Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Posted on

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Baca Cepat

Apakah kalian merasa laptop kalian lambat atau lemot? Jangan khawatir, karena masih ada beberapa cara mempercepat kinerja laptop yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga gratis. Laptop menjadi lemot karena disebabkan beberapa hal diantaranya spek rendah pada laptop, kapasitas RAM yang tidak mencukupi, virus, kapasitas Harddisk penuh dan berbagai macam masalah lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mempercepat kinerja laptop dan mungkin metode ini dapat kalian lakukan dengan sebaik-baiknya. Agar laptop yang kalian gunakan tidak lemot dan dapat bekerja dengan cepat. Pastikan kalian mengikuti cara-caranya dengan benar. Untuk informasi lebih lanut, silahkan simak artikel dibawah ini.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Kenapa laptop menjadi cepat lemot? Pertanyaan ini sering kali muncul ketika kalian sudah menggunakan laptop tersebut sekitar 3 bulan atau lebih. Padahal pas awal beli, laptopnya dapat berkerja dengan cepat, shut down juga cepat, booting-nya cepat dan membuka aplikasi laptop pun juga cepat. Apalagi orang yang membeli laptop bekas, sudah pasti muncul sebuah penyesalan, mengapa baru digunakan sebentar saja sudah lemot. Tenang, berikut adalah beberapa cara mempercepat kinerja laptop agar tidak lemot lagi.

Hapus File di Recycle Bin

Sampah yang terdapat di Recycle Bin juga bisa menjadi salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lambat. Kalian bisa periksa terlebih dahulu file tersebut, Apabila memang sudah ada yang tidak digunakan, kalian hapus saja file tersebut. Untuk cara penghapusannya cukup mudah kok, kalian tinggal klik kanan yang terdapat pada icon Recycle Bin lalu pilih Empty Recycle Bin. Jika sudah masuk pada Recycle Bin, kalian pilih saja file yang ingin kalian hapus dan sekiranya sudah tidak penting lagi.

Game & App Pilihan :  Cara Mematikan Windows Update

Bersihkan Desktop dan Taskbar

Walaupun tidak banyak berpengaruh, namun langkah yang satu ini juga perlu kalian dicoba. Terkadang dengan menyimpan sebuah file di desktop memang memudahkan dalam pencarian karena langsung menuju pada home page tersebut. Akan tetapi, karena pada dasarnya desktop merupakan penyimpanan di local disk C yang terkadang digunakan untuk sistem. Oleh karena itu, tentu saja juga akan terpengaruh pada performa laptop.

Selain itu, jika file yang berada pada desktop adalah file-file yang berukuran lumayan besar, tentu saja dapat menyebabkan memori di partisi local disk C semakin penuh. Hal yang wajar ketika laptop mengalami lemot karena adanya file tersebut.

Selalu Update Aplikasi dan System Supaya Tidak Ada Bug

Pengembang sebuah aplikasi tentunya melakukan hal maintenance dan selalu memperbarui aplikasi buatannya. Salah satunya yang sering diperbaiki yaitu bug pada aplikasi. Terlalu banyak bug pada plikasi dan tidak mengikuti update terbaru terkadang terdapat kinerja yang tidak maksimal. Maka dari itu, sebaiknya kalian selalu update aplikasi supaya kinerja laptop juga menjadi lebih cepat.

Selain aplikasi, ada beberapa laptop seperti halnya asus dan acer yang terinstal windows 10 akan selalu melakukan update. Alangkah baiknya kalian selalu mengikuti updatenya serta menginstalnya sampai selesai. Entah itu pada windows versi pro, ultimate, home dll. Pastikan juga jika kalian sudah mengecek apa saja yang telah diupdate oleh sistem setiap kali terdapat update.

Namun terkadang dalam beberapa update sistem tersebut justru terjadi kesalahan. Oleh karena itu, saat kalian mengupdate sistem, pastikan untuk diperhatikan secara detail dan seksama supaya hasilnya lebih memuaskan.

Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

Proses multitasking yang sangat berat juga bisa menurunkan kinerja pada laptop. Oleh karena itu, salah satu solusi atau cara mempercepat kinerja laptop dengan tepat yaitu bisa menambah RAM.

Game & App Pilihan :  Cara Transfer Pulsa Indosat

Jangan lupa, pastikan juga untuk selalu mengecek kapasita sebuah Harddisk. Tidak heran apabila kapasitas pada Harddisk terlalu banyak atau penuh dapat menyebabkan laptop kalian menjadi lemot. Alangkah lebih baiknya apabila memiliki Harddisk eksternal untuk berjaga-jaga ketika sewaktu-waktu harddisk internal kalian sudah penuh.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja laptop dengan muda yang dapat kalian lakukan. Apabila laptop kalian sedang lemot, bisa dicoba cara-cara tersebut. Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk

Cara Sharing Printer

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone