Cek IP Address

Posted on

Cara Mengetahui IP Address Orang Lain

Tahukah kalian bahwa cara Cek IP Address bisa dilakukan menggunakan Laptop dan Android. IP address merupakan sebaris angka yang dimiliki oleh setiap ponsel, gawai pintar, komputer atau jenis android lainnya yang terhubung melalui internet. Untuk setiap perangkat, angka-angka ini berbeda dan untuk digunakan menghubungi satu sama lain.

cek ip address komputer

Tentu, untuk menggunakannya Anda kerap penasaran dengan IP address yang ponsel atau android Anda miliki. Rupanya untuk cek IP address tidak hanya menggunakan satu cara, melainkan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Cek IP Location

Untuk melihat IP Address bisa menggunakan Laptop / PC juga bisa dengan Android. Untuk selengkapnya silahkan simak dibawah ini :

Cara Cek IP Address Untuk PC, HP,CMD,Wiffi, Server

Untuk perangkat komputer atau laptop, terdapat 3 cara untuk mengetahui IP address perangkat Anda yaitu sebagai berikut.

Cek IP Address CMD

Langkah pertama untuk mengetahui IP address Anda adalah dengan membuka Command Prompt. Untuk membukanya, terdapat dua cara yaitu dengan menekan tombol windows dan R secara bersamaan atau dengan cara membuka Start menu kemudian mengetik kata Run, kemudian klik OK setelah muncul gambar khusus.

Apabila telah berhasil dibuka, masukkan perintah ipconfig setelah muncul kode-kode lalu kemudian enter. Kemudian jika berhasil maka IP address akan muncul.

Melalui Control Panel

Cara cek IP address pada komputer atau laptop selanjutnya adalah dengan membuka Control panel windows melalui start menu dan cari pada fitur pencarian. Setelah itu, buka pengaturan Network dan internet. Anda akan menemukan menu network and sharing center. Lalu klik submenu view network status and tasks. Lalu klik koneksi WiFi yang Anda gunakan.

Game & App Pilihan :  Cara Menyadap WA Tanpa Barcode dan Dengan Barcode 100% Work

Kemudian klik Details setelah muncul status WiFi yang Anda gunakan, jika berhasil maka akan muncul detail koneksi beserta alamat IP yang Anda perlukan.

Melalui Network & Internet Settings

Cara ketiga adalah dengan membuka pengaturan WiFi pada ikon WiFi yang berada pada pojok kanan bawah dari toolbar. Kemudian buka properties WiFi dan scroll hingga ke bawah, lalu Anda akan menemukan detail alamat IP yang Anda butuhkan.

Cara Cek IP Address di Android

Sedangkan cara cek IP address untuk Android sama-sama memiliki 3 cara yaitu dengan setting Wi-Fi, about phone, dan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah cara menggunakannya.

Melalui Settings Wi-Fi

Langkah pertama, bukalah pengaturan kemudian buka koneksi dan kemudian pilih WiFi. Kemudian klik jaringan WiFi yang Anda gunakan, maka alamat IP pun akan muncul.

Melalui About Phone

Untuk selanjutnya, Anda dapat menggunakan about phone. Untuk Anda yang sedang menggunakan mobile data, cara mengetahui IP address adalah dengan cara membuka setting kemudian pilih about phone dan klik status pada ponsel pintar Anda. Maka alamat IP Anda akan muncul kemudian.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ketiga untuk cek IP address adalah dengan mengggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang ada pada PlayStore. Cara yang ketiga ini mungkin mengharuskan Anda untuk lebih teliti dalam memilih aplikasi yang akan digunakan, karena tidak sedikit aplikasi yang kurang akurat atau justru merupakan aplikasi spam. Maka Anda perlu memilih aplikasi yang benar-benar bagus.

Jika sudah mengunduh aplikasi yang sesuai, sebagai contoh aplikasi My IP Address. Kemudian buka aplikasi tersebut dana alamat IP Anda pun akan muncul secara otomatis.

Cara-cara diatas adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui alamat IP Anda sesuai dengan jenis platform atau Android yang hendak Anda telusuri alamat IP nya. Selamat mencoba untuk cek IP address dengan cara-cara diatas. Semoga berhasil dan bermanfaat.

Game & App Pilihan :  Aplikasi Membuat CV Gratis Untuk PC dan Android

Artikel Lainnya :

Cara Cek Saldo Jamsostek

Cara Mematikan Windows Defender

Cara Sharing Printer