Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik atau Factory Reset

Posted on

Cara Reset HP OPPO

ReXdl.co.id – Hai sobat ReXlover, kembali lagi bersama dengan Rexi yang akan terus membagikan info menarik seputar dunia game, aplikasi dan teknologi terkini. Pastinya setiap informasi yang kami bagikan sangatlah menarik dan bermanfaat untuk kamu ikuti dan pelajari. Seperti cara reset HP Oppo yang kali ini akan kami bahas secara tuntas. Bagaimana caranya, apa fungsinya dan mengapa kamu harus melakukan reset ulang pada smartphone Oppo milik mu.

Pastinya kamu sudah tidak asing dong, dengan vendor smartphone asal Tiongkok ini. Karena pada saat diperkanalkan dan masuk ke Indonesia, Oppo langsung mencuri perhatian pecinga teknologi.

Dengan fitur fitur terbaru dan mengusung kecanggihan dalam telepon genggang, Oppo tidak sekadar smartohone biasa. Namun memiliki kelebihan di berbagai macam sektor. Salah satu yang paling menonjol adalah pada bagian kameranya.

Bisa dibilang banyak orang tertarik dengan smartphone satu ini karena keberadaan teknologi dan fitur canggih kamera yang dimilikinya.

Sebelum sobat mempelajari mengenai bagaimana cara mereset HP Oppo, sobat juga harus mempelajari mengenai informasi serta penggunaan Kembali ke Pengaturan Pabrik dengan jelas dan lengkap.

Selain itu Rexi juga mengingatkan jika cara ini hanya berlaku pada perangkat Colos OS 6.0 + ya. Oleh sebab itu jika versi perangkat kamu tidak sesuai maka bisa jadi cara ini tidak akan berguna.

Untuk mengetahui versi android yang digunakan pada smartphone Oppo yang kamu gunakan. Kamu bisa melakukan cara seperti di bawah ini :

  1. Buka Menu Pengaturan atau Setting.
  2. Cari pilihan Tentang Ponsel.
  3. Pada bagian inilah tipe spesifikasi dan informasi mengenai smartphone Oppo kamu ditampilkan, termasuk tipe android yang digunakan.

 

Apa Itu “Kembali ke Pengaturan Pabrik atau Reset Factory?”

Selain itu sobat juga wajib tahu apa itu pengaturan pabrik atau reset factory dan apa sih, fungsinya. Perlu kamu tahu jika kembali ke pengaturan pabrik artinya kamu akan mereset atau mengulang settingan smartphone Oppo yang kamu gunakan. Untuk dikembalikan pada sistem yang tidak aktif. Caranya adalah sobat bisa menghapus semua data pada smartphone secara opsional.

Game & App Pilihan :  Nonton Go Back Couple Sub Indonesia - Episode Terlengkap

Kamu bisa melakukan pengaturan ke pabrik apabila smartphone Oppo kamu mulai melambat. Hal ini sih, biasanya dikarenakan oleh terlalu banyaknya file sampah. Seperti chace atau adanya permasalahan yang terhadi di sistem mau pun aplikasi.

 

Bersiap untuk Mengatur Ulang

Jika kamu melakukan reset pada data pabrik maka kamu harus siap menghadapi beberapa hal yang akan terjadi. Yang pertama tentunya kehilangan semua data yang ada pada smartphone kamu. Karena semua data yang kamu miliki akan terhapus selamanya atau secara premanen. Data ini adalah semua data yang ada pada ruang penyimpanan internal.

Salah satu solusinya, agar kamu tidak kehilangan semua data yang kamu miliki adalah dengan memindahkan semua data, seperti foto mau pun video pada perangkat PC mau pun ke ruang penyimpanan eksternal.

 

Cara Setel Ulang Ponsel Anda ke Pengaturan Pabrik

Setelah mengetahui penjelasan mengenai factory reset, sekarang Rexi pun akan memberitahukan caranya pada sobat semua. Berikut ini adalah caranya, simak baik-baik ya!

  1. Buka Menu Pengaturan.
  2. Lalu pilih opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Klik Buat Cadangan dan Reset.
  4. Lanjutkan dengan klik Reset Data Pabrik.

