Cara Mengunci Galeri di HP Tanpa Aplikasi + dengan Aplikasi for Android

Posted on

Cara Mengunci Galeri di HP

ReXdl.co.id – Sobat ReXlover pastinya suka kan menyimpan file gambar mau pun video di Galeri perangkat pintar sobat. Namun karena Galeri bisa diakses dengan mudah karena memang didesain seperti itu. Lalu bagaimana ya, cara mengunci galeri di HP agar tidak sembarangan dilihat orang.

Ya, tidak bisa dipungkiri terkadang kita sudah mengambil foto diri kita dengan tingkah yang konyol dan lucu. Sehingga malu sekali kan, jika sampai dilihat orang lain. Maka kamu ingin menyembunyikan galeri agar tidak diakses oleh orang luar dengan mudah.

Selain itu alasan menjaga privasi juga menjadi salah satu hal yang patut untuk kamu pikirkan. Kenapa kamu harus mengunci galeri pada hp. Oleh sebab itu penggunaan password pada galeri pun diterapkan untuk menjaga privasi.

Bisa menggunakan pola, kata sandi hingga password yang pastinya hanya kamu seorang yang mengetahuinya.

Nah, lalu bagaimana sih cara menguncinya?

 

Cara Mengunci Galeri di HP Android

Tak banyak orang tahu jika sebenarnya sebagian besar android telah memiliki fitur kunci pada galeri. Bukan hanya kunci layar yang kita kenal ya. Yang mana hanya akan mengunci layar kamu saja. Namun kunci ini akan mengunci aplikasi yang kamu kehendaki. Salah satunya seperti Galeri ini.

Caranya juga terbilang mudah kok, jika kamu belum mengetahui caranya kami juga sudah menyiapkan step by stepnya di bawah ini.

Cara ini bisa diterapkan pada hampir semua merk smartphone ya, sebut saja seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, ASUS, Lenovi hingga Huawei. Dan masih banyak yang lainnya. Pokoknya hampir semua merk bisa deh!

 

Cara Mengunci Galeri Android Menggunakan Fitur Lock Bawaan

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, rata-rata hampir semua smartphone sudah memiliki fitur pengunci bawaan. Baik pengunci layar mau pun pengunci aplikasi ya. Nah, berikut ini adalah caranya, simak baik-baik ya!

Cara Mengunci Galeri Xiaomi

  1. Langkah pertama adalah dengan menuju ke Menu Pengaturan atau Setting.
  2. Buka Menu Kunci Aplikasi ya.
  3. Lalu atur saja pola yang kamu inginkan.
  4. Pilih opsi aplikasi Galeri.
  5. Langsung kunci aplikasinya.

 

Cara Mengunci Galeri di HP Samsung

  1. Langsung ke Menu Setting.
  2. Cari saja menu Advanced Features.
  3. Lanjutkan dengan membuka Menu App Lock.
  4. Aktifkan fitur dengan cara klik On.
  5. Atur kunci apa yang akan kamu gunakan : pola, password atau PIN.
  6. Cari aplikasi Galeri.
  7. Aktifkan kunci di Galeri
Game & App Pilihan :  Cek IP Address

 

Cara Mengunci Galeri di HP ASUS

  1. Klik beranda beberapa detik dan buka Menu Kunci Rumah ya.
  2. Langsung buka menu App Lock di sana.
  3. Atur untuk menggunakan Pola atau Pin. Lalu atur pemulihan apabila lupa kata kuncinya, hanya untuk berjaga-jaga.
  4. Cari aplikasi Galeri. Dan langsung kunci.

 

Langkah dan Cara Mengunci Galeri di HP OPPO

  1. Buka menu Setelan.
  2. Lanjut dengan Menu Layar Kunci atau Sandi.
  3. Lanjut dengan membuka menu Enskripsi.
  4. Atur untuk menggunakan Pola atau PIN.
  5. Langsung saja kunci Galeri.

 

Langkah dan Cara Mengunci Galeri di HP VIVO

  1. Buka menu Setting atau Setelan.
  2. Langsung ke menu Keamanan.
  3. Pilih Menu Privasi dan Enskripsi.
  4. Buatlah Pola baru atau bisa menggunakan PIN juga ya.
  5. Pilih pengaturan pemulihan, yang bisa kamu gunakan untuk berjaga-jaga jika saja lupa.
  6. Cari aplikasi Galeri dan langsung kunci.

 

Rata-rata smartphone terbaru sudah memiliki fitur bawaan ini kok. Jadi kamu bisa periksa saja pada smartphone yang kamu gunakan dan lakukan dengan cara yang sudah kami berikan di atas.

Jika diperhatikan, sebenarnya caranya hampir sama untuk semua merk. Tinggal kamu perhatikan step by stepnya dengan teliti dan seksama. Agar kamu bisa mengunci Galeri smartphone kamu dengan sukses.

 

Cara Mengunci Galeri di HP dengan App Lock (Semua Tipe)

Meski sebagian besar smartphone sekarang sudah memiliki fitur pengunci aplikasi, namun jika kamu merasa kurang puas. Kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi. Ada banyak kok aplikasi pengunci yang bisa kamu temukan di Google Play Store.

Nah, dari banyaknya aplikasi kami miliki satu aplikasi yang sangat kami rekomendasikan loh. Aplikasi ini bernama App Lock.

Aplikasi ini sendiri dibuat secara khusus untuk pengguna android. Fungsinya sudah pasti untuk mengunci semua aplikasi di dalam smartphone. Jadi tidak hanya bisa mengunci aplikasi Galeri saja loh.

Nah, jika kamu penasaran bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu sudah mengunduhnya dari Google Play Store. Lalu menginstallnya di smartphone kamu.
  2. Jika sudah, maka langsung saja buka aplikasinya. Pada halaman awal kamu bisa klik Setuju untuk melanjutkan membuat pola awal di aplikasi ini.
  3. Masukkan email yang kamu gunakan untuk keamanan. Jika muncul alamat email kamu, maka klik Simpan untuk melanjutkan.
  4. Pada menu utama, kamu bisa scroll ke bawah dan cari aplikasi yang ingin kamu kunci. Dalam hal ini adalah aplikasi Galeri yang hendak kamu kunci maka klik atau pilih aplikasi Galeri ya. lalu klik logo kunci yang ada pada bagian kanan.
  5. Apabila kamu menemukan pemberitahuan mengenai akses, klik saja Izinkan untuk memberikan akses pada aplikasi App Lock ini.
  6. Nah, Aplikasi Galeri pun sudah terkunci. Mudah kan, caranya.
Game & App Pilihan :  Cara Cek Nomor Axis Termudah untuk Kamu si Pelupa

 

Apabila kamu mengalami kesulitan dan cara mengunci aplikasi di atas tidak berhasil. Mungkin karena kamu kurang teliti saja. Maka kamu bisa restart dulu smartphone kamu ya. Lanjutkan dengan hapus chace di aplikasi Galeri.

Begini caranya :

  1. Buka Setting.
  2. Scroll ke bawah dan cari aplikasi.
  3. Cari saja aplikasi Galeri ya.
  4. Klik tombol hapus chace.
  5. Lalu klik Paksa Berhenti.

 

Nah, jika sudah seperti ini kamu bisa memeriksa izin akses aplikasi apa saja yang dibutuhkan oleh App Lock. Jika sudah, kamu bisa tes kembali. Pasti sudah berhasil terpasang deh, kuncinya.

 

Penutup

Privasi memang sangat penting untuk dijaga, pastinya kamu tidak ingin bukan. Beberapa privasi kamu tersebar sembarangan. Karena kamu kurang menjaga perangkat pintar kamu. Terkadang kita sudah berusaha untuk menyimpan perangkat pintar agar tidak dibuka oleh sembarang orang.

Tapi terkadang ada saja, tangan-tangan jahil yang suka membuka smartphone orang lain sembaranga. Oleh sebab itu, kita sendiri juga harus mengantisipasinya dengan memberikan keamanan tingkat tinggi.

Tidak hanya mengunci layar saja, namun juga harus mengunci beberapa aplikasi dan file penting. Agar tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. Dan pastikan juga bahwa hanya kamu saja yang bisa membuka kunci dan mengetahui PIN nya.

Menjaga privasi dengan menyembunyikan rahasia adalah dua hal yang berbeda. Kita wajib dan punya hak untuk menjaga privasi agar tidak mudah diakses dan dilihat oleh sembarang orang.

Nah, itu dia cara mengunci galeri di HP. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan yang tak kalah menarik hanya di ReXdl.co.id tentunya. Sampai jumpa dan Wassalam…

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :