Download Aplikasi Kwitansi Gratis

Posted on

Download Aplikasi Kwitansi Gratis

ReXdl.co.id – Seiring dengan perkembangannya zaman, penggunaan kwitansi dapat digunakan melalui aplikasi. Kamu bisa mendaptkan diberbagai platform seperti google play, google dan lain lain. Mau tahu bagaiamana cara download aplikasi kwitansi gratis? Simak penjelasan berikut.

 

Pengertian Kwitansi

Kwitansi adalah salah satu tanda bukti yang paling sering digunakan dalam melakukan transaksi. Dengan adanya kwitansi dapat mencegah terjadinya penipuan atau salah hitung dalam melakukan transaksi.

Selain itu, dalam kwitansi nantinya akan ada kedua belah pihak yang harus saling menandatangani sebagai tanda persetujuan dengan transaksi yang dilakukan. Tanda tangan tersebut juga akan menjadi salah satu bukti bahwa orang tersebut telah setuju dengan transaksi yang dilakukan sebelumnya.

Dengan adana kwitansi tentunya akan memudahkan pendataan arus kas yang masuk dan yang keluar dalam pembukuan. Oleh karena itu, setiap kwitansi harus disimpan dengan baik baik agar tidak hilang atau sobek.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam kwitansi terdapat yang namanya, kop perusahaan, nomor kwitansi, nama pemberi uang, jumlah uang yang dinyatakan dengan nominal angka dan huruf, peruntukkan pembayaran, nama tempat, tanggal pembayaran dan, penerima uang atau tanda tangan.

Selain itu, kamu dapat menambahkan materai pada kwitansi agar memiliki kekuatan hukum di dalam persidangan. Hal tersebut dapat kamu lakukan untuk berjaga jaga apabila nantinya ada suatu masalah dalam transaksi.

Hal Hal yang harus Diperhatikan dalam Penggunaan Kwitansi

Dari beberapa hal diatas, ada suatu hal yang lebih penting yang perlu kamu ketahui yaitu, penggunaan kwitansi. Seperti yang kamu ketahui bahwa kwitansi merupakan salah satu dokumen yang dijadikan bukti. Oleh sebab itu, penggunaannya tidak sembarang digunakan.

  1. Jangan pernah menandatangani kwitansi kosong. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan tanda tangan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Berhati hatilah dalam menulis nama seseorang baik si penerima maupun si pemberi uang.
  3. Selalu tambahkan tanda tangan pada akhir tulisan, misalnya pada bagian untuk pembayaran. Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi penjelasan di luar transaksi.
  4. Selalu tulis nama tempat serta tanggal transaksi yang berdekatan pada tanda tangan si penerima.
  5. Jika ingin menggunakan materai, pastikan materai tersebut terkena tanda tangan.

 

Jenis jenis Kwitansi

Kwitansi sendiri sebenarnya terbagi dalam beberapa jenis, yaitu.

  • Kwitansi transfer uang : Jenis kwitansi seperti ini biasanya digunakan dalam dunia perbankan. Kwitansi jenis ini tentunya digunakan sebagai kebutuhan transfer antara nasabah dan pihak bank.
  • Kwitansi transaksi produk : Kwitansi transaksi produk berfungsi untuk mendeskripsikan tentang produk yang dibeli oleh konsumen. Kwitansi ini menjelaskan informasi mencakup nomor seri lengkap dari produk, jenis produk, alamat pembeli dan juga harga produk.
  • Kwitansi bukti pembayaran :  Jenis kwitansi inilah yang biasanya digunakan oleh seseorang/lembaga/perusahaan dalam proses jual beli atau kerja sama antara kedua bela pihak.
  • Kwitansi Cash Receipt : Kwitansi Cash Receipt merupakan kwitansi yang menjelaskan tentang uang masuk dan uang keluar. Hal tersebut dilakukan sebagai bukti keuangan selama peninjauan berikutnya dilakukan.
Game & App Pilihan :  KPN Tunnel

 

Jenis jenis Aplikasi Kwitansi

Pada umumnya kwitansi berasal dari kertas khusus yang ditulis untuk melakukan transaksi. Namun seiring dengan perkembanngannya teknologi, kwitansi dapat digunakan melalui smartphone android kamu.

Memang legal menggunakan kwitansi digital? Kamu tidak perlu khawatir lagi, karena aplikasi kwitansi sudah lumrah digunakan sampai saat ini. Selain itu, sudah banyak orang yang download aplikasi kwitansi gratis ini, bahkan aplikasi kwitansi sudah lolos syarat syarat hukum di negeri kita..

Tujuan dibuatnya aplikasi kwitansi adalah untuk mempermudah proses transaksi tanpa harus saling bertemu langsung. Selain itu, adanya aplikasi kwitansi dapat meminimalisir terjadinya kehilangan bukti transaksi. Lantas, Apa apa saja aplikasi aplikasi kwitansi? Berikut penjelasannya.

  1. Faktur dan Penerimaan

Aplikasi kwitansi yang pertama adalah Faktur dan Penerimaan. Kelebihan dari aplikasi kwitansi satu ini adalah kamu dapat melakukan transaksi menggunakan mata uang asing. Jadi bagi kamu yang sering melakukan transaksi dengan mata uang asing, aplikasi ini sangat cocok buat kamu.

  1. Invoice maker & Billing Apss

Yang kedua ada Invoice maker & Billing Apss. Aplikasi ini merupakan aplikasi kwitansi yang memiliki size  yang ringan. Aplikasi ini bagus bagi kamu yang memiliki smartphone dengan spesifikasi terbatas. Walaupun size yang ringan, bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur.

Aplikasi Invoice maker & Billing Apss ini justru menyediakan begitu banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat kwitansi. Contohnya seperti, pilihan bahasa yang digunakan dan membuat kwitansi hingga menyimpan hasil kwitansi dalam bentuk file pdf atau excel.

  1. Invoice & Quotation

Ketiga, ada invoice & Quotation. Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan yaitu sangat mudah penggunaannya, bahkan tampilanya pun sangat mudah dipahami. Selain itu aplikasi ini sudah menyediakan template yang bisa langsung kamu pakai untuk membuat kwitansi.

  1. Receipt & Invoice
Game & App Pilihan :  Download WifiKill Pro V2.3.2 Full Version

Keempat, ada aplikasi Receipt & Invoice. Aplikasi satu ini sangat bagus karena menyediakan beberapa fitur yang pasti membuat kamu lebih mudah dalam membuat kwitansi.

Apa saja fitur fitur tersebut? Fitur fitur yang disediakan seperti, dapat membuat kolom tanda tangan, dapat membuat logo perusahaan, bahkan dapat menambahkan nama toko pada salinan kwitansi digital.

 

Cara Download Aplikasi Kwitansi

Kamu lagi berada di luar kota? Ingin melakukan transaksi tapi tidak bisa bertemu langsung? Tenang saja, kamu bisa langsung download aplikasi kwitansi gratis biar proses transaksi kamu lebih mudah. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.

Jadi kamu dapat memilih salah satu aplikasi kwitansi yang ada diatas sesuai keinginan kamu. Seperti contohnya, aplikasi receipt & invoice. Kamu tidak perlu khawatir jika kamu memilih aplikasi kwitansi yang berbeda, karena cara cara downloadnya tetap sama.

  1. Pertama tama, pastikan smartphone kamu terhubung ke jaringan internet
  2. Jika sudah terhubung ke jaringan internet, saatnya kamu masuk ke aplikasi Googlep Play Store
  3. Lalu, tulisahlah nama aplikasi kwitansinya melalui kolom search yang terdapat pada Google Play Store. Contohnya seperti, Receipt & Invoice atau Invoice & Quotation(pokoknya aplikasi kwitansi yang kamu inginkan)
  4. Setelah kamu tulis, tekan enter untuk menulusurinya
  5. Setelah itu klik pada ikon aplikasi kwitansi Receipt & Invoice
  6. Setelah itu klik instal
  7. Tunggu proses download aplikasi kwitansi gratis sampai selesai
  8. Setelah proses download aplikasi kwitansi gratis selesai, kamu bisa klik tombol buka untuk mencoba aplikasi kwtansi tersebut.

 

Akhir Kata

Bagaimana? Mudah bukan? Kamu hanya perlu bermodalkan jaringan internet dan smartphone kamu untuk mengunduh aplikasi kwitansi ini. Dengan seperti ini, proses transaksi dapat dilakukan hanya dengan sentuhan jari saja.

Bagi kamu yang sudah download aplikasi kwitansi gratis, bukan berarti file kwitansi tidak bisa hilang. Kamu harus tetap berhati hati dalam membuat dan menyimpan file kwitansi tersebut. Karena seperti yang kamu ketahui, bahwa file kwitansi adalah bukti dari suatu transaksi yang pernah dilakukan.

Game dan Aplikasi Lainnya :