Cara Mengganti Background Foto Online Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Mengganti Background Foto Online

ReXdl.co.id – Assalamualaikum sobat ReXlover, kali ini ReXi datang kembali untuk memberikan cara mengganti background foto online dan pastinya mudah untuk dipraktikkan.

Ilmu ini pastinya cukup ampuh lah ya, bagi sobat uang sedang membuat pas foto baik foto merah atau foto biru. Sebab jika pas foto tidak diganti backgroundnya maka sobat harus menggantinya dengan cara manual.

Maksudnya sobat harus foto di depan background biru atau merah, sudah pasti lebih ribet ya cara ini.

Nah, tapi untuk mengganti background ini, sobat membutuhkan software editing sebut saja seperti Photoshop, Paint dan lainnya. Namun sayangnya tidak semua orang bisa menggunakan software tersebut, terutama bagi pemula.

Karena hal inilah banyak perusahaan mulai merilis situs menarik yang memungkinkan sobat untuk mengedit dan mengganti background foto secara online. Artinya sobat tidak terlalu membutuhkan skil editing tingkat dewa sebab seluruh fitur dan fungsi sudah diatur oleh situs tersebut.

Namun yang dibutuhkan adalah jaringan internet tentu ya.

Tertarik untuk mencoba? Langsung saja simak ulasan ReXi di bawah ini :

 

 

Cara Mengganti Background Foto Secara Online

Kali ini ReXi akan memberikan cara mengganti background dengan menggunakan dua cara. Yakni cara otomatis dan cara manual, jika cara otomatis dapat digunakan jika sobat tidak mau ribet sebab semua fungsi dan fitur yang dibutuhkan akan diatur secara otomatis.

Namun jika sobat ingin mengedit foto dengan lebih rinci, maka cara manual bisa menjadi pilihannya.

Terpenting dari kedua cara ini, sama sama mudah dan dapat sobat coba meski sobat kurang mahir dalam bidang editing. Intinya, pilih sesuai dengan kebutuhan saja ya.

 

Cara Ganti Background Foto Online Secara Otomatis Dengan Remove.bg

Cara pertama adalah dengan menggunakan cara otomatis yang tentu cara kerja situs ini adalah dengan mendeteksi bagian dari background yang ada di foto. Lalu menghapusnya sesuai dengan kebutuhan.

Di bawah ini, ReXi memiliki pas foto yang pada foto tersebut ReXi akan menghilangkan latar belakangnya namun tidak menghilangkan atau menghapus objeknya.

Langsung saja ikuti petunjuknya di bawah ini :

 

1.) Buka situs remove.bg di perangkat sobat, bisa lewat PC atau Laptop mau pun smartphone.

 

2.) Lalu masukkan gambar dengan klik Select a Photo.

 

3.) Tunggu saja prosesnya hingga selesai.

 

4.) Muncul tombol Download, tapi jangan langsung klik tombol ini, karena prosesnya belum selesai. Sobat harus klik tombol edit, atau pensil yang ada di pojok kanan hasil gambar. Sebab gambarnya masih menggunakan background transparan jadi kita perlu memberikan background dengan warna sesuai dengan kebutuhan.

Game & App Pilihan :  Cara Cek Registrasi Kartu Telkomsel

 

 

5.) Setelah masuk ke menu editing, klik Color dan di sana sobat akan diberikan banyak sekali pilihan warna.

 

6.) Karena kita akan memberikan warna merah untuk backgroundnya maka langsung saja cari dan klik warna merah.

 

7.) Tunggu hingga selesai, dan hasilnya pun siap untuk disimpan.

 

8.) Download gambarnya dan simpan di perangkat sobat.

 

Mudah kan, caranya? Jadi tidak membutuhkan skill editing tingkat dewa. Bahkan pemula dan amatiran pun bisa melakukannya dengan mudah. Hasilnya memang tidak terlalu halus ya, sobat. Sebab cara ini dilakukan secara otomatis dan waktu pengeditannya pun tidak lama.

Jadi ya, pilih sesuai dengan kebutuhan saja OK!

 

 

Cara Ganti Background Foto Online Dengan Background Burner

Cara kedua ini ReXi akan memanfaatkan situs bernama Background Burner. Pada situs ini sobat bisa menyeleksi sendiri Background yang ingin dihapus, jadi hasilnya bisa lebih halus jika dibandingkan dengan cara pertama.

Misalnya saja pada saat ingin mengupload foto di sosmed sobat ingin mengganti background dengan pemandangan wisata. Hal ini mungkin saja, jika sobat mau mencoba cara di bawah ini.

 

1.) Pertama pastinya harus masuk dan membuka situs background burner, jangan lupa untuk registrasi dulu bagi yang belum punya akun. Jika sudah punya akun tinggal login saja.

 

2.) Lalu langsung scroll ke bawah deh dan klik Choose a photo. Tinggal browse foto yang hendak sobat hapus backgroundnya ya.

 

3.) Tunggu saja prosesnya, tidak terlalu lama kok.

 

4.) Jika sudah selesai dan hasilnya ternyata belum cukup rapi maka sobat bisa merapikan hasilnya dengan mengeditnya lagi. Klik saja tombol Touch Up untuk masuk ke menu editing.

 

5) Setelah masuk ke menu editing langsung saja lakukan penyesuaian dengan menggunakan dua tool yang tersedia. Yakni :

– Mark Foreground tool yang berfungsi untuk menambah mau pun mengembalikan object yang hilang.

– Mark Background tool yang fungsinya untuk menghapus background yang ada di foto.

Proses editnya sendiri tidak susah kok, sebab cursor yang disediakan akan berjalan dengan halus dan terdapat garis kuning untuk mendeteksi setiap garis pada objek gambar secara otomatis. Pemula pun dijamin bisa melakukannya, hanya saja harus sabar ya.

Coba lihat contohnya di bawah ini :

Prosesnya seperti ini:

– Mengedit Background Foto Secara Online Pada Garis

 

– Proses merapikan garis.

 

Maka hasilnya akan seperti ini :

 

Klik finish jika hasilnya sudah memuaskan ya!

 

6.) Kemudian sobat akan diarahkan pada halaman baru, di sini sobat bisa klik tombol Replace Background.

 

7.) Pilihlah background yang sobat sukai, selain itu bisa juga memasukkan background dari perangkat sobat dengan cara klik Browse. Lalu sobat pilih gambar yang dibutuhkan.

Game & App Pilihan :  Nonton Go Back Couple Sub Indonesia - Episode Terlengkap

8.) Apabila sudah, bisa simpan gambarnya dengan klik tombol save and download.

 

 

Cara ini juga lebih mudah kan, meskipun sebenarnya cara ini membutuhkan waktu dan kesabaran. Terutama pada saat mengeditnya, namun jika sobat menguasai cara ini. Maka sobat bisa mengganti gambar apapun dengan background yang sobat inginkan. Tidak hanya mengganti background warna merah dan biru saja.

Jadi penasaran kan, ingin mencoba?

 

Akhir Kata

Semoga sedikit informasi yang ReXi berikan di atas cukup bermanfaat bagi sobat. Kesimpulan yang bisa diambil dari tutorial di atas tadi adalah, mengganti background foto tidak sesulit yang sobat pikir selama ini.

Sehingga banyak orang cenderung ogah melakukannya sendiri dan meminta orang lain untuk melakukannya dan membayar mereka. Padahal dengan cara semudah ini sobat bisa melakukannya sendiri dan tidak mengeluarkan uang sama sekali. Lebih mudah, praktis dan hemat pastinya.

Tapi tetap saja ya, untuk mengganti background dari foto sobat, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Agar hasilnya terlihat lebih halus dan bagus sehingga tidak terkesan sebagai editan asal asalan.

Apalagi foto yang sobat edit dibutuhkan untuk melamar sebuah pekerjaan mau pun untuk dokumen resmi lainnya. Jika dibuat dengan asal asalan maka sobat akan terkesan kurang professional ya.

Jadi semoga cara mengganti background foto online di atas bisa bermanfaat bagi sobat. Mau pilih cara otomatis atau manual, tergantung pada kebutuhan sobat ya. Akhir kata, sampai jumpa dan jangan lupa mampir terus di ReXdl.co.id setiap hari. Wassalam….

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :