Cara Merekam Layar Laptop

Posted on

Cara Merekam Layar Laptop

Bagi kamu yang memiliki tugas atau pekerjaan yang menggunakan laptop pastinya akrab dengan istilah rekam layar. Tentunya juga kamu penasaran dengan cara merekam layar laptop.

perkembangan teknologi yang semakin maju membuat segala macam yang berhubungan dengan gadget ikut maju. Termasuk dengan adanya fitur tangkap layar dan rekam layar di laptop.

Berikut akan disajikan kiat-kiat merekam layar di laptop dengan atau tanpa aplikasi. Simak selengkapnya ya!

 

Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi

Merekam layar di laptop tidak selalunya menggunakan aplikasi saja loh. Kamu bisa dengan mudah mencoba fitur ini dengan bawaan laptop kamu yang Windows 10. Berikut cara merekam layar laptop  tanpa aplikasi, yaitu:

  • Bukalah fitur “Game Bar” yang sudah tersedia langsung dari laptop kamu.
  • Setelah membukanya, jangan lupa untuk memilih opsi “Record Game”.
  • Setelah aktif, kamu bisa langsung menekan keyboard Win+G secara bersamaan.
  • Untuk mulai merekam layar pada laptop silahkan kamu pilih opsi “Start Recording” atau “Mulai Merekam”.
  • Nah, jika kamu sudah selesai merekam, maka bisa menekan tombol di bagian kanan atas. Tombol yang bertuliskan “Stop Recording” atau “Berhenti Merekam”.
  • Jika kamu menyudahi rekaman layar, maka kamu akan dikirimkan notifikasi tentang tempat penyimpanannya. Juga di mana kamu bisa melihat file rekaman itu.
  • Kamu bisa mengabaikan notifikasi itu jika memang sudah tahu letaknya, dan melanjutkan rekaman yang lain.

Begitu kira-kira cara merekam layar laptop tanpa menggunakan aplikasi. Jika kamu pengguna Windows 7 dan 8, atau mungkin kamu juga ingin mencoba merekam menggunakan aplikasi, maka juga bisa.

 

Merekam Layar laptop Dengan Menggunakan Aplikasi

Di sini, kita akan bahas beberapa aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan untuk cara merekam layar laptop. Tentunya aplikasi ini adalah rekomendasi dan termasuk terlaris di kalangan banyak orang.

TinyTake

Aplikasi yang satu ini termasuk unggulan karena filenya yang ringan juga mudah digunakan. Ditambah dengan lengkapnya fitur yang disediakan di dalamya. Kamu bisa merekam layar juga membagikannya ke platform sosial media.

Juga beberapa fitur lainnya yang bisa memudahkan urusan perlaptop an kamu. Kamu bisa langsung memeriksa situs downloadnya di https://didonlot.com.

Free Cam

Aplikasi Free Cam adalah aplikasi perekan dengan fitur edit sekaligus. Istimewanya aplikasi ini adalah hasil video tidak ada watermark atau jejak aplikasi bawaan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di https://www.apkfollow.com.

Game & App Pilihan :  Download Baground Sertifikat Kosong 400+ Geratis

Video yang dihasilkan oleh aplikasi Free Cam juga bisa menempati kuaitas tinggi. Dengan aplikasi ini pula, kamu bisa langsung mengunggah video ke situs YouTube tanpa harus mengunduh aplikasi yang lain.

OBS Studio

Aplikasi ini menyediakan hasil rekaman layar dengan kualitas yang sangat tinggi, jelas, dan memuaskan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di https://download.id.

Dengan OBS Studio juga kamu bisa memilih untuk memotong layar atau tetap menggunkan rekaman layar penuh.

VideoProc

Untuk kamu yang membutuhkan perekaman layar untuk mengambil video live steaming, pertemuan penting virtual, dan lainnya. Tentunya yang berdurasi panjang, maka sangat dianjurkan untuk memilih aplikasi ini.

VideoProc melayani kamu dengan fitur perekam layar di Mac ataupun Windows tanpa durasi waktu tertentu. Jadi, kamu dengan leluasa bisa merekam layar di laptop selagi ruangan tersedia.

Camtasia

Jika memerlukan fitur rekam layar untuk petemuan penting atau penampilan presentasi, maka kamu bisa memilih Camtasia. Dari segi kualitasnya, aplikasi ini dinilai bagus. Fitur yang tersedia pun sangat lengkap dan mudah digunakan.

