Cara Tanda Tangan di PDF

Posted on

Cara Tanda Tangan di PDF

ReXdl.co.id – Tanda tangan digital belakangan ini menjadi salah satu bentuk cara untuk mengurangi mobilitas di masa Pandemic. Namun, masih banyak orang belum mengetahui cara tanda tangan di PDF. Padahal cara tersebut dinilai lebih efektif, loh. Dibanding lewat scan printer.

Karena dirasa cukup bermanfaat buat orang banyak, terutama pegawai kantor. Kesempatan kita kali ini bakal membahas bagaimana sih membuat tanda tangan dengan mudah lewat PDF. Serta, betapa pentingnya tanda tangan digital tersebut. Gak perlu basa-basi lagi langsung kita ke topik bahasan.

 

Tanda Tangan Langsung Lewat Adobe Acrobat Reader

Sebenarnya, membuat tanda tangan atau signature cukup mudah. Karena kamu bisa memanfaatkan software Bernama Adobe Acrobat Reader. Ya, aplikasi ini tak hanya digunakan tuk membuka file berformat PDF loh.

Melainkan dapat kalian manfaatkan tuk membuat tanda tangan digital. Tanpa harus lewat scanner. Caranya pun terkesan simpel. Dan karena itulah, disini kami akan menjelaskannya secara langsung. So, silahkan simak dengan cermat, ya.

Pastikan Aplikasi Tersebut Telah Terinstall di Laptop

Karena software adobe acrobat ini bukanlah aplikasi bawaan. Jadi, jangan heran kalau belum ada software tersebut di laptop kalian. Namun, gak perlu panik, lantaran Adobe Acrobat Reader ini bisa kalian dapatkan secara gratis loh.

Jadi, kamu hanya perlu buka browser dan cari aplikasi tersebut di Internet, kemudian unduh, deh. Jangan lupa setelahnya, kamu harus menginstall Software Adobe Reader ini di laptopmu, ya. Barulah, laptopmu tersedia aplikasi tersebut dan buka deh Adobe Acrobat Readernya agar kita bisa masuk ke tahap selanjutnya.

Buka File yang Ingin Ditandatangani

Setelah kamu membuka aplikasinya. Tahap berikutnya adalah dengan membuka dokumen berformat PDF yang akan kalian tanda tangan.

Langkahnya adalah dengan klik menu File, kemudian pilih Open. Lalu, carilah dokumennya. Pastikan sudah berformat PDF, ya. Kemudian tunggu deh sampai file terbuka sepenuhnya.

Pilih Menu Fill and Sign

Kalau kita lihat pada bagian kanan, terdapat beberapa menu. Nah, salah satunya adalah Fill dan Sign yang memiliki ikon seperti pena. Silahkan kamu klik menu Fill and Sign in tersebut agar bisa mengedit tanda tangan digital.

Mulai Membuat Tanda Tangan Digital

Saat sudah sampai disini, kamu pilih menu Sign. dilanjutkan dengan mengklik Add Signature untuk menambah tanda tangan pada dokumen yang kamu buka.

Game & App Pilihan :  Aplikasi Membuat CV Gratis Untuk PC dan Android

Kemudian bakal muncul 3 pilihan tanda tangan, nih. Ada type, draw dan Image. Tentunya kamu bisa memilih salah satunya, ya. Misal kalian lebih ingin menggunakan type. Dimana kamu hanya perlu menuliskan nama terangmu. Lalu, aplikasi tersebut akan membuat tanda tangan secara otomatis.

Hebatnya, lagi kalian bisa mengubah tanda tangan tersebut sesuai keinginan, loh. Jikalau memilih draw, itu berarti kamu bisa langsung menulis tanda tangan. Baik itu lewat pen tab dan mouse, kebanyakan orang sih menggunakan mouse untuk tanda tangan simpel lewat Adobe Acrobat Reader ini.

Lalu, kalau menggunakan Image, ya berarti kamu harus melakukan scan tanda tangan dulu, nih. Baru deh dimasukkan ke dalam dokumen tersebut lewat pilihan Image ini. Kalau kamu tanya, diantara ketiga itu mana yang lebih bagus. Menurut kami, sih pilihlah menu Draw saja.

Karena kalian bisa menulis tanda tangan asli kalian. Serta, mengurangi pemalsuan tanda tangan digital tersebut.

Langkah terakhir, silahkan klik tombol Accept atau Apply untuk memasukkan tanda tangan tersebut ke dokumen. Tinggal kalian atur deh posisi dan ukuran signature-nya sesuai kemauan kamu atau atasan. Bagaimana, gak sulit, kan.

 

Bisa Juga Melalui Website Smallpdf

Jika kamu orangnya gak mau ribet. Misalnya harus download dan Install dulu Aplikasi Adobe Acrobat Reader. Maka, cara tanda tangan di PDF lewat website sangat kami rekomendasikan, loh. Lantaran kalian hanya perlu mengunjungi sebuah situs Bernama Smallpdf ini.

Biar gak bingung bagaimana cara menggunakannya. Berikut sudah kami siapkan tahapan-tahapannya. Check this out.

  1. Kunjungi laman website smallpdf melalui ponsel atau laptop yang telah memiliki browser seperti Chrome.
  2. Dari sekian banyak menu, pilihlah tanda tangan PDF.
  3. Upload dokumen PDF yang akan kamu tanda tangan.
  4. Selanjutnya pilih menu tanda tangan dengan yang memiliki icon signature.
  5. Klik Tambahkan tanda tangan anda.
  6. Kemudian buatlah tanda tangan menggunakan mouse seperti biasa.
  7. Jika sudah betul, klik tombol Buat tanda tangan.
  8. Drag signature tersebut ke dokumen.
  9. Sebelum menyelesaikan proses ini. Kamu bisa juga mengubah ukuran tanda tangan serta memindahkan posisinya sesuai kemauan kamu.
  10. Terakhir klik tombol Selesaikan dan Tanda Tangan.
  11. Pilih folder tujuan untuk menyimpan hasil dokumen yang telah ditandatangani.

 

Sebelum menutup websitenya. Buka dulu dokumen yang baru saja diunduh untuk memastikan kalau file tersebut telah bertanda tangan. Cara tanda tangan di PDF melalui website jelas gampang dan cepat banget, kan. Akhirnya kita bisa membuat tanda tangan dengan lebih mudah dan efisien, deh.

 

Deretan Manfaat Menggunakan Tanda Tangan Digital

Pasalnya, belakangan ini tanda tangan berbentuk digital atau elektronik marak digunakan untuk berbagai bentuk dokumen.

Bahkan kita pun sering kali menggunakan tanda tangan tersebut, kan. Memangnya apa saja sih manfaat adanya signature elektronik ini. Kalau begitu, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kalian rasakan.

Game & App Pilihan :  Cara Belanja di Tokopedia Mudah,Aman,Banyak Bonus untuk Pemula

Menghemat Waktu dan Biaya

Misalnya kalau sedang gak dijalan atau lagi gak dikantor. Tiba-tiba ada saja dokumen yang perlu ditandatangani segera. Bahkan gak boleh ditunda lagi lantaran cukup penting. Kalau begini, kalian pun bakal bingung dong. Bahkan bisa saja panik lantaran gak sempat untuk menandatangani berkas tersebut.

Inilah pentingnya tanda tangan digital. Yang mana bisa dirasakan secara langsung manfaatnya. Karena, kamu hanya perlu mengirim dokumen tersebut berbentuk PDF dan bisa kamu tanda tangan dengan gampang deh lewat beberapa cara diatas.

Kalau sudah begini, gak bakal ada lagi deh rasa cemas dan khawatir. Sebab kalian bisa menghemat waktu dan tenaga.

Mengurangi Interaksi di Masa Pandemic

Masa pandemic akibat virus corona yang menyebar keseluruh dunia. Membuat segala macam aktivitas dan interaksi sangat terbatas. Salah satu dampaknya adalah penandatanganan berkas secara langsung.

Untuk mengurangi interaksi maupun mobilitas, makanya hadirlah inovasi berupa tanda tangan dalam bentuk digital ini. Jadi, inilah salah satu alasan kenapa tanda tangan digital sangat dianjurkan dimasa ini.

Karena bisa melindungi kita dari virus Covid-19 serta mengurangi berbagai macam ancaman yang ada. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Mengurangi Resiko Penyalahgunaan Tanda Tangan

Pemalsuan tanda tangan kerap kali terjadi. Membuat banyak pihak mengalami kerugian besar hanya karena itu. Untuk mencegah hal tersebut terulang lagi. Banyak perusahaan, sekolah, yayasan akhirnya mengubah peraturan dengan menggunakan tanda tangan digital sebagai syarat resmi sebuah dokumen.

Karena telah terbukti adanya tanda tangan elektronik, baik itu berformat PDF memiliki keamanan cukup tinggi. Lantaran, cara tanda tangan di PDF tersebut memiliki algoritma enkripsi cukup canggih. Makannya, oknum nakal bakal susah deh buat memalsukan tanda tangan kamu.

 

Akhir Kata

Adanya perkembangan teknologi membuat segala macam kegiatan makin praktis, mudah, dan efisien. Salah satunya adalah bentuk tanda tangan. Dimana kita gak perlu lagi melakukan itu secara tertulis menggunakan pena.

Apalagi dengan adanya beraga, cara tanda tangan di PDF yang telah kami berikan. Jadi, kalian tinggal upload dokumen dan membuka aplikasi dan website diatas. Dengan begitu, tinggal buat deh tanda tangan yang sesuai. Dengan ini, kita sudahi dulu ya artikelnya. Terimakasih semuanya.

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :