Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

Posted on

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

ReXdl.co.id – Terkadang tanpa sengaja kita menghapus folder atau file penting yang sangat dibutuhkan. Sementara butuh waktu lama untuk membuatnya kembali atau bahkan kita sendiri tidak bisa membuatnya.

Sesuai dengan judulnya pastilah sobat ReXlover yang mampir ke website ini sedang mencari cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Laptop kan? Ya, karena pada kesempatan kali ini Rexi akan membahas mengenai masalah hilangnya file penting di Laptop atau PC yang pastilah sangat menyebalkan.

Sehingga mau tidak mau kita harus bisa mendapatkan file tersebut kembali dengan selamat di perangkat PC atau Laptop kita. Namun tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada kok cara mengembalikan file yang sudah terhapus. Caranya pun cukup mudah loh.

Tidak membutuhkan keahlian khusus atau pun teknologi canggih untuk mengembalikan file penting sobat yang terlanjut hilang atau terhapus. Karena kamu hanya membutuhkan dua hal. Tekad dan kemauan untuk membaca serta memahami ulasan yang sudah Rexi sediakan di bawah ini.

Agar sobat bisa mengembalikan file penting sobat dengan segera. Cara di bawah ini pun cukup mudah untuk dipahami karena akan disertai dengan gambar. Pastinya akan lebih mudah bagi sobat memahami dan mempelajari setiap langkah yang Rexi berikan di bawah ini.

Ada dua cara yang bisa sobat coba, yang pertama dengan menggunakan aplikasi dan yang kedua tanpa menggunakan bantuan aplikasi.

 

 

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

Rexi sendiri memiliki rekomendasi software atau aplikasi yang dianggap sebagai software paling ampuh untuk sobat gunakan sebagai cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10. Software yang Rexi maksud yakni PC Inspector File Recovery.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh software atau aplikasi ini adalah. Kamu bisa menggunakan software rekomendasi dari Rexi ini untuk mengembalikan file yang terhapus. Terutama jika file tersebut tidak ada pada recycle bin.

Memang sih, ada banyak software mau pun aplikasi sejenis yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus. Akan tetapi software ini, merupakan salah satu software terbaik yang sangat recommended untuk sobat coba.

 

Cara Instalasi PC Inspector File Recovery

 

Game & App Pilihan :  Kode Redeem ML Terupdate + Terbaru Hari Ini [Januari 2021]

 

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Hardisk

Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengembalikan file kamu yang terlanjur terhapus dengan menggunakan bantuan software adalah seperti di bawah ini :

  1. Langkah pertama pastilah kamu harus memiliki aplikasi PC Inspector File Recovery, jika belum memilikinya kamu bisa download terlebih dahulu dan install ya.
  2. Kemudian jalankan aplikasinya lalu pilih menu file. Lanjutkan dengan memilih submenu drive (CTRL + O).
  3. Apabila muncul jendela baru seperti gambar yang ada di bawah ini :

  1. Kamu pilih saja partisi yang hendak kamu restore atau file yang terhapus untuk dikembalikan dengan cara klik icon ceklis.
  2. Jika muncul tampilan berikutnya, cari saja folder for deleted. Di folder inilah semua file yang terhapus bisa kamu temukan.
  3. Klik kanan pada file tersebut lalu pilih save to dan pilih saja directory penyimpanan yang kamu kehendaki untuk mengembalikan file tersebut.

 

 

Jika menurut sobat cara di atas cukup ribet karena sobat harus menggunakan software dan menginstallnya terlebih dahulu di PC atau Laptop. Maka sobat bisa mencoba cara lain. Karena sobat juga bisa mengembalikan file yang terhapus secara manual. Alias tanpa bantuan dari software mau pun aplikasi seperti cara di atas.

Cara ini memanfaatkan fitur bawaan yang dimiliki oleh windows. Cara ini pun tidak hanya bisa digunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows loh. Rexi sendiri sudah beberapa kali membuktikan cara ini dan mengembalikan file yang tidak masuk pada recycle bin.

 

 

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Tanpa Aplikasi

Cara ini bisa menjadi alternatif bagi sobat yang terlalu malas untuk mengunduh dan menginstall aplikasi atau software di perangkat PC atau Laptop sobat. Maka kamu bisa mencoba cara ini untuk mengembalikan file file penting sobat yang terlanjut hilang.

Berikut ini adalah langkah-langkah pengembalian file sobat yang hilang tanpa menggunakan aplikasi :

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka direktori folder yang tidak sengaja sudah kamu hapus filenya. Contoh : Data D/Gambar.
  2. Klik kanan di folder Gambar selanjutnya. Lalu kamu pun bisa memilih opsi Restore previous versions
  3. Selanjutnya akan terlihat windows, contohnya seperti gambar yang ada di bawah ini :

  1. Kemudian kamu tinggal klik tab previous versions.
  2. Lanjutkan dengan memilih folder berdasarkan dengan tanggal penghapusan yang sudah sobat lakukan sebelumnya. Dan klik saja tombol restore untuk mengembalikan file tersebut.
  3. Maka akan terlihat pesan konfirmasi untuk memberikan izin pada kamu. Jika kamu setuju maka kamu tinggal klik tombol restore sekali lagi.
  4. Biasanya akan membutuhkan waktu beberapa saat, tergantung ukuran dari file yang kamu hapus sebesar apa.
  5. Apabila sudah selesai maka folder yang telah kamu hapus tadi sudah kembali ke tempat semula.
Game & App Pilihan :  Stick War Legacy Apk

 

 

Penutup

Sebenarnya cara mengembalikan file hp yang terhapus di Laptop cukup mudah kok. Asalkan sobat mau menyimak setiap cara dan langkah yang sudah Rexi berikan di atas, dijamin sobat akan bisa mendapatkan file yang terhapus kembali.

Apalagi jika file tersebut sangatlah penting dan membutuhkan waktu lama untuk mengerjakankannya ulang. Sementara sobat sudah kehabisan waktu. Maka sobat bisa menggunakan cara yang sudah Rexi bagikan di atas.

Cara di atas sudah terbukti ampuh karena Rexi sendiri sudah mencobanya sebelum membagikannya pada sobat.

Nah, jadi itulah tadi beberapa tips bagaimana cara mengembalikan file file yang sudah terhapus secara permanen di komputer. Baik dengan menggunakan aplikasi atau software terbaik yang pernah Rexi coba.

Atau pun tanpa menggunakan apliksi jika sobat merasa kesulitan jika harus mengunduh dan menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Selain itu Rexi peringatkan ya, bahwa ada file yang bisa sobat temukan dan kembalikan seperti sedia kala. Namun ada kalanya terdapat pula file yang tidak bisa sobat temukan apalagi sobat kembalikan.

Dan beberapa file juga ada yang bisa dikembalikan namun dengan keadaan yang berbeda. Misalnya saja file sudah rusak, file tidak dapat terbaca dan lain sebagainya. Jadi bersiaplah dengan segala kemungkinan yang ada.

Ada baiknya jika sobat bisa selalu bersiap dengan segala hal yang bisa terjadi seperti membackup seluruh file yang ada di ruang penyimpanan lain seperti Flashdisk. Agar jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan sobat masih memiliki file tersebut.

Demikian cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Laptop yang sudah Rexi coba ulas di atas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu cek update terbaru ReXdl.co.id ya. Sebab Rexi akan update setiap hari. Dengan memberikan informasi dan update paling menarik dan bermanfaat seputar dunia teknologi.

 

Aplikasi dan Game Populer Lainnya :