Cara Mengaktifkan Nomor yang Diblokir Gampang dan Cepat

Posted on

ReXdl.co.idPernahkah sobat ReXlover mengalami permasalahan kartu SIM terblokir. Sehingga sobat berusaha untuk mencari tahu cara mengaktifkan nomor yang diblokir. Nah, kebetulan sekali karena Rexi juga memiliki cara untuk mengaktifkan nomor yang telah terblokir.

Adapun beberapa penyebab nomor terblokir adalah karena lupa mengisi pulsa sehingga diblokir oleh operator. Atau data yang diisi tidak valid yang menyebabkan operator mengambil tindakan dengan memblokir nomor sobat.

 

 

Ciri-ciri Kartu SIM Diblokir

Ada beberapa ciri-ciri kartu SIM diblokir yang harus sobat ketahui sebelum kamu mencari tahu bagaimana cara mengaktifkannya lagi. Berikut ini adalah ciri-cirinya :

  1. Tidak dapat digunakan melakukan panggilan telepon.
  2. Tidak dapat digunakan mengirim pesan.
  3. Tidak dapat menerima panggilan telepon.
  4. Tidak dapat menerima pesan SMS.
  5. Kartu SIM tidak dapat terbaca.
  6. Signal hilang dan ditandai dengan tanda X.

 

Cara Mengembalikan Kartu SIM yang Terblokir Permanen

Sebenarnya ada banyak cara mengaktifkan nomor yang diblokir, dan caranya disesuaikan dengan penyebabnya. Karena seperti yang sudah sobat tahu, ada beberapa penyebab yang membuat karti SIM terblokir.

Seperti tidak melakukan registrasi dengan benar, salah memasukkan pin PUK hingga diblokir oleh operator karena habis masa tenggangnya.

Berikut ini Rexi sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu gunakan :

 

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Karena Tidak Registrasi

Pemerintah sudah menurunkan peraturan mengenai registrasi yang mewajibkan semua pengguna kartu SIM untuk mendaftarkan data diri lengkap dan benar. Dengan menggunakan Kartu Tanda Pengenal hingga Kartu Keluarga.

Apabila kamu tidak memasukkan data dengan benar maka kartu SIM kamu akan diblokir oleh operator. Nah, cara untuk mengaktifkannya adalah dengan menggunakan cara di bawah ini.

Kunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Cara pertama adalah dengan datang ke layanan operator telepon yang sobat gunakan. Pastinya agar kamu pun bisa kembali mengaktifkan Kartu SIM yang kamu gunakan. Setiap kota biasanya memiliki pusat layanan operator sepert GraPARI untuk Telkomsel, XL Center untuk XL dan Galeri Indosat untuk pengguna Indosat.

Menghubungi Call Center Layanan Operator Seluler

Menghubungi Call Center dari Layanan Operator Seluler untuk mengaktifkan kartu SIM atau dijadikan sebagai cara mengaktifkan kartu im3 yang terblokir. Menjadi salah satu cara alternatif lainnya loh.

Kamu bisa menghubungi Call Center dan meminta bantuan dari Customer Care yang sudah sangat ahli dan berpengalaman. Cara ini pun bisa kamu lakukan jika tempat tingalmu jauh dari Pusat Layanan Operator.

Game & App Pilihan :  Kode Redeem ML Terupdate + Terbaru Hari Ini [Januari 2021]

Berikut ini adalah nomor Call Center setiap operator. Pilih saja sesuai dengan operator yang sobat gunakan ya.

 

Operator Seluler Call Center
Telkomsel 188
Indosat 185
XL 817
Tri 132
Axis 838
Smartfren 888

 

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Karena Salah Memasukkan PIN

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya jika salah memasukkan PIN kartu SIM juga dapat menyebabkan kartu kamu terblokir oleh operator. Maka cara mengaktifkan kartu telkomsel yang terblokir karena salah pin dan juga operator lainnya adalah dengan menggunakan nomor PUK.

Nomor PUK sendiri merupakan Personal Unblocking Key. Dan merupakan nomor kode yang biasanya diberikan pada kartu SIM kamu. Bagaimana cara mendapatkan PUK dan mengaktifkan kembali kartu SIM kamu? Berikut ini Rexi juga sudah merangkum caranya.

Mengunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Cara yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan mengunjungi pusat layanan operator terdekat di kota kamu. Siapkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga sebelum pergi ke sana.

Di sana kamu akan dibantu untuk mencari tahu kode PUK dan mengaktifkan kembali kartu SIM kamu dan mengaktifkannya kembali.

Hubungi Call Center

Tidak semua kota memiliki Pusat Layana Operator Seluler atau bahkan jika ada tapi jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal kamu. Maka kamu pun bisa menggunakan cara lain yakni dengan menghubungi Call Center di nomor yang tadi sudah kami berikan di atas.

Customer Care akan membantu kamu menyelesaikan masalah dan jangan lupa untuk menyiapkan Kartu Tanda Penduduk beserta dengan Kartu Keluarga. Kalau kalau dibutuhkan ya.

Lihat Nomor PUK di Kerangka Pembungkus Kartu SIM

Cara mengetahui kode puk kartu 3 yang terblokir atau operator lainnya juga bisa kamu lakukan dengan memeriksa kerangka pembungkus Kartu SIM. Karena biasanya kode PUK dicantumkan pada kerangka Kartu SIM.

Jadi coba deh, kamu cek lagi apakah masih ada. Jika masih ada, kamu bisa memasukkan kode PUK dan mengikuti semua petunjuk yang diberikan. Sehingga sobat pun bisa kembali mengaktifkan kartu SIM yang sudah diblokir.

Lihat PUK di Aplikasi Provider

Di zaman serba canggih ini, setiap provider pasti memiliki aplikasi seperti Telkomsel misalnya yang memiliki aplikasi My Telkomsel. Dari aplikasi ini kamu bisa memeriksa setiap detil informasi kartu SIM kamu termasuk kode PUK.

Akan tetapi setahu Rexi hanya Telkomsel dan XL saja yang memiliki fitur untuk memungkinkan kamu melihat kode PUK. Sedangkan beberapa provider lain seperti bima+ untuk Karti 3 dan lainnya masih belum memiliki fitur ini.

Game & App Pilihan :  Mengenal Pengertian Sistem Informasi  untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Cara melihat kode PUK di aplikasi MyXL misalnya yang Rexi jadikan contoh :

  1. Buka aplikasinya.
  2. Masuk ke Menu
  3. Lihat PUK.
  4. Masukkan 19 digit nomor ICCID yang bisa kamu lihat di bawah kartu SIM XL yang sobat gunakan.
  5. Klik Lihat PUK.
  6. Maka akan muncul nomor kode PUK yang kamu miliki.

 

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Karena Masa Tenggang

Penyebab terakhir yang paling sering menjadi penyebab kartu SIM terblokir adalah karena masuk masa tenggang dan tidak mengisi pulsa hingga masa tenggang habis. Hal ini sih, memang sering terjadi terutama jika kamu jarang menggunakan kartu SIM kamu dan mengisi pulsa.

Jika pada permalasahan sebelumnya, ada beberapa cara atau alternatif yang bisa sobat coba. Namun berbeda pada cara mengaktifkan kartu yang terblokir telkomsel karena tidak isi pulsa atau operator lainnya. Sebab sobat hanya bisa mengunjungi Layanan Operator Seluler saja sebagai satu-satunya cara.

Apabila kamu ingin mengaktifkan kembali kartu SIM yang terblokir akibat lupa mengisi pulsa hanyalah dengan datang ke Pusat Layanan Operator. Dan tidak ada cara lain.

Oleh sebab itu, sobat harus terus mengisi pulsa agar kartu SIM tidak memasuki masa tenggang apalagi hingga terblokir. Sebab cara untuk mengaktifkannya hanyalah dengan satu cara dan tidak ada alternatif cara yang lainnya loh.

 

Penutup

Jadi sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu SIM yang terblokir dengan berbagai cara yang sudah Rexi berikan. Selain itu sobat juga harus mengetahui apa saja penyebab yang membuat kartu SIM terblokir. Sehingga sobat bisa memilih cara yang paling tepat untuk mengaktifkannya kembali.

Apalagi jika nomor tersebut merupakan nomor penting, seperti nomor untuk bisnis dan lainnya. Sehingga nomor tersebut tidak boleh hangus atau terblokir.

Semoga cara mengaktifkan nomor yang diblokir yang sudah Rexi hadirkan untuk sobat semua bermanfaat. Dan sampai jumpa pada ulasan keren lainnya di ReXdl.co.id lainnya. Wassalam….

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :