Cara Setting Mikrotik Rb750 Mudah untuk Pemula Disertai Gambar

Posted on

Cara Setting Mikrotik Rb750

ReXdl.co.id – Hai sobat ReXlover, di kesempatan kali ini Rexi hadir kembali untuk memberikan penjelasan mengenai cara setting mikrotik Rb750 secara lengkap beserta dengan gambarnya. Karena dengan melakukan setting mikrotik rb 750 maka sobat bisa mengoptimalkan jaringan mau pun aktifitas client. Kamu pun juga bisa mengatur keluar masuknya trafik data.

Mengapa kamu harus mengaturnya?

Bisa dibilang perangkat ini memiliki konfigurasi default ketika kamu membelinya. Sehingga kamu bisa menggunakannya secara langsung menjadi router. Akan tetapi kali ini Rexi akan tetap memberikan penjelasan mengenai konfigurasi yang tersedia pada RB750, step by step secara jelas dengan menggunakan gambar.

 

Cara Setting Mikrotik Rb750 Beserta Gambar

Dengan memanfaatkan internet dan juga membagi bandwhite untuk beberapa perangkat komputer dengan menggunakan bantuan IanOke, kamu bisa mengikuti tutorial yang ada di bawah ini.

Pertama

Langkah pertama adalah dengan cara menghubungkan Routerboard dengan menggunakan komputer. Dengan bantuan kabel straight mau pun cross. Untuk kemudian kamu hubungkan ke salah satu port yang ada pada routerboard. Contohnya pada ether 2. Apabila langkah ini baru kamu coba maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini :

Komputer kamu akan langsung diberikan ip dhcp yang berasal dari router. Namun apabila kamu sudah menyettingnya terlebh dahulu, maka kamu harus mereset settingan tersebut terlebih dulu ya.

 

Kedua

Lalu kamu pun bisa membuka web browser. Dan ketikkan saja alamat ip router yakni dengan mengetikkan : 192.168.88.1. Selanjutnya kamu pun bisa mengunduh winbox os. Hal ini harus kamu lakukan pda saat kamu masuk ke settingan routerboard.

 

Ketiga

Selanjutnya kamu pun bisa membuka winbox, untuk kemudian kamu harus masuk dengan menggunakan ip router seperti yang ada di atas. Yakni 192.168.88.1. Kamu juga bisa mengunakan mac address. Contohnya seperti ini :

Kamu juga harus memasukkan username admin. Beserta dengan password yang kamu kosongkan. Dan klik connect!

 

Keempat

Jika kamu sudah berhasil masuk ke router untuk pertama kalinya. Maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menghapus atau meremove configuration. Cara ini dilakukan untuk menghapus konfigurasi yang sudah ada. agar router dapat tersetting dengan baik.

 

Kelima

Kemudian kamu harus mengatur setting ip addressnya. Dengan menggunakan cara mengklik IP > Pilih Address. Di address list kamu menambahkan IP. Caranya dengan mengklik + .

Game & App Pilihan :  Cara Unreg Kartu Axis

Setelah ini kamu pun bisa memberikan IP address. Misalnya topologi seperti yang ada di atas. Yaitu : 192.168.10.1/24. Lalu pada network 192.168.10.0. Sementara pada bagian interface nya kamu akan menggunakan ether 2. Dan klik aply > Ok.

 

Keenam

Apabila kamu telah berhasil mengganti ip routernya maka langkah selanjutnya adalah dengan mengganti alamat IP pada komputer kita sendiri. Agar berada dalam satu segmen dengan IP router. Contoh seandainya kamu menggunakan ip router 192.168.10.1. Sehingga IP komputer kamu adalah 192.168.10.2 hingga 192.168.10.254.

 

Ketujuh

Kamu harus kembali ke winbox. Jika koneksinya terputus maka kamu bisa masuk dengan memanfaat IP yang baru. Yakni misalnya kamu bisa menggunakan IP 192.168.10.1. Agar kamu merasa tidak bingung ketika menambahkan ip lagi, kamu bisa memberikan comment di ip 192.168.10.1. Dengan menggunakan nama LAB. Caranya adalah dengan klik IP Address lalu pilih comment.

Kamu bisa menambahkan IP dari ISP. Jika gateway nya berasal dari ISP 192.168.1.1. Router ini pun bisa kamu beri ip yang berasal satu segmen juga dengan ISP. Contohnya 192.168.1.50/24, sedangkan IP Network nya adalah 192.168.1.0. lalu pada interface nya  contohnya ether 3.

 

Kedelapan

Kamu bisa melakukan tes ping dari mikrotik pada komputer. Atau sebaliknya yakni dari komputer ke mikrotik. Jika dari mikrotik ke komputer kamu dapat memakai terminal lalu ketik ping 192.168.10.2.

Sedangkan dari komputer ke mikrotik. Kamu bisa memakai CMD lalu ketikan 192.168.10.1. Jika berhasil maka kamu akan mendapatkan tampilan.

Nah, dari sini mikrotik dan komputer pun telah saling ping kan. Maka selanjutnya kamu harus menambahkan IP ISP di IP router. Untuk mikrotik dapat terkonek.

Caranya adalah dengan klik IP lalu pilih routers. Di route list ini harus klik tanda +. Kamu pun harus memasukkan IP ISP pada gateway router. Seperti berikut ini :

Jangan lupa untuk klik Apply dan klik OK.

 

Kesepuluh

Barulah setelah itu kamu atur DNS dengan cara memilih DNS. Jika kamu sudah masuk pada DNS kamu bisa memilih setting. Lalu kamu tambahkan IP SIP serta DNS ISP jika ada. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada opsi Allow Remote Request. Dan klik Apply. Dan klik OK.

 

Kesebelas

Jangan lupa untuk mencolokkan kabel utp dari modep ISP pada router yang ada di ether 3. Lalu kamu pun harus ping IP ISP. Misalnya dengan menggunakan 192.168.1.1 lalu Google.com. Apabila sudah berhasil, router kamu pun akan dapat tersambung pada internet atau pun ISP.

 

Keduabelas

Agar komputer blient dapat tersambung juga pada internet. Kamu pun harus mengatur Firewall. Dengan cara klik IP lalu pilih Firewall. Lanjutkan dengan memilih NAT untuk kemudian add atau klik tanda (+).

Game & App Pilihan :  Cara Top Up Shopeepay Lewat Semua Bank

 

Ketigabelas

Mulanya kamu harus tab general lalu di pilihan chain kamu harus memilih srcnat. Sedangkan pada Out Interface kamu bisa memilih ether yang tersambung dengan internet. Yakni ether 3.

 

Keempatbelas

Masuk pada tab action, lalu pilih saja masquerade dan save pengaturan dengan cara klik apply dan klik OK.

 

Ke Lima Belas

Atur kembali IP komputer kamu dengan menambahkan IP gateway lalu IP DNS. Dengan cara seperti di bawah ini :

 

Ke Enam Belas

Kamu pun bisa memeriksa komputer apakah sudah tersambung dengan internet atau tidak dengan menggunakan CMD. Ping pada IP Gateway 192.168.1.1. Lalu ping http://www.google.com. Nah, jika sudah berhasil kamu akan melihat tampilan yang seperti ini :

 

Ke Tujuh Belas

Sampai pada langkah ini, maka kamu bisa dibilang sudah berhasil mengatur mikrotik dan menjadikannya sebagai router. Namun kamu masih dapat memakai IP Statis sehingga kamu dapat menggunakan IP otomatis. Maka kamu pun harus mengatur DHCP server. Caranya adalah dengan klik IP- DHCP server. Lalu pilih DHCP Set Up. Langkah terakhir adalah dengan klik next hingga finis. Atau muncul keterangan succesfully.

Artinya semua langkah-langkahnya sudah lengkap dan berhasil. Selamat ya!

 

Penutup

Jika kamu memperhatikan ulasan di atas dengan seksama maka Rexi yakin kamu dapat berhasil hingga langkah terakhir. Apalagi kami juga memberikan gambar sebagai panduan agar lebih jelas. Jadi, jika kamu mengikuti langkah nya dari awal hingga akhir maka dijamin cara ini akan sukses dan berhasil 100%.

Apabila kamu masih ragu maka kamu sendiri bisa mencoba cara setting mikrotik Rb750 di atas, sesuai dengan panduan yang Rexi berikan. Jangan lupa untuk selalu periksa update ReXdl.co.id karena kami akan memberikan update tiap hari seputar aplikasi bermanfaat dan game paling keren. Sampai jumpa dan Wassalam…

 

Game dan Aplikasi Lainnya :

  1. Emulator Tencent Gaming Buddy Untuk Android PC
  2. Aplikasi Desain Rumah 3D Android
  3. Cara Mengganti IP Address Android
  4. Street Racing 3D Mod APK
  5. Setel APN Telkomsel – 3G/4G Tercepat dan Stabil + Gratis (Setting)
  6. Dream League Soccer APK Mod
  7. Shadow Fight 3 MOD APK