Cara Ngecas Headset Bluetooth Dengan Mudah dan Cepat

Posted on

Cara Ngecas Headset Bluetooth

ReXdl.co.id – Sobat ReXlover pasti sudah tidak asing dengan penggunaan Earphone Wireless. Apalagi pada di tengah perkembangan teknologi sekarang ini. Penggunaannya pun lebih mudah dibandingkan dengan Earphone biasa. Nah, berikut inilah adalah cara ngecas headset Bluetooth yang baik dan benar ala Rexi.

Bagi sobat pengguna headset Bluetooth ini, pastinya pembahasan ini akan sangat menarik untuk kamu. Apalagi jika kamu baru pertama kali membeli dan menggunakan Earphone nirkabel.

Karena tidak memiliki kabel, headset ini memang dirancang untuk memberikan sebuah kenyamanan bagi sobat. Rasanya akan lebih nyaman jika mendengarkan musik, melakukan panggilan suara. Hingga menonton film dan bermain game dengan menggunakan Earphone Bluetooth. Sebab tidak perlu ribet dengan kabel.

Meski begitu Earphone atau Headset Bluetooth ini sendiri membutuhkan daya listrik sendiri. Karena tidak disambungkan dengan earphone jack yang ada pada perangkat smartphone. Sehingga Earphone ini memiliki tambahan pada komponen yang berupa sebuah baterai. Dan pastinya baterai bisa kamu isi ulang atau di-charge.

 

Cara Ngecas Headset Bluetooth

Untuk mengecas baterai Earphone Bluetooth pun tidak sulit loh. Karena caranya juga tidak jauh berbeda dengan mengisi daya smartphone. Namun karena kamu masih baru dan masih pemula dalam menggunakan perangkat Earphone Bluetooth ini. Sehingga membuat kamu sering ragu untuk menggunakan perangkat ini.

Padahal menggunakan Earphone Bluetooth ini jauh lebih mudah tidak pastinya tidak ribet karena ketiadaan kabel.

Namun pastinya ada beberapa hal pula yang wajib kamu perhatikan sob, sebelum kamu mengisi daya atau baterai dari Earphone kamu. Misalnya kamu harus memperhatikan sumber tegangan arus listrik yang kamu gunakan.

Karena tegangan listrik yang tidak stabil ternyata bisa membuat kerusakan pada komponen baterai yang ada di dalam Earphone Bluetooth kamu loh. Sederhananya saja jika kamu mengisi daya baterai di mobil atau pun kendaraan yang lainnya. Maka tegangan listrik tidak akan stabil yang berdampak buruk pada perangkat.

Nah, jika ingin tegangan listrik yang stabil maka kamu harus mengisi daya baterai Earphone Bluetooth kamu di tegangan listrik rumahan. Yang arus listriknya lebih stabil.

Jadi, jika kamu ingin Earphone Bluetooth kamu awet, maka kamu memperhatikan di mana kamu mengisi daya baterainya. Hindari mengisi di mobil atau kendaraan dan hanya isilah di tegangan listrik rumahan saja.

Game & App Pilihan :  Kartu Perdana Telkomsel dan Simpati

 

Cara Mengetahui Baterai Headset Bluetooth Habis

Berbeda dengan perangkat smartphone, untuk mengetahui baterai Earphone sudah habis apa belum memanglah susah-susah gampang. Karena tidak bisa langsung terlihat dengan mudah.

Untuk ciri-ciri baterai Earphone Bluetooth yang sudah habis yakni adalah dengan melihat indikator yang biasanya akan menunjukkan warna merah.

Kamu pun bisa melihat pemberitahuan atau notifikasi ketika kamu menggunakan Earphone tersebut.

Ketika kamu ingin mengisi daya baterai, pastikan kondisi baterai kamu belum sampai kosong sama sekali ya. Karena hal ini akan mempengaruhi baterai dan membuat baterai cepat rusak atau drop. Aturan ini hampir sama dengan perangkat android yang kita gunakan selama ini.

Earphone Bluetooth pun, akan langsung mati apabila baterai sudah habis. Lampu indikatornya juga tidak akan menyala sama sekali.

Jika sudah begini pastinya kamu harus mengisi daya baterai kamu ya!

 

Langkah-Langkah Mengecas Headset Bluetooth

Apabila baterai sudah hampir habis atau sudah habis, maka kamu harus mengecas Earphone Bluetooth dengan cara yang hampir sama dengan smartphone. Siapkan charger dengan kabel yang cukup pendek dengan tipe Micro USB.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Sambungkan kabel USB Mikronya pada port Earphone Bluetoothnya.
  2. Lalu sambungkan kabel USB ke Chargernya ya.
  3. Jika sudah dirakit dengan benar, langsung saja tancapkan pada stop kontak.
  4. Lihat lampu indikator di Earphone nya apakah menyala atau tidak.
  5. Nah, tunggu saja hingga proses charging atau pengisian baterai selesai dan baterainya penuh. Sehingga kamu bisa menggunakan Earphone kamu lagi.

 

Cara Mengetahui Baterai Headset Bluetooth Penuh

Untuk mengetahui apakah baterai sudah terisi dengan penuh, kamu bisa melihatnya dari lampu indikator chargingnya. Biasanya sih, akan langsung berubah warna. Misalnya dari warna merah ke warna biru atau hijau.

Jika kamu lihat lampu LED indikator headsetnya telah menyala biru atau hijau. Maka kamu sudah bisa mencabut chargernya dari stop kontak.

Untuk lama waktu pengisian daya baterai Earphone pun bermacam-macam dan tidak bisa dipastikan. Namun biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit atau hingga satu jam. Bisa saja kurang atau lebih, tergantung merk dari Earphone yang kamu gunakan.

 

Mengatasi Headshet Bluetooth Tidak Bisa Dicharge

Terkadang Earphone tidak bisa di-charge karena disebabkan oleh beberapa hal. Meskipun sebenarnya permasalah ini jarang terjadi. Tapi berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa Earphone tidak dapat di-charge. Atau di isi daya baterainya.

Game & App Pilihan :  Aplikasi Kompres PDF untuk Android dan PC Terbaru 2020

Port Longgar atau Kotor

Masalah yang paling sering terjadi dan membuat Earphone tidak bisa di-charge adalah karena port yang longgar atau pun kotor. Untuk mengatasinya kamu bisa mengencangkan port yang longgar ini dengan menggunakan karet kecil. Atau bisa juga diberikan sumpalan agar tidak longgar lagi.

Namun apabila kotor kamu bisa menggunakan kapas kecil yang ujungnya diruncingkan untuk membersihkannya.

Kabel Putus

Jika kabelnya putus maka kamu bisa menyambungkannya lagi secara langsung. Rapikan dengan menggunakan balutan selotip ya, agar tersambung dengan sempurna.

Baterai Ngedrop

Jika Earphone tidak bisa di-charge lagi karena baterai sudah ngedrop. Artinya kamu harus membeli Earphone baru, sebab kamu tidak bisa mengatasi permasalahan ini. Jadi sebaiknya beli yang baru saja.

 

Oleh itu, agar tidak mengalami kerusakan kamu harus melakukan perawatan pada Earphone. Sayang kan jika Earphone Bluetooth rusak, sebab harganya juga tidak murah loh.

Lakukan perawatan dengan membersihkan Earphone secara berkala atau setelah kamu gunakan dengan menggunakan alat pembersih kusus. Atau bisa juga dengan menggunakan kapas.

Selain itu pastikan jika kamu tidak pernah menindih Earphone atau tertindih benda-benda berat. Apalagi jika Earphone sampai terjatuh dari tempat tinggi. Pastikan jika Earphone tidak sering terjatuh ya. Sebab hal ini biasanya akan membuat speaker di dalam Earphone terlepas.

Alhasil suara Earphone pun menjadi rusak atau bahkan mengeluarkan suara kemresek. Pastikan juga jika Earphone tidak pernah terkena air atau pun jatuh ke dalam air. Maka dibutuhkan perawatan khusus untuk menangani masalah ini. Agar Earphone tidak rusak.

 

Penutup

Earphone Bluetooth memang lebih mudah untuk digunakan dan tidak ribet, hanya saja harganya yang cukup mahal membuat kamu harus berhati-hati dalam menggunakannya. Atau bahkan harus memperlakukan Earphone Bluetooth ini dengan hati-hati.

Sayang kan, jika Earphone Bluetooth yang kamu beli mahal-mahal jadi rusak karena kamu menggunakannya dengan sembarangan.

Demikian tips dari Rexi seputar perawatan pada Earphone Bluetooth dan cara ngecas headset Bluetooth yang baik dan benar ala ReXdl.co.id.

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :