Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Posted on

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Apakah kalian termasuk orang yang menggunakan wifi? Saat ini memang banyak sekali orang yang menggunakan wifi karena memiliki banyak manfaat yang diberikan. Wifi kini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dijaman modern. Buktinya saja dalam kehidupan sehari-hari misalnya, saat orang sedang ingin pergi ke kafe, maka yang pertama kali ditanya bukan alamat kafe atau menu makanannya, namun ada tidaknya koneksi wifi. Begitu pentingnya wifi dalam kehidupan, sehingga tak jarang menyebabkan banyak orang yang kecanduan.

Ternyata bukan hanya dicafe, dirumah sendiri pun terkadang masih banyak orang yang menggunakannya. Entah itu karena pekerjaan online, tugas ataupun yang lainnya. Mengapa banyak yang menggunakan wifi? Karena penggunaannya cukup mudah, dapat terkoneksi di area yang lumayan luas tanpa harus menggunakan kabel panjang yang merepotkan. Namun, ketika menggunakan wifi dan koneksinya lambat, bagaimana jadinya? Kalian tak perlu khawatir karena kami akan mengulas tentang cara mempercepat koneksi wifi dengan mudah di bawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi wifi supaya tidak lambat, silahkan kalian simak saja dibawah ini :

Gunakan Password

Agar terhindar dari tetangga nakal yang ingin menumpang menggunakan Wifi secara gratis, maka kalian harus amankan wifi dengan menggunakan password. Pastikan juga jika password kalian telah menggunakan enkripsi WPA2 agar lebih sulit untuk dibobol oleh orang lain.

Muat Ulang Router

Memuat ulang perangkat merupakan cara terkenal yang berfungsi untuk memperbaiki beberapa situasi, salah satunya yaitu untuk mengatasi koneksi Wifi yang lambat. Caranya yaitu kalian cukup mematikan router selama 10-15 detik, lalu menyalakannya kembali. Karena kebanyakan router itu mempunyai sakelar turn off di bagian belakang. Namun kalian juga dapat mencabut adaptor untuk memutus daya dan mematikannya.

Apabila proses memuat ulang telah selesai (silahkan tunggu minimal satu menit), kemudian coba Wifi kembali dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum. Apabila koneksi Wifi tetap tidak menunjukkan perbedaan, maka juga bisa memuat ulang perangkat yang terhubung ke Wifi kalian. Terkadang, perangkat yang terhubung ke Wifi ada yang berpotensi menjadi penyebab masalah pada Wifi. Jadi, kalian dapat mempercepat koneksi WiFi dengan cara memuat ulang perangkat kalain yang terhubung ke WiFi.

Memeriksa Posisi Antena Router

Banyak orang tidak menyadari jika terkadang posisi antena router juga berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Jadi pastikan bahwa posisi router berdiri tegak, tidak miring ke samping kanan maupun kiri. Sehingga router tersebut lebih mudah untuk menangkap sinyal serta menyalurkan sinyal tersebut ke perangkat yang digunakan.

Read  Background Sertifikat

Selain itu, pastikan juga jika kabel router dalam keadaan baik. Jadi, ketika kabel putus atau sobek pada kulit bagian luar, sebaiknya kalian segeralah untuk memperbaiki supaya sinyal internet tidak melemah.

Membuat Antena DIY

Ada beberapa cara DIY yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi, salah satunya yaitu dengan membuat antena dari sebuah kaleng minuman. Caranya mudah kok, cukup potong bagian atas dan bawah kaleng tersebut serta potong kaleng di tengah agar menjadi lembaran metal.

Kemudian jika selesai, silahkan taruh potongan kaleng tersebut di belakang antena router dengan bentuk seperti parabola dan biarkan bagian depannya untuk tetap terbuka. Memang hasilnya tidak begitu drastis, namun cara seperti ini juga berhasil mempercepat koneksi WiFi.

Tempatkan Router di Lokasi yang Optimal

Sebuah router memang tidak terlihat cantik untuk diletakkan disebuah ruangan, akan tetapi jangan sembunyikan router di dalam lemari ataupun dekat jendela tempat masuknya kabel. Mengapa? Supaya kecepatan WiFi juga bisa lebih maksimal. Oleh karena itu, tempatkan yang paling aman yaitu letakkan router di bagian tengah rumah agar sinyalnya dapat menjangkau area sejauh mungkin.

Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik

Terkadang orang salah kaprah menempatkan router mereka di dekat televisi atau telepon, padahal hal tersebut dapat menghambat sinyal WiFi. Jadi, sebaiknya letakkan router sejauh mungkin dari perangkat-perangkat elektronik misalnya TV, monitor, speaker, AC dll.

Sebelum kalian kesal dengan keadaan koneksi internet yang lambat, sebaiknya cari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Apakah itu karena faktor eksternal ataupun internal, jadi kalian tahu cara mempercepat wifi dengan mudah dan dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara terbaik. Semoga ulasan dari kami dapat kalian coba yah, semoga berhasil dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Mengecilkan Size Foto

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone