Cara Memindahkan Kontak ke Gmail [10 Menit Selesai]

Posted on

Cara Memindahkan Kontak ke Gmail

ReXdl.co.id – Jika selama ini kita mungkin hanya mengenal Gmail sebagai salah satu platform berkirim pesan elektronik milik Google yang paling populer. Ya, bisa dibilang hampir semua orang memggunakan Gmail untuk mengirim surel.

Bahkan kini Gmail tidak hanya digunakan untuk berkirim pesan saja loh. Namun juga ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh Gmail secara keseluruhan. Google sendiri sudah berhasil menciptakan banyak sekali kegunaan dan fungsi dari platform berkirim email nya ini.

Gmail juga selalu terdepan dalam memberikan pelayanan dan gebrakan bagi para penggunanya loh.

Kelebihan Gmail dari Aplikasi Sejenisnya

Jika platform berkirim email lain hanya memberikan kapasitas penyimpanan dengan ukuran MB saja. Berbeda dengan Gmail yang langsung berani memberikan ruang penyimpanan email hingga 1 GB untuk pengguna gratisan. Dan akan dilipatgandakan jika kamu mau berlangganan.

Di dalam Gmail kamu juga bisa menemukan banyak sekali fitur menarik yang sangat keren. Maka tak heran ya, jika Gmail pun cocok digunakan untuk menunjang bisnis. Untuk meningkatkan pelayanannya, Gmail sendiri sudah beberapa kali mengubah tampilan interfacenya loh.

Tak hanya mendesain ulang tampilan antar mukanya saja. Namun Gmail juga menyematkan beberapa fitur yang langsung menjadi kelebihan dari platform satu ini. Bahkan bisa dibilang fitur ini tidak akan bisa kamu temukan pada platform lain.

Fitur barunya antara lain, mengirimkan email dengan jadwal yang sudah kamu tentukan di lain hari. Dan email ini akan terkirim secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah kamu buat.

Selain itu Gmail akhirnya diintegrasikan dengan Google Drive sehingga membuat kamu dapat mengirimkan email yang berisikan file besar tanpa kendala. Ruang penyimpanan yang ditawarkan oleh Google Drive ini pun mencapai 15 GB.

 

Cara Memindahkan Kontak ke Gmail (Semua Tipe HP)

Karena Gmail menjadi salah satu bagian dari Google maka Gmail juga berintegrasi tidak hanya pada Google Drive. Tapi juga pada Google Chrome. Inilah yang membuat kamu bisa menggunakan ekstensi browser seperti Free Email Tracker, MailTrack hingga Gmelius.

Fungsinya sendiri adalah untuk melihat apakah email sudah dibaca oleh penerima apa belum.

Fitur yang paling oke dari Gmail adalah, kamu bisa menyimpan kontak di HP. Lalu memindahkannya pada kontak yang ada pada Gmail. Hal ini bisa dijadikan semacam back up gratis.

Game & App Pilihan :  Lupa Password Yahoo

Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika kontak di smartphone kamu hilang, asal kamu masih memiliki akses ke akun Gmail. Maka kamu masih bisa mendapatkan semua kontak kamu yang hilang.

Sementara itu kamu bisa melakukan cara ini untuk memindahkan kontak ke Gmail.

  1. Buka Aplikasi Kontak di smartphone kamu ya!
  2. Pilih ikon garis tiga yang ada di bagian kiri atas.
  3. Lalu pilih setting dan pilih opsi Export ya.
  4. Klik Share All Contacts untuk memindahkan semua kontak di smartphone kamu ke Gmail.
  5. Proses exporting pun akan berlangsung dan apabila muncul pemberitahuan yang menandakan proses pemindahan sudah sukses. Kamu bisa klik pemberitahuan tersebut.
  6. Lanjutkan dengan klik Gmail.
  7. Selanjutnya masukkanlah alamat Gmail kamu, atau yang akan kamu gunakan untuk menyimpan kontak kamu.
  8. Nah, jika sudah selesai maka kontak kamu pun sudah tersimpan aman. Kamu juga bisa kok mengimport kontak dari Gmail ke smartphone dan yang lainnya.

 

Cara Mengembalikan Kontak Dengan Gmail

Rexi tadi sudah menjelaskan bukan, jika Google Contact memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar. Hal ini membuat kamu bisa menyimpan banyak kontak di Google. Tanpa perlu takut penuh dan terhapus.

Google Contact juga terbilang sebagai back up gratis, mudah dan permanen asal kamu masih memiliki akses kea kun Gmail yang digunakan untuk menyimpannya.

Tapi tidak bisa dipungkiri ya, apapun bisa saja terjadi dengan mudah. Bahkan sesuatu yang tidak pernah kamu harapkan tiba-tiba saja terjadi sehingga membuat kesal. Salah satunya seperti kehilangan kontak di akun Gmail.

Entah karena tidak sengaja terhapus atau sengaja menghapusnya. Namun ternyata kamu masih membutuhkan kontak tersebut. Sehingga membuat kamu merasa menyesal akan hal ini.

Tapi jangan khawatir, sebab kamu masih bisa mengembalikan kontak yang hilang secara tidak sengaja di Google dengan cara seperti berikut ini :

  1. Buka Google Contacts melalui browser yang kamu gunakan ya.
  2. Lalu pada bagian kiri, kamu klik More.
  3. Selanjutnya pilih opsi Restore Contacts.
  4. Di sini kamu dihadapkan dengan pilihan waktu, untuk mengembalikan semua kontak yang sudah kamu hapus. Mulai dari 1 menit, 1 jam, 1 minggu hingga 1 bulan yang lalu bisa kamu kembalikan. Ingat ingat saja kapan kamu menghapusnya. Jika baru saja kamu hapus maka kamu bisa gunakan opsi 1 jam atau 1 hari.
  5. Nah, setelah itu seluruh daftar kontak yang sudah kamu hapus tadi akan mulai digabungkan. Untuk dikembalikan sesuai dengan waktu restore yang kamu custom. Dan kamu pun bisa mendapatkan semua kontak kamu kembali. Mudah kan?
Game & App Pilihan :  Cara Mempercepat Koneksi Wifi

 

Penutup

Siapa bilang Gmail hanya bisa digunakan untuk mengirim surat elektronik saja. Gmail memiliki banyak sekali fungsi dan kelebihan yang akan semakin memudahkan kamu. Terutama jika kamu memiliki sebuah bisni. Gmail bisa kamu gunakan untuk meningkatkan bisnis kamu dengan memanfaatkan ekosistem dari Google.

Jika dulu kamu hanya bisa menyimpan kontak di smartphone atau SIM Card. Kini kamu sudah bisa menggunakan Gmail untuk menyimpan kontak kamu. Sekaligus sebagai back up gratis. Sebab kapasitas penyimpanan yang disediakan tidak tanggung tanggung.

Sehingga bagi kamu yang memiliki banyak kontak untuk keperluan bisnis, bisa tuh menyimpannya di Google Contacts tanpa takut hilang atau sengaja terhapus. Sebab jika terhapus pun cara mengembalikannya juga cukup mudah kok. Yang penting kamu ikuti semua petunjuk yang Rexi berikan step by step ya!

Kamu pun tidak perlu khawatir jika smartphone kamu rusak, hilang atau data di dalamnya terhapus semua. Sementara kontak yang ada di dalamnya sangat penting. Kamu pun tidak akan benar-benar kehilangan semua kontak kamu. Apabila kamu sudah memindahkan atau mengeksport semua kontak di smartphone pada Google.

Dengan mudah kamu bisa mendapatkan kembali kontak yang kamu butuhkan tanpa perlu kebingungan. Terlebih jika kontak kontak tersebut sangatlah penting bagi kebutuhan bisnis kamu.

Asal kamu masih bisa masuk kea kun Gmail maka kamu pun masih bisa mendapatkan semua kontak kamu yang hilang loh.

Demikian pembahasan kali ini, mengenai cara memindahkan kontak ke Gmail beserta cara mengembalikannya jika saja terhapus tanpa sengaja. Jumpa Rexi lagi nanti ya hanya di website kesayangan kita, ReXdl.co.id. Semoga bermanfaat, stay safe dan Wassalam…

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :