul di bawah judul.
  2. Kemudian blok sub judul, lalu geser First Line Indent yang terdapat pada ruler ke kanan.
  3. Oke, cara yang kalian lakukan sudah selesai dan bisa dilakukan hal yang sama hingga berikutnya.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat titik daftar isi? Silahkan bisa kalian coba sendiri di laptop / PC masing-masing. Daripada kalian harus membuat titik-titik secara manual, hasilnya tidak akan rapi dan sudah pasti berantakan sekali. Oleh karena itu, bisa kalian coba yah untuk mempermudah tugas-tugasnya. Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Cara Menggunakan Lucky Patcher – Untuk Game Online Terbaru

3 Cara Mendapatkan Free Robux Terbaru di Games Roblox

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone