Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Photoshop

Posted on

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Photoshop

ReXdl.co.id – Cara mengecilkan ukuran foto di Photoshop sebenarnya cukup mudah, namun sayangnya masih belum banyak yang tahu caranya. Untuk itu di sini kita hadir untuk membagikan tutorial dan mengenal lebih jauh mengenai Photoshop.

Pasti sebagian besar dari kalian sudah tahu atau bahkan sudah pernah mendengar istilah Photoshop. Tapi di sini untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai Photoshop sebelum kita beralih ke cara mengecilkan foto dengan aplikasi ini.

 

Adobe Photoshop Adalah

Adobe Photoshop atau sobat biasa menyebutnya dengan nama Photoshop merupakan salah satu software edit gambar atau bitmap yang dirilis dan juga dikembangkan oleh Adobe System sebagai developer.

Adobe Photoshop bisa digunakan di hampir semua sistem operasi mulai dari operasi Windows dan juga pada Mac OS. Sedangkan jika ingin menggunakan Photoshop di operasi Linux, maka sobat bisa menambahkan software tambahana seperti Wine atau CroseOver.

 

Fungsi Adobe Photoshop

Sofrware ini sendiri memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit dan mempercantik foto. Berikut ini adalah beberapa kegunaan yang dimiliki oleh Photoshop :

1.) Dapat digunakan untuk menggabungkan 2 gamba atau lebih menjadi satu gambar yang baru.

2.) Dapat digunakan untuk menghapus objek yang ada di dalam gambar.

3.) Bisa digunakan untuk memberikan atau mengubah warna pada gambar.

4.) Bisa digunakan untuk mempertajam kualitas warna pada gambar.

5.) Dapat digunakan untuk membersihkan mau pun mempercantik gambar.

6.) Dapat digunakan untuk membuat efek blur pada gambar.

7.) Dapat digunakan untuk meningkatkan intensitas cahaya yang ada pada gambar agar terlihat lebih terang.

8.) Dapat digunakan untuk memangkas gambar.

9.) Dapat digunakan untuk mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil atau menjadi lebih besar.

 

Fitur yang Ada di Adobe Photoshop

Bisa dibilang aplikasi Photoshop mempunyai berbagai macam bagian terpenting dengan fungsinya sendiri. Berikut ini adalah beberapa fitur yang yang ada pada aplikasi Photoshop :

1.) Layer

Layer merupakan fitur yang memiliki fungsi sebagai kanvas yang biasa digunakan untuk mendesain gambar. Pada aplikasi Photoshop ini, sobat bisa menggunakan lebih dari satu layer.

Dengan menggunakan banyak lapisan, pada setiap desain di satu tingkat tidak akan mempengaruhi desain yang ada di tingkatan lainnya. Semua desain yang ada di lapisan yang ada bisa digabungkan menjadi satu, pada satu gambar yang baru.

2.) Tool

Tool sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mendesain dan juga mengedit gambar.

3.) Menu

Menu merupakan kotak utama yang menjadi tempat bagi semua alat yang ada pada aplikasi ini. Menu Utama yang terdapat pada Photoshop antara lain : File, Edit, Gambar, Filter, 3D, Analisis, Layer, Bantuan, Tampilan dan Jendela.

Game & App Pilihan :  Regedit Pro Apk FF Free Download Cheat Auto Headshot

4.) Toolbox

Sementara Toolbox merupakan tempat khusus yang digunakan untuk meletakkan setiap alat alat penting yang disediakan. Alat alat ini berfungsi untuk mempermudah proses editing foto.

 

Kelebihan Aplikasi Adobe PhotoShop

1.) Memberikan hasil gambar editing yang memuaskan dan berkualitas.

2.) Setiap tools yang ada pada aplikasi ini terbilang mudah untuk digunakan atau dioperasikan.

3.) Memiliki banyak sekali tools unggulan.

4.) Bisa digunakan untuk mengedit foto dengan menggunakan efek yang dibutuhkan. Bisa dibilang Photoshop menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat efek gambar yang berbeda dengan yang lainnya.

5.) Bisa digunakan untuk mengedit mau pun mendesain gambar.

6.) Bisa digunakan untuk memproses materi web, sehingga bagi sobat yang mempunyai jaringan internet dan ingin memproses sebuah foto namun sayangnya ukuran foto terlalu besar. Maka sobat bisa memanfaatkan aplikasi ini ya.

7.) Aplikasi Photoshop terbilang sangat familiar dan banyak digunakan sehingga tutorial menggunakan Photoshop mudah didapatkan.

8.) Memiliki edit opsi yang terbilang sangat lengkap.

9.) Bisa digunakan untuk teknik fotografi sebah di aplikasi ini sobat akan bisa sangat bebas mengekspresikan foto asli yang sobat buat untuk diubah menjadi lebih menarik dan lebih unik.

10.) Bisa digunakan untuk menambahkan lebih banyak efek.

11.) Mendukung berbagai macam format yang bisa digunakan atau disimpan, mulai dari PSD, PNG hingga JPEG.

12.) Memiliki kinerja yang terbilang lebih cepat.

 

Kekurangan Aplikasi Adobe PhotoShop

1.) Terkadang jumlah layer yang digunakan pada saat mengedit membuat pengguna merasa kebingungan.

2.) Aplikasi Photoshop kurang cocok digunakan untuk mengedit atau membuat majalah dan brosur sebab hasilnya tidak akan bisa sempurna saat membuat paragraf.

3.) Jika sobat menggunakan terlalu banyak layer maka ukuran gambar yang dihasilkan akan terlalu besar.

4.) Saat hasilnya sudah selesai dan hendak dicetak biasanya akan menyulitkan pemilihan kertas yang bisa disesuaikan.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Bantuan Photoshop

Untuk mengecilkan foto dengan bantuan Photoshop sebenarnya sangat mudah dilakukan, hanya membutuhkan latihan dan pastinya harus tahu juga cara menggunakan photoshop dengan benar.

Nah, di sini kita akan memberikan cara mengecilkan foto tanpa harus mengurangi kualitasnya dengan bantuan aplikasi Photoshop. Tapi pastikan jika sobat sudah memiliki aplikasi Photoshop di perangkat PC atau Laptop yang sobat miliki ya.

1.) Langkah pertama adalah dengan membuka software Adobe Photoshop yang ada di perangkat sobat kemudian pilihlah menu Open File lantas tekan tombol Ctrl + O. Lau pilihlah foto yang hendak sobat kecilkan ukurannya.

2.) Jika foto telah terbuka maka sobat bisa memilih menu Image kemudian Image size, atau bisa juga dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + I.

3.) Kemudian sobat akan melihat kotak dialog Image Size yang dimunculkan, kemudian untuk memperkecil ukuran foto yang harus sobat lakukan adalah dengan mengubah salah satu antaa Width atau Lebar, dan Height atau Tinggi yang ada pada foto tersebut di bagian Pixel Dimension. Kemudian ubahlah menjadi 720 di bagian Width nya ya, maka ukuran Height pun akan terhitung juga secara otomatis.

Game & App Pilihan :  Vidmate - Latest 4.2504

4.) Apabila sudah, maka sobat bisa langsung simpan ulang foto tersebut caranya dengan menekan File kemudian pilih Save As. Atau sobat juga bisa langsung klik kombinasi tombol Shift + Ctrl + S secara bersamaan.

5.) Di bagian Quality, sobat juga dapat mengurangi ukuran file nya agar menjadi lebih kecil lagi. Namun hal ini tidak akan mempengaruhi kualitas atau ketajaman dari foto tersebut. Sehingga sobat boleh mengurangi atau tidak mengurangi nilai Quality nya ya, artinya pilihan ini hanyalah opsional saja, sesuai dengan kebutuhan.

6.) Jika semua langkah di atas sudah sobat lakukan dengan benar, maka artinya sobat pun sudah berhasil mengubah ukuran foto tersebut tanpa harus mengurangi kualitas fotonya ya.

Akhir Kata

Benar kan, cara menggunakan aplikasi ini tidaklah sulit asal sobat mau mempelajarinya dan yang paling penting menyimak ulasan kami dari awal hingga akhir ulasan. dan biasanya banyak yang mencari panduan seperti yang kami jelaskan , semisal dengan kata pencarian dibawah ini :

cara mengecilkan ukuran foto di photoshop
cara mengecilkan ukuran kb foto di photoshop
cara mengecilkan ukuran foto di photoshop cs6
mengecilkan ukuran foto di photoshop
cara mengecilkan ukuran file foto di photoshop
cara mengecilkan ukuran foto di adobe photoshop
cara mengecilkan ukuran foto di photoshop cs3
cara mengecilkan ukuran mb foto di photoshop
cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb di photoshop
cara mengecilkan ukuran foto 200kb di photoshop
cara mengecilkan ukuran foto menjadi 100kb di photoshop
cara mengecilkan ukuran size foto di photoshop
bagaimana cara mengecilkan ukuran foto di photoshop
cara mengecilkan ukuran foto di photoshop cs2
cara mengecilkan ukuran file foto di photoshop cs3
mengecilkan ukuran foto di photoshop tanpa pecah
cara mengecilkan ukuran foto jpg di photoshop
cara mengecilkan ukuran foto tanpa pecah di photoshop
cara mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas di photoshop

Demikian cara mengecilkan ukuran foto di Photoshop yang sudah kami bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk mengedit foto dan gambar dengan menggunakan aplikasi ini.

 

Rekomendasi Aplikasi dan Game Keren Lainnya :