 

Kira-kira itulah cara untuk mengambalikan pengaturan smartphone kamu, ke pengaturan pabrik. Nah, wajib untuk sobat tahu juga jika pengaturan ini tidak bisa kamu batalkan. Sehingga pikirkan baik-baik ya, sebelum kamu melakukan pengaturan untuk mengembalikan setting smartphone Oppo ke pengaturan pabrik. Atau melakukan factory reset.

 

Beberapa Pilihan Factory Reset

Mungkin banyak orang menganggap jika factory reset hanya memiliki satu jenis dan fungsinya sama yakni mengembalikan pengaturan ke pengaturan pabrik. Padahal pada smartphone Oppo sendiri terdapat 5 pilihan factory reset.

 

Reset Pengaturan Sistem Saja

Yang pertama adalah mengatur ulang semua pengaturan sistem. Akan tetapi tanpa menghapus data mau pun media apapun yang ada di dalam smartphone kamu.

 

Hapus Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya

Pilihan ini bisa kamu gunakan jika kamu ingin menghapus aplikasi yang ada di dalam smartphone Oppo kamu. Bersamaan dengan semua data yang ada pada aplikasi yang kamu miliki. Terkecuali dengan file aplikasi yang telah disimpan oleh kamu di ruang penyimpanan smartphone. Misalnya foto, video atau musik.

 

Bersihkan Semua Data

Dengan pilihan ini, maka semua data yang ada di smartphone Oppo kamu akan terhapus selamanya. Termasuk semua konten di dalamnya, foto, musik hingga pengaturan yang tersimpan di smartphone Oppo akan hilang. Selain itu smartphone kamu pun akan disetel ulang dalam keadaan awalnya, yakni pengaturan yang berasal dari pabrik.

 

Bersihkan Kontak dan Riwayat Panggilan di Telepon Ini

Opsi ini bisa kamu pilih jika kamu ingin membersihkan semua kontak. Beserta dengan riwayat panggilan yang ada pada kartu SIM juga akan terhapus selamanya. Namun kontak yang tersimpan pada kartu SIM kamu akan tersimpan dan tidak akan ikut hilang. Selain itu semua data lain yang ada di smartphone Oppo, tidak akan terhapus mau pun terpengaruh.

Game & App Pilihan :  Cara Unreg Kartu Indosat

 

Bersihkan Pesan SMS dan MMS di Telepon Ini

Dan pilihan terakhir adalah dengan membersihkan semua pesan SMS dan MMS yang tersimpan di kartu SIM akan terhapus selamanya. Akan tetapi pesan SMS yang ada pada kartu SIM akan tetap tersimpan. Sama dengan opsi ke empat, pada opsi ini semua data lain yang smartphone tidak akan terpengaruh sama sekali.

 

Mengapa Data pada Ponsel OPPO Tidak Dapat Dihapus Melalui Pengaturan Pabrik?

 

Kamu bisa mematikan smartphone Oppo dengan cara menekan tombol power serta tombol Volume bawah. Dan ditekan secara bersamaan untuk bisa masuk pada Mode Recovery.

Pilih opsi bahasa kemudiak klik Hapus Data > Hapus Data ( Simpan SMS, Kontak serta Foto ) lalu mulai proses penghapusan.

Pada proses ini semua data di smartphone kamu akan terhapus secara total. Terkecuali kontak, SMS, mau pun aplikasi yang kamu pasan pada smartphone beserta file yang telah tersimpan. Misalnya seperti File Foto, Musik, Video hingga file Zip.

Sementara itu untuk privasi pribadi dan juga keamanan seluler kamu, maka kata sandi atau layar kunci akan tetap tersimpan.

 

Penutup

Dari sini dapat kita simpulkan jika, factory reset atau mengembalikan pengaturan ke pengaturan pabrik bisa kamu lakukan dengan mudah. Dan pastinya bisa kamu coba sendiri asal kamu mengikuti semua langkah yang ada di atas.

Selain itu untuk mengembalikan keadaan smartphone pada kondisi semula pun terdapat beberapa pilihan yang bisa kamu sesuaikan tergantung dengan kebutuhan.

Jadi sekarang kamu sudah cara reset HP Oppo dengan mudah tanpa bantuan siapa siapa. Karena Rexi selalu siap memberikan kamu bantuan dan informasi menarik seputar teknologi, aplikasi dan game hanya di ReXdl.co.id. Sampai jumpa dan Wassalam….

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :