Cara Mengecilkan Size Foto

Posted on

Cara Mengecilkan Size Foto

Baca Cepat

Di jaman yang serba modern ini, mengunggah foto di berbagai media sosial merupakan hal yang biasa dilakukan oleh berbagai kalangan. Para pengguna internet gemar sekali untuk upload foto di path, instagram, facebook ataupun blog, bisa juga menjadi salah satu rutinitas yang sering dilakukan. Namun, terkadang ukuran file foto yang ingin diunggah melebihi kapasitas yang diberikan media sosial alias terlalu besar.

Apabila ukuran foto terlalu besar, hal tersebut akan membuat proses pengunggahan semakin lama apabila koneksi internet yang di gunakan juga lambat. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mengecilkan size foto tersebut sebelum kalian mengunggahnya kembali di media sosial ataupun diblog.

Sebenarnya untuk mengecilkan ukuran foto terbilang sangat mudah, juga tak sesulit apa yang kalian bayangkan kok. Karena perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat dan maju, sudah tersedia berbagai pilihan cara untuk mengecilkan ukuran file foto agar bisa kalian upload. Akan tetapi, terkadang kualitas foto ikut berkurang karena sudah diperkecil, sehingga menjadi kurang tajam.

Berikut adalah beberapa ulasan tetang cara mengecikan ukuran foto untuk mempermudah kalian dalam mengupload. Ada beberapa cara yang dapat kalain lakukan. Oleh karena itu, silahkan simak terus artikel berikut ini.

Cara Mengecilkan Size Foto

Menggunakan Paint

Untuk mengecilkan ukuran foto, kalian juga bisa memakai laptop ataupun komputer windows. Ada salah satu software bawaan windows yaitu Paint dan software ini juga bisa kalian gunakan untuk mengecilkan ukuran file foto dengan mudah tanpa harus menginstal software tersebut. Karena file ini sudah tersedia secara otomatis di windows.

Game & App Pilihan :  Cara Membuat Channel Youtube Mudah di Android Untuk Pemula

Menggunakan Photo Resizer

Software Photo Resizer yang gratis untuk Windows ini juga terbilang memiliki fitur yang lebih mudah dan userfriendly. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu donwload Aplikasi Photo Resizer di Playstore.
  2. Kemudian jalankan aplikasinya
  3. Setelah itu, pada halaman awal akan tersedia menu pilihan foto yang akan dikecilkan.
  4. Silahkan pilih foto atau gambar yang akan kalian kecilkan.
  5. Untuk ukuran foto kalian bisa pilih sesuai yang di inginkan 024×768, 800×600, 640×480 atau 480×320.
  6. Apabila tidak ada, kalian bisa menggunakan menu customisize untuk menentukan ukuran terbaik.

Menggunakan Adobe Photoshop

Apabila kalian ingin mengecilkan ukuran foto menjadi kecil dan juga hasil tetap bagus lewat laptop ataupun komputer yaitu dengan memakai software Adobe Photoshop. Memang cara ini mengkin agak sedikit ribet, karena hal yang harus kalian lakukan terlebih dahulu yaitu harus mendownload Adobe Photoshop kemudian menginstalnya di Windows ataupun Mac OS yang kalian miliki.

Nah setelah selesai, kalian baru bisa compress atau merubah ukuran foto menjadi lebih kecil. Walaupun caranya agak sedikit ribet, namun hasilnya dijamin tiak mengecewakan alias akan lebih bagus dari pada cara-cara yang lainnya.

Menggunakan Photo Compress

Bagi kalian yang tidak ingin ribet untuk mengecilkan size foto, silahkan bisa download salah satu aplikasi yaitu compressjpeg.com atau Photo Compress. Simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Hal pertama yang harus kalian yaitu dengan mendownload Aplikasi Photo Compress di Playstore.
  2. Kemudian jalankan aplikasi tersebut dan pilih menu galery.
  3. Silahkan kalian pilih Foto mana yang akan di compress.
  4. Setelah itu foto dipilih lalu tap compress.
  5. Untuk melihat hasilnya, kalian bisa melihat hasil ukuran foto apabila telah di compress.
  6. Dalam aplikasi tersebut juga tersedia berbagai menu edit foto lainnya.
Game & App Pilihan :  Setel APN Telkomsel - 3G/4G Tercepat dan Stabil + Gratis (Setting)

Smartphone iOS / Apple

Bagi kalian nih para pengguna pengguna smartphone iOS seperti Apple iPhone 5, Iphone 6 maupun iPhone yang terbaru. Jika ingin mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil ukurannya, maka cara ini juga terbilang lebih direkomendasikan. Karena kalian hanya mencari aplikasi Image Size di APP Store kemudian menginstalnya.

Jika selesai, maka kalian sudah bisa mengubah ukuran file foto sesuai dengan yang kalian inginkan menggunakan aplikasi tersebut dan aplikasi ini bisa kalian unduh secara gratis tanpa membayar apapun.

Bagiamana? Cukup mudah bukan cara mengecikan size foto? Apabila kalian tertarik, silahkan bisa dicoba cara-cara yang telah kami rekomendasikan. Semoga berhasil dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Cara Membuat Titik Daftar Isi