Cara Setting APN Indosat 4G Terbaru dan Tercepat

Posted on

ReXdl.co.id – Pernahkah sobat ReXLovers merasakan jaringan internet Indosat Ooredo yang lemot dan bahkan lamban sehingga tidak bisa digunakan untuk browsing internet. Pastinya hal ini akan sangat menjengkelkan bukan. Untuk mengatasinya kamu pun harus melakukan setting APN Indosat agar kamu bisa mengakses internet lagi, berikut ini adalah cara setting APN Indosat 4G yang bisa kamu coba sendiri.

 

Apa itu APN?

Sebelum mengetahui cara settingnya, harusnya kamu pun juga sudah tahu apa itu APN. APN adalah singkatan dari Access Point Name. APN sendiri harus disambungkan terlebih dahulu. Dan kamu pun harus menyambungkan data yang sudah terkonfigurasi. Hal ini dilakukan agar bisa ditampilakn di carries ponsel. Hal ini akan membuat akses internet bisa tersambung.

Untuk melakukannya kamu membutuhkan gateway yang digunakan untuk memberikan identifikasi pada jaringan. Jaringan inilah yang digunakan untuk menghubungkan internet dengan perangkat yang kamu miliki atau kamu gunakan. Ini lah peran utama APN. Yang maka kamu dapat mengartikannya sebagai sebuah jembatan bagi provider penyedia internet dengan smartphone yang kamu gunakan saat ini.

APN dapat dijadikan sebagai operator yang menghubungkan PDN atau Packet Data Network. Contohnya seperti GPRS, GSM, H+,3G  hingga 4G.

 

Struktur APN (Access Point Name)

 

Network Identifier

Network memiliki fungsi mendefinisikan GGSN yang merupakan singkatan dari Gateway GPRS Support Node yang adalah jaringan eksternal yang terhubung akan tetapi bagian ini hanya bisa kamu gunakan ketika kamu membutuhkannya.

Operator Identifier

Bagian ini memiliki fungsi mendefinisikan keberadaan GGSN. Di bagian ini kamu bisa menemukan MNC atau Mobile Network Code yang merupakan kode jaringan seluler Negara. Beserta MCC atau Mobile Country Code yang merupakan kode negara.

 

Informasi yang Terdapat Pada Settingan APN

APN sendiri berisikan mengenai beberapa informasi penting dan khusus seperti di bawah ini :

  1. Nama profil
  2. Username
  3. Password
  4. Jenis Autentifikasi
  5. Proxy dan lain-lain.

Informasi ini digunakan sebagai bahan pertimbangan yang dipakai oleh operator agar memberikan akses data pada smartphone kita. Pastinya dengan ini kamu bisa terhubung dengan internet.

Jenis koneksi yang dibuat pun akan ditentukan sendiri oleh operator dan diperiksa menggunakan konfigurasi APN yang sudah diatur sedemikian rupa. Maka keberadaan APN akan membantu operator untuk menentukan IP Address yang sesuai. Untuk kemduian dihubungan pada server yang aman agar kamu bisa mengakses internet.

Game & App Pilihan :  5+ Cara Atasi Kode MMI Tidak Valid 100% Berhasil

Untuk memudahkan kita, sekarang hampir semua smartphone telah menyesuaikan pengaturan APN secara otomatis tetapi hingga kini masih banyak pengguna ponsel lawas harus melakukan pengaturan sendiri. Atau diatur secara manual.

 

Fungsi APN

Sebenarnya fungsi utama dari APN yakni menjadi penghubung antara perangkat dengan provider yang menyediakan layanan internet jika di Indonesia kita pasti mengenal beberapa provider seperti Telkomsel dan Indosat. Serta masih banyak lagi.

APN ini akan menyesuaikan provider yang kamu gunakan dengan jenis kartu yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan proviver kartu T maka pengaturan APN nya harus dibuat sesuai dengan provider yang kamu gunakan. Sebab jika salah maka kamu tidak akan bisa menggunakan perangkat kamu untuk mengakses internet.

Fungsi lain dari APN yakni untuk mengetahui jenis layanan yang kamu pakai. Seperti MMS, WAP hingga PDN.

 

Cara Setting APN Indosat pada Android dan iPhone

Untuk mengatur setting APN pada provider Indosat untuk perangkat android dan iOS sendiri memiliki perbedaan. Dan berikut ini adalah caranya :

Konfigurasi Setting APN Android

Buka menu Setting > Double SIM & Mobile Network Setting > Access Point Names

Konfigurasi Setting APN iPhone

Buka menu Setting > Setting Cellular > Cellular Option Data > Cellular Network Data

 

Jika kamu sudah memahami letak APN yang ada pada smartphone yang kamu gunakan maka kamu harus melakukan pengaturan settingan APN Indosat 4G. Caranya adalah dengan memilih salah satu settingan yang ada di bawah ini.

 

Daftar Settingan atau Pengaturan APN pada Indosat 4G

Mengapa settingan VPN harus diatur? Sebenarnya settingan VPN sudah bisa otomatis, tergantung pada perangkat yang kita gunakan tetapi kamu bisa melakukan settingan APN yang kamu buat sesuai kebutuhan.

Tapi sebelum itu kamu pun harus tahu bagaimana pengaturan awal atau bawaan yang ada dari Indosat. Sebelum kamu memutuskan untuk menambahkannya.

Settingan Default APN Indosat

Di bawah ini adalah settingan default APN yang ada pada Indosat Ooredoo.

 

Settingan APN Indosat 4G

Untuk membuat akses internet agar lebih stabil dan cepat kamu bisa mengubah pengaturan APN nya menjadi seperti ini.

 

Settingan APN Indosat Alternatif

Apabila paket internet yang kamu pakai merupakan paket Super Internet. Kamu bisa meningkatkan akses internetnnya. Caranya dengan menggunakan jaringan DC-HSPA+. Yang memiliki kecepatan hingga 42 Mbps.

Berikut ini adalah cara mengaturnya :

 

Settingan APN Indosat 4G+ Alternatif

Kamu juga bisa mendapatkan akses internet Indosat 4G yang paling cepat dengan menggunakan beberapa setting APN. Cara ini pun harus kamu lakukan secara manual tentu saja ya sob. Sehingga kamu dapat menikmati akses internet yang lebih nyaman dan cepat.

Game & App Pilihan :  Cara Ngecas Headset Bluetooth Dengan Mudah dan Cepat

Berikut adalah cara mengaturnya :

Settingan APN Indosat Stabil

Sebenarnya ada banyak sekali jenis settingan untuk APN. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengakses internet dengan cara yang lebih cepat, dan pastinya akan menjadi lebih stabil. Cara ini pun biasanya dilakukan secara manual.

Dan berikut ini adalah cara untuk mengatur settingan APN agar membuat internet kamu menjadi lebih stabil dan bahkan lebih cepat dari sebelumnya.

 

Kesimpulan

Terhubung dengan internet memang menjadi sebuah kebutuhan primer yang baru di zaman milenial seperti sekarang ini. Karena jika dulu kita hanya menggunakan internet untuk browsing saja namun sekarang peran internet lebih dari itu.

Browsing untuk mencari informasi dan membaca berita terbaru, mengakses sosial media, bermain game online, streaming film online bahkan mendengarkan musik juga membutuhkan sambungan internet seperti streaming musik online dengan menggunakan aplikasi streaming musik seperti Joox dan Spotify.

Semuanya itu membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil. Karena jaringan internet yang lambat dan tidak stabil terkadang membuat kita kesal sendiri. Untuk menikmati layanan internet sendiri kita telah diberikan pilihan provider yang ada di Negara kita.

Salah satu provider yang sudah ada sejak lama bahkan menjadi salah satu provider perintis di Indonesia adalah Indosat dan Telkomsel. Kamu pun bisa mendapatkan banyak pilihan paket data internet dari Indosat. Yang memang dihadirkan dengan banyak dan beragam variasi.

Namun meski begitu terkadang Indosat memiliki signal dan jaringan yang kurang stabil di beberapa tempat, khususnya jika berada di daerah terpencil dan pelosok. Ya kita tahu lah, jika Indonesia merupakan Negara yang sangat luas dan masih ada banyak daerah yang lokasinya cukup terpencil dan berada di pelosok.

Dengan bantuan dari petunjuk dan Cara Setting APN Indosat 4G di atas semoga bisa memberikan kamu kemudahan dalam menikmati layanan internet yang lebih stabil. Jangan lupa untuk terus ikuti update dari ReXdl.co.id yang akan selalu memberikan kamu info info menarik seputar aplikasi dan game serta informasi menarik seperti di atas. Sampai jumpa dan wassalam….

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :