Cara Mengatasi Laptop Lemot

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Contents

Hampir semua orang tidak tahan apabila laptop / PC yang mereka gunakan lemot, apalagi sedang dibutuhkan untuk tugas maupun kerjaan. Dan lebih parahnya lagi apabila tugas atau kerjaan kalian harus diselesaikan dalam waktu yang dekat, hal tersebut akan menjadi sebuah masalah karena laptop yang kalian andalkan malah lemot. Intinya, laptop lemot itu akan membuat diri kita sendiri jengkel.

Ingin performa laptop kalian tetap ngebut tanpa lemot? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kalian coba untuk langsung dipraktekkan di laptop / PC masing-masing. Caranya pun cukup mudah, namun sebelum membahas caranya, alangkah baiknya kalian juga ketahui salah satu penyebab laptop lemot terlebih dahulu dibawah ini :

  • Terlalu banyak startup programs atau software yang berjalan di background secara otomatis saat kalian sedang menyalakan laptop. Semakin banyak software, maka semakin lambat juga laptop saat booting.
  • Harddisk penuh data para penggunanya. Seorang pakar mengatakan bahwa harddisk yang penuh hingga 95% juga akan memperlambat laptop hingga 50%.
  • Dengan menjalankan terlalu banyak software dalam satu waktu dapat membebani kinerja RAM. Apalagi jika multitasking software berat seperti Photoshop dan Premiere misalnya pada RAM 4GB.
  • Walau software tersebut ampuh menghilangkan virus, namun antivirus yang berjalan terlalu aktif di background tentu akan memperlambat kinerja harddisk sekaligus laptop.
  • Terlalu banyak tab yang dibuka pada browser ternyata juga cukup menguras RAM pada laptop, apalagi jika situs yang dibuka tersebut memiliki fitur auto-refresh.
  • Semakin tua tipe Harddisk tentu juga akan memengaruhi performa laptop secara keseluruhan.
  • Kapasitas RAM yang terlalu kecil juga menjadi salah satu sebabnya, karena laptop dengan harga terjangkau paling besar RAM yang digunakan sekitar antara 2 hingga 4GB saja.
  • Browser yang ter-install banyak add-ons, misalnya AdBlocker, Internet Download Manager dll. Secara tidak sadar, browser juga menjadi terbebani dan memperlambat laptop pada saat internetan.
  • Laptop sedang diserang virus yang bisa saja memperlambat atau juga merusak laptop. Oleh karena itu, kalian semua harus waspada terhadap berbagai file yang mencurigakan, baik itu online maupun offline.
  • Jarang untuk melakukan update sistem operasi, baik pengguna Windows maupun MacOS. Jadi, apabila kalian selalu update OS, hal tersebut akan memperbaiki kekurangan yang menyebabkan laptop kalian menjadi lemot.
Game & App Pilihan :  21+ Situs Nonton Film Online Sub Indo Gratis Update Link Terbaru

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ada beberapa cara untuk mengatasi laptop lemot, seperti dibawah ini :

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Terkadang kalian terlalu sering mengunduh / download aplikasi yang jarang digunakan, tanpa disadari aplikasi tersebut juga memakan banyak tempat di harddisk. Namun jangan khawatir, kalian bisa melihat apa saja aplikasi yang ada di laptop dan ukurannya, silahkan bisa langsung ke Control Panel >> Programs >> Programs and Features.

Nah setelah kalian tahu aplikasi apa saja yang ada dilaptop kalian, maka bisa kalian pilih mana saja aplikasi yang tidak penting untuk digunakan dan langsung aja di uninstall.

Upgrade RAM

Dengan lebih banyak memori, maka akan membuat laptop kalian lebih kencang ketika beroperasi sehari-hari. Apabila kalian merasa laptop sudah semakin lemot, cobalah untuk mengganti RAM yang berukuran lebih besar sesuai dengan kebutuhan kalian sehari-hari.

Ganti Pengaturan Baterai

Apabila kalian ingin menghemat baterai dan juga listrik, hal seperti ini tentu bukanlah pilihan yang tepat, akan tapi bisa meningkatkan performa laptop kalian dengan instan. Caranya mudah kok cukup masuk ke Control Panel >> System and Security >> Power Options.

Setelah itu kalian bisa klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan “additional plans” lalu pilih opsi High Performance.

Bersihkan Disk

Disk Cleanup adalah utility yang dapat membantu kalian untuk menghapus file-file yang tidak diinginkan seperti file sementara, file installer, halaman web offline dll. Cara mengaksesnya cukup kalian buka menu Start, kemudian klik Disk Cleanup.

Batasi Aplikasi Saat Startup

Pada saat kalian sedang mengjidupkan laptop kemudian lemot, hal tersebut juga karena beberapa aplikasi yang selalu menjalankan proses terpisah saat laptop dihidupkan. Silahkan kalian bisa buka Task Manager dan klik tab Startup, untuk membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat startup. Kalian bukan hanya bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup, namun juga bagaimana dampaknya terhadap performa laptop.

Game & App Pilihan :  Download dan Aktivasi Office 2010 Toolkit Gratis dan Permanen

Cek Virus dan Spyware

Virus, spyware dan juga malware bukan hanya berbahaya untuk keamanan tetapi juga bisa membuat kinerja laptop kalian menjadi lemot loh. Oleh karena itu, silahkan kalian instal aplikasi antivirus yang terpercaya atau bisa gunakan Windows Defender yang sudah terpasang untuk mengecek apabila laptop kalian sedang terkena virus dan untuk melindunginya setiap saat.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang dapat kalian ketahui. Silahkan bisa kalian coba untuk dipraktekkan, semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik kalian dan juga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Membuat Titik Daftar Isi

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Cara Membuat Grafik di Word

Admin Rexdl.co.id Hanya Pecinta Aplikasi Smartphone