Ditambah dengan aplikasi ini menyediakan fitur editor untuk memotong dan mengubah elemen dasar video. Sangat menarik bukan?

Bandicam

Bandicam adalah aplikais perekam layar laptop yang hanya bisa digunakan pada perangkat Windows. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah bisa merekam layar dalam kualitas yang sangat tinggi.

Kamu juga bisa menyimpan hasil rekaman di file dalam laptop seperti MP4. Di aplikasi Bandicam juga bisa merekam tepat tertentu, entah itu hanya sebagian layar ataupun layar penuh.

CamStudio

Di aplikasi CamStudio kamu dipermudah dengan fitur menambahkan teks pada rekaman yang sudah jadi. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah mereka membuat ukuran file lebih kecil saat kualitas video yang dihasilkan lebih tinggi.

EZvid

Aplikasi perekam laya sederhana tetapi mempunyai fitur lengkap? Mungkin kamu berminat untuk mencoba aplikasi Ezvid. Selain merekam layar, aplikasi satu ini juga menyediakan fitur edit.

Beberapa fitur edit itu adalah memotong, menambah, menduplikat, sampai melambat dan mempercepat video. Juga menambahkan beberapa tanda penting.

AceThinker

Aplikasi perekam layar yang satu ini juga diunggulkan karena bisa merekam salah satu area tertentu pada laptop. AceThinker dikelompokkan dalam fitur sederhana karena memang menyediakan peralatan yang tidak begitu banyak.

Peralatan itu hanya berupa fitur tombol mulai merekam dan berhenti, lalu menyimpannya ke memori. Kamu juga bisa merekam suara baik dari dalam laptop ataupun mikrofon luar yang digunakan.

Game & App Pilihan :  Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

10. ShareX

Dengan aplikasi ShareX kamu bisa merekam layar penuh ataupun bagin tertentu. Kamu juga bisa membuat rekaman itu menjadi bentuk-bentuk unik, seperti elips dan pola bebas.

Ditambah dengan fitur edit menambah jejak pribadi atau watermark yang memungkinkan video kamu tidak akan dicolong orang lain. Kamu pun bisa berbagi hasil rekaman itu kepada orang lain.

 

Kenapa Harus Merekam Layar?

Kerap ada pertayaan tentang apa sebenarnya manfaat merekam layar atau menangkap layar. Sebenarnya, merekam atau menangkap layar ini adalah kebutuhan pokok pada gadget, baik ponsel ataupun perkomputeran.

Perekam layar sebenarnya berfungsi untuk mendokumentasikan kegiatan atau informasi yang ada pada gadget kamu. Dengan fitur seperti ini, akan mengurangi kemungkinan kamu untuk kehilangan file.

Perekam layar juga akan otomatis tersimpan di memori, jadi kamu tidak perlu repot mencarinya di dalam aplikasi. Sama halnya seperti merekam dalam ponsel.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan aplikasi perekam layar kamu dimungkinkan untuk mengedit video terlebih dahulu. Terkadang, ada beberapa tangkapan yang tidak sesuai keinginan kamu. Maka dengan aplikasi di atas, kamu bisa paling tidak untuk memotongnya.

Jika kamu membutuhkan perekam layar untuk perantara presentasi, maka dengan beberapa aplikasi itu kamu bsia menambahkan penjelas. Penjelas maksudnya seperti teks tambahan atau tanda panah. Kamu juga bisa mengedit waktu berjalannya video, menjadi lebih lambat atau lebih capat.

Dengan fitur merekam dan menangkap layar, kamu tidak akan kesusahan dalam mendokumentasikan  segala sesuatu. Baik pertemuan penting, presentasi, sidang skripsi, pembelajaran virtual, dan lain sebagainya.

Bukan hanya sebatas pertemuan penting, kamu juga bisa merekam informasi dari Google. Misalnya ada sebuah informasi penting yang panjang dan kamu harus mendokumentasikannya, maka kamu bisa menggunakan fitur perekam layar ini.

Kalau kamu memang tertarik mencoba bebrapa aplikasi ini, maka bisa langsung mencarinya di laman penelusuran Google. Kamu juga akan disuguhkan dengan aplikasi lainnya yang tidak kalah bagus.

 

Sudahkan kamu mencoba cara merekam layar laptop tanpa atau dengan aplikasi? Kamu bisa langsung mencoba kedua cara itu dengan mudah. Tentunya lewat mengunjungi link dan urutan langkah di atas. Selamat mencoba.

 

Game dan Aplikasi Lainnya :