Cara Screenshot di Laptop

Posted on

Cara Screenshot di Laptop yang Mudah dan Gak Ribet

ReXdl.co.id – Cara screenshot di Laptop pastinya akan sangat membantu kalian untuk mengambil tangkapan layar di Laptop.

Tangkapan layar atau screenshot adalah salah satu cara yang biasa dilakukan untuk menyimpan tampilan yang ada di Laptop atau PC. Tampilan yang disimpan ini bisa berupa jendela atau website yang sedang terbuka dan ingin disimpan.

Tujuan screenshot sendiri beragam.

Ada yang ingin menyimpan informasi penting yang ada pada halaman yang dibaca sehingga agar tidak lupa maka melakukan screenshot menjadi salah satu cara paling cepat dan mudah.

Namun ada juga yang melakukan screenshot untuk menyimpan tampilan halaman demi kepentingan sebuah konten. Yakni dengan menampilkan layar untuk membuat tutorial yang ditunjukkan dengan menggunakan gambar. Agar bisa dipahami dengan lebih mudah oleh pembaca.

 

 

Berikut Ini Cara Screenshot di Laptop

Ada banyak sekali cara untuk melakukan Screenshot di Laptop baik dengan menggunakan aplikasi bantuan atau fitur bawaan yang sudah disediakan.

Sayangnya masih banyak sekali yang tidak tahu caranya, oleh sebab itu di sini kami sudah merangkum beberapa cara screenshot di Laptop.

Dan pastinya caranya sangat mudah sehingga bisa mencobanya.

Yuk, simak apa saja caranya :

 

Tombol Print Screen

Jika ingin cara yang paling mudah tentu adalah dengan menggunakan tombol prints screen untuk melakukan tangkapan layar di Laptop. Berikut ini caranya :

1.) Pertama adalah dengan membuka halaman yang ingin kamu screenshot melalui Laptop atau PC.

2.) Kemudian klik tombol Print Screen yang ada di sisi kanan atas Keyboard selama beberapa detik untuk melakukan screenshot.

3.) Lanjutkan dengan membuka aplikasi Paint untuk membuka hasil screenshot yang tadi sudah kamu ambil. Paste hasil screenshot dengan klik tombol Ctrl + V atau klik kanan dan pilih opsi Paste.

4.) Secara otomatis tangkapan layar akan muncul, dan kamu pun bisa menyimpannya dengan klik File > Save As atau klik tombol Ctrl + S. Dan simpan hasil screenshot nya di folder yang kamu inginkan.

Mudah bukan caranya?

 

Tombol Alt + Print Screen

Tak kalah mudah dari cara pertama, namun perbedaan dari cara ini dengan cara sebelumnya adalah kamu hanya bisa mengambil screenshot pada jendela yang sedang aktif atau terbuka. Sehingga tidak bisa mengambil screenshot seluruh layar penuh ya.

Game & App Pilihan :  Viu Mod APK New Version 2020 (Premium Unlocked)

Berikut ini caranya :

1.) Pertama-tama tampilkan layar yang ingin kamu screenshot lalu kamu bisa membuka Microsoft Word. Selanjutnya minimize ukurannya ya.

2.) Tekan tombol Alt + Print Screen bersamaan untuk mengambil screenshot dan menyimpannya di clipboard.

3.) Selanjutnya buka aplikasi Paint lalu sama saja dengan cara di atas paste kan screenshot yang tadi sudah kamu ambil dengan klik kanan dan pilih opsi Paste. Atau bisa juga dengan menggunakan tombol kombinasi Ctrl + V.

4.) Jika hasil screenshot sudah muncul, maka kamu bisa langsung menyimpannya.

 

Tombol Windows + Print Screen

Jika ingin menggunakan cara yang lebih mudah dan praktis lagi dari kedua cara yang sudah kami bagikan di atas, maka kamu bisa mencoba cara ini. Dianggap lebih praktis karena cara ini tidak mengharuskan kamu mengedit dan membuka aplikasi Paint untuk mengambil hasil screenshot.

Berikut ini caranya :

1.) Buka halaman website atau jendela yang ingin kamu screenshot.

2.) Tekan kombinasi Windows + Print Screen hingga layar berkedip yang menandakan kamu sudah berhasil mengambil screenshot.

3.) Hasil screenshot yang sudah kamu ambil pun secara otomatis tersimpan di perangkat PC atau Laptop. Pergi ke direktori C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots untuk mengambil hasil screenshot.

Lebih mudah kan, karena tidak perlu membuka aplikasi Paint.

 

Snip & Sketch

Snip & Sketch sendiri merupakan aplikasi bawaan dari Windows yang juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan screenshot. Cara ini memanfaatkan tombol kombinasi Windows + Shift + S dan terbilang cukup mudah digunakan.

Berikut ini caranya :

1.) Buka halaman mana yang ingin kamu screenshot.

2.) Lanjutkan dengan membuka aplikasi Snip & Sketch dengan cara klik kombinasi tombol Windows + Shift + S.

3.) Secara otomatis layar akan berubah menjadi warna kelabu dan kursor berubah menjadi ikon + yang bisa kamu gunakan untuk memilih area yang akan di screenshot.

4.) Kemudian aplikasi tersebut pun akan menyimpan hasil screenshot dan menunjukkan beberapa hasil gambar yang harus kamu pilih.

5.) Pada jendela Snip & Sketch kamu bisa mengedit hasil screenshot seperti memberikan tulisan, crop hingga memberikan highlighter dan masih banyak pilihan edit lainnya.

6.) Terdapat ikon Save pada bagian atas yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan hasil screenshot jika sudah kamu edit.

 

Snipping Tool

 

Cara ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya yakni Snip & Sketch dan merupakan salah satu aplikasi atau fitur yang disediakan oleh Windows untuk melakukan screenshot di perangkat PC atau Laptop.

Game & App Pilihan :  Aplikasi Citer Free Download Terbaru 2021 + 100% Work

Berikut ini caranya :

1.) Tentu saja kamu juga harus membuka jendela atau halaman yang ingin screenshot kemudian tekan tombol Windows.

2.) Untuk membuka Snipping Tool kamu pun harus mengetik Snipping Tool kemudian pilih opsi Snipping Tool.

3.) Jika jendela Snipping Tool sudah terbuka kamu bisa memilih opsi New untuk melakukan screenshot di Laptop.

4.) Pilih area yang ingin kamu screenshot dengan cara menandainya menggunakan border tipis warna merah yang sudah disediakan.

5.) Periksa kembali hasil screenshot yang sudah ditampilkan, di sini kamu pun bisa menyuntingnya sesuai dengan kebutuhan. Lalu jika hasilnya sudah pas, kamu bisa menyimpannya dengan klik File > Save As selanjutnya pilih dimana kamu ingin menyimpannya.

 

PhotoScape

Terakhir adalah dengan menggunakan bantuan dari sebuah aplikasi untuk melakukan screenshot di PC atau Laptop. Aplikasi ini sendiri biasanya hanya bisa digunakan pada Windows 10. Jadi pengguna Windows 10 simak ya, bagaimana caranya di bawah ini :

1.) Buka aplikasi PhotoScape untuk melakukan screenshot, lalu klik ikon Screen Capture atau Tangkapan Layar.

2.) Kemudian akan muncul kotak dialog yang memberikan beberapa pilihan :

– Menangkap jendela

– Menangkap Utuh Satu Layar

– Menangkap Area

– Mengulang Tangkapan Terakhir

3.) Pilih opsi yang kamu butuhkan, kemudian gambar yang gambar yang selanjutnya ditampilkan akan otomatis tercapture lalu disimpan sebagai hasil screenshot. Kamu bisa mengeditnya lebih dulu sesuai dengan kebutuhan pada mode pratinjau untuk kemudian menyimpannya jika semua sudah dirasa pas.

 

Akhir Kata

Sebenarnya selain cara yang sudah kami bahas di atas, masih ada banyak sekali cara lain yang tak kalah mudah untuk melakukan screenshot. Namun beberapa cara di atas lebih mudah untuk diaplikasikan karena merupakan fitur utama yang diberikan oleh perangkat Laptop atau PC.

Sayangnya meski sudah ada fitur screenshot yang disediakan, masih banyak saja yang tidak tahu bagaimana caranya. Sehingga justru menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ketiga yang justru akan menambah aplikasi di perangkat kamu.

Demikian cara screenshot di Laptop, semoga bermanfaat ya.

 

Rekomendasi Aplikasi dan Game Keren Lainnya :