Tutorial

Cara Menambahkan Voiceover pada Power Point

Rexdl.co.id – Cara Menambahkan Voiceover pada Power Point – Presentasi sudah menjadi hal yang lumrah pada aspek apasaja. Mulai dari pendidikan, bisnis, kesehatan, hingga politik sekalipun, seringkali membutuhkan pangung presentasi untuk melakukan pemaparan. Namun apa jadinya ketika presentasi yang dilakukan tidak ada orang yang menyampaikannya.

Cara Menambahkan Voiceover pada Power Point

Sekarang ini, memungkinkan untuk mempresentasikan di PowerPoint tanpa berdiri di depan audiens. Ini dapat dilakukan jika pengguna menambahkan voiceover pada PowerPoint secara langsung dengan memanfaatkan fitur yang tersedia. Tidak sulit untuk melakukannya. Artikel ini membahas cara melakukan voiceover di PowerPoint melalui langkah-langkah sederhana dan mudah.

Cara Menambahkan voiceover pada Power Point

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menambahkan audio ke PowerPoint di PowerPoint. Langkah-langkahnya mudah diikuti. Selain itu, semua langkah mengikuti serupa tetapi dengan perbedaan kecil di beberapa versi PowerPoint.

1. Buka File PowerPoint

Buka dokumen yang ingin Anda tambahkan voice over ke PowerPoint. Buka opsi “Sisipkan” > “Audio”, dan menu tarik-turun akan muncul setelah itu. Kemudian, Anda dapat memilih “Rekam Audio”.

2. Rekam Audio

Jendela baru akan muncul setelah mengklik tombol ini. Anda akan diberikan jendela untuk mengetikkan nama audio yang direkam itu. Selain itu, ada tiga ikon untuk membantu Anda merekam audio. Di sisi paling kanan adalah ikon berbentuk lingkaran, dan klik di atasnya untuk mulai merekam audio. Ikon di tengah adalah untuk menghentikan perekaman, sedangkan ikon paling kiri dimaksudkan untuk pemutaran dan pratinjau rekaman.

Alternatifnya, jika Anda menggunakan versi PowerPoint 2010/2013, Anda juga dapat memilih “Clip Art Audio” atau “Online Audio” untuk menyisipkan audio dari rekaman suara Clip Art. Terlebih lagi, Anda juga dapat menambahkan audio yang sudah Anda rekam. Untuk itu, Anda hanya perlu memilih opsi “Audio on My PC”, lalu klik “Insert”. Selain itu, ikon “Format” dan “Putar” akan ditampilkan di bilah navigasi atas program. Klik “Playback” untuk menyesuaikan cara file audio diputar.

3. Putar Audio

Setelah merekam audio, Anda dapat mengklik “OK”, dan sulih suara akan ditambahkan ke file PowerPoint Anda. Sekarang Anda dapat memutar audio.

Penutup

Nah itulah tadi cara menambahkan voiceover pada powerpointt. Hal ini tentunya sangat bagus bagi Anda yang memang enggan untuk berbicara di depan umum. Namun sekali lagi, voiceover hanya digunakan untuk presentasi, ketika ada pertanyaan, maka penyaji yang harus menjawabnya secara langsung.

Semoga tips kali ini bermanfaat. Nantikan artikel lainnya pada pembahasan selanjutnya.

Related Articles

Back to top button