Cara Menyimpan Semua Halaman pada Website dengan HTTrack Web Offline

Posted on

Cara Menyimpan Semua Halaman pada Website dengan HTTrack Web Offline

Cara menyimpan situs dengan HTTrack Web Offline berikut ini akan membantu kamu untuk dapat menyimpan situs web dan dibuka meski sedang offline. Saat kamu belajar di internet pasti juga sering membuka dokumentasi yang terdapat di internet.

Nah biasanya dalam mengakses dokumentasi tersebut kamu juga harus standby dengan adanya koneksi internet. Oleh arena itulah kami akan memberikan cara menyimpan semua halaman pada website dengan HTTrack web offline.

 

Apa Itu HTTrack Web Offline?

HTTrack merupakan software yang digunakan untuk mendownload website ke komputer kita. Jadi Anda juga bisa mengakses website tersebut secara offline tanpa memerlukan jaringan internet. Dan Nada juga bisa tahu cara menyimpan semua halaman pada website dengan HTTrack web offline.

Sifat HTTrack ini yaitu Opensource. Ini artinya bisa di download gratis di internet di website resminya yaitu http :

 

Kegunaan httrack ini sangat bermanfaat bagi website yang isinya tutorial. Jadi apabila Anda ingin membuatkan website tersebut maka tak perlu tersambung dengan internet terlebih dahulu.

Anda hanya cukup mendownloadnya dengan menggunakan HTTrack kemudian membacanya secara offline.

Apabila kamu akan menginstall HTTrack, maka sebelumnya kamu juga disarankan untuk menginstall Xampp/Wamp bagi yang menggunakan windows, dan LAMPP bagi yang memakai Linux.

Hal ini dikarenakan agar bisa mengaksesnya dari komputer ataupun dengan komputer lainnya dalam satu network.

Cara mengases HTTrack ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu Condole dan Browser. Apabila Anda memilih menggunakan Condole maka Anda memerlukan HTTrack. Kemudian apabila menggunakan browser maka paket yang bisa dipilih yaitu webhttrack.

Keuntungan dalam Menggunaan HTTrack Web Offline

  • Bisa membuka semua isi dari website yang kita butuhkan tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. Dan hal ini sangat berguna terutama bagi yang sedang mengerjakan sesuatu hal dan harus membuka website tersebut berulang-ulang. Dan tidak ada koneksi internet di rumah, sehingga solusinya bisa gunakan HTTrack ini.
  • Adapun untuk keuntungan yang lain adalah kita bisa mengakses situs web tersebut secara cepat. Hal ini dikarenakan semua data yang terdapat di website tersebut sudah masuk di komputer kita. Dan semua aktivitas pengkopian pada seluruh website banyak yang menyebutnya juga dengan web mirroring. Aplikasi ini juga bisa Anda nikmati gratis. Kemudian didukung pula dengan menu Help yang lengkap. Sehingga Anda juga tak perlu memikirkan kembali dalam menggunakan aplikasi ini.
Game & App Pilihan :  Pengenalan Sistem Operasi Linux

Cara Instalasi HTTract

Dibawah ini adalah cara Instalasi HTTrack :

  1. Langkah pertama double klik pada installer httrack
  2. Selanjutnya akan tampil install wizard, lalu klik next.
  3. Kemudian pada bagian Lisence Agreement, tinggal pilih I accept the agreement. Klik next untuk melanjutkan.
  4. Langkah berikutnya klik Next untuk default (C:\Program Files\WinHTTrack) untuk direktori target.
  5. Langkah selanjutnya klik next untuk default (WinHTTrack).
  6. Berikutnya yaitu klik next untuk default penambahan shortcut pada dekstop.
  7. Jika sudah maka, akan muncul informasi persiapan penginstalan.
  8. Proses Instalasi akan dimulai.
  9. Apabila proses instalasi dan konfigurasi selesai, klik Finish untuk mengakhiri.

Tentunya cara tersebut gampang dalam instalasi, dan manfaatnuya juga sangat baik untuk kita semua. Jadi itulah pengertian, manfaat dan cara instalasi dari WinHTTrack Website Copier.

Apabila ingin lebih jelas, silahkan download di link berikut ini :

 

Langkah-langkah Mendownload Sekaligus dengan HTTrack

Sebelum Anda menggunakan cara menyimpan semua halaman pada website dengan HTTrack web offline maka harus tahu langkah-langkahnya dulu.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yaitu dengan mendownload serta menginstall HTTracknya terlebih dahulu.
  2. Setelah itu bukalah HTTrack lalu klik Next
  3. Kemudian kamu juga bisa isi dengan :
  4. New project Name : Bebas, Project category : Bebas, Base Path : tempat penyimpajan (C;My web Sites). Jika sudah maka klik Next.
  5. Langkah berikutnya yaitu dengan Action isi dengan download web site. Lalu isi url website yang akan diwonload, lalu klik Next.
  6. Langkah berikutnya yaitu dengan pilihan pertama, selanjutnya pilih Do not connet to ap provider. Lalu cheklist Disconnect when finished.
  7. Selanjutnya tunggulah hingga proses downloadnya selesai. Hal ini akan memakan waktu sesuai dengan jumlah halaman.
  8. Apabila sudah selesai maka klik Finish.
  9. Langkah berikutnya lihat saja pada direktori penyimpanan filenya. Jika sudah ada maka klik index.html supaya bisa langsung menuju ke halaman websitenya.
  10. Dan web yang sudah dibuka tersebut benar-benar offline tanpa menggunakan koneksi internet.

 

Cara Install dan Menggunakan httrack di Linux (GUI)

Nah bagi pengguna Linux, Anda juga bisa tahu cara menyimpan semua halaman pada website dengan HTTrack offline.

Sebelumnya sudah dijelaskan cara menggunakan HTTrack pada windows, dan kali ini Anda akan menggunakan HTTrack di Linux.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yaitu dengan melakukan pengisntallan terlebih dahulu.
  2. Jika sudah berhasil diinstall maka berikutnya yaitu membuka aplikasi tersebut bisa dengan melalui menu aplikasi lalu cari aplikasi webhttrack.
  3. Apabila sudah maka progam Webhttrack akan terbuka pada jendela browser.
  4. Saat Mengalami permasalahan dalam membuka webhttrack ini seperti web not available, maka ada beberapa konfigurasi yang harus diubah.
  5. Namun apabila berjalan dengan normal abaikan saja hal ini. Selanjutnya jalankan terminal kemudian ketik perintah sudo nano/usr/bin/webhttrack
Game & App Pilihan :  Antivirus Terbaik

Cari :

BROWSEREXE =

Ubah menjadi :

BROWSEREXE =’’firefox”

Setelah itu cari :

SRCHBROWSEREXE=”x-www-browser www- browser iceape mozilla firefox icecat iceweasel abrowser firebird galeon konqueror opera chrome chromium chromium-browser netscape”.

Kmduia tambahkan # pada awal baris tersebut menajdi

#SRCHBROWSEREXE…

 

Cara melindungi Website dari Serangan HTTrack

Dengan menggunakan HTTrac ini maka Anda bisa mengunduh situs dari internet ke directori lokal, mengambil direktori serta file lainnya seperti HTML, CSS dan lain-lain. Sehingga orang juga bisa menggunakan semua template yang sudah Anda buat dengan cara cuma-cuma.

Namun tenang saja karena pada tutorial di bawah ini maka kamu akan memberikan cara supaya template website tidak bisa di grab dengan HTTrack, cukup hanya dengan menggunakan HTACCES. Lalu bagiamanakah cara untuk melakukannya?

  • Langkah pertama yaitu dengan menggunakan text editor misalnya Sublime. Setelah itu simpan dengan nama .htacces di directory root websitemu.
  • Kemudian langkah berikutnya yaitu dnegan menyalin kode lalu paste dalam file .htacces yang sudah dibuat pada langkah pertama lalu simpan.

Penjelasan :

  1. Pada baris pertama tersebut httacces akan mengaktifkan modul mod_rewrite yang ada di website
  2. Selanjutnya untuk baris keduanya , httacces akan menetapkan directory root website
  3. Kemudian untuk baris ketiganya, httacces juga akan menyimpan daftar Bot (termasuk HTTrack dan aplikasi website copier lainnya) sehingga tidak bisa melakukan akses ke directori anda
  4. Kemudian untuk baris terakhirnya yaitu httacces akan memberikan respon 403 atau forbiden kepada Bot yang sudah didaftar pada baris ke tiganya.

Demikian Cara Menyimpan Semua Halaman pada Website dengan HTTrack Web Offline. Semoga bisa bermanfaat.

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :