Download Mi Flash Tool dan Cara Flashing Xiaomi (Mudah)

Posted on

Kamu bisa download Mi Flash Tool untuk mendapatkan alat flashing ponsel pintar maupun tablet Xiaomi terbaik. Software untuk PC Windows ini sangat direkomendasikan khususnya untuk pengguna Xiaomi yang bermasalah dengan perangkatnya dan ingin melakukan flashing.

Menggunakan Mi Flash Tools sangat menguntungkan daripada kamu menggunakan tool lain yang tidak jelas sumbernya. Ada banyak fitur yang bisa dinikmati oleh Mi Fans, satu hal yang pasti flashing perangkat Xiaomi menggunakan software ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Review Mi Flash Tool untuk Flashing Xiaomi dengan Mudah

Review-Mi-Flash-Tool-untuk-Flashing-Xiaomi-dengan-Mudah

Sama seperti merk perangkat Android lainnya, Xiaomi juga bisa di-maintenance apabila ada ada masalah seperti gagal dihidupkan atau ingin upgrade firmware. Flashing perangkat merupakan cara yang ampuh untuk maintenance dan install ulang perangkat sehingga bisa bergfungsi normal lagi.

Flashing perangkat Xiaomi memang bisa dilakukan, yaitu dengan dukungan fastboot yang juga dibantu dengan firmware khusus yang dikembangkan oleh pihak Xiaomi. Firmware tersebut biasa disebut dengan fastboot ROM yang memungkinkan pengguna bisa flashing Xiaomi di PC.

Nah, selain dual hal di atas, untuk flashing perangkat Xiaomi di PC juga membutuhkan aplikasi flashing bernama Mi Flash Tool. Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh Xiaomi untuk mempermudah penggunanya melakukan flashing jika terjadi masalah dengan smartphone/tablet.

Kamu bisa download Mi Flash Tool yang sesuai dengan OS dan spesifikasi PC yang digunakan. Ada banyak sekali versi Mi Flash Tool yang bisa kamu dapatkan langsung dari website resmi Xiaomi yang harus kamu sesuaikan dengan PC-mu.

Memilih versi Mi Flash Tools juga harus disesuaikan dengan perangkat ponsel Xiaomi yang kamu miliki. Apabila perangkatmu produk lama, maka bisa menggunakan Mi Flash Tool versi lama. Begitu juga jika ponselmu keluaran terbaru, maka akan lebih manjur jika pakai Mi Flash Tool terbaru.

Flashing smartphone di PC menggunakan Mi Flash Tool membutuhkan kabel USB bawaan dan orisinil milik Xiaomi. Jadi sebelum melakukan flashing, pastikan apakah kabel USB tersebut sudah terpasang driver-nya di PC agar smartphone terdeteksi dan bisa di-flash.

Mi Flash Tool sangat ampuh digunakan untuk melakukan flashing perangkat Xiaomi semua tipe, entah itu smartphone maupun tablet. Tidak ada perbedaan antara merk Xiaomi atau Xiaomi Redmi karena mereka masih berada dalam satu payung yang sama.

Game & App Pilihan :  Cara Menghilangkan Internet Positif

Namun apabila tidak ada versi Mi Flash Tool yang sesuai dengan perangkat Xiaomi maupun PC, maka bisa menggunakan Mi Flash Pro. Mi Flash Pro adalah Mi Flash Tool versi terbaru yang memiliki sistem integrasi yang lebih luas dan lebih universal dalam penggunaannya.

Link Download Mi Flash Tool dan Cara Instalasinya

Sebelum flashing perangkat Xiaomi menggunakan PC, kamu harus memasang software Mi Flash Tool yang tepat. Adapun caranya instalasinya adalah sebagai berikut :

  • Pertama download software Mi Flash Tool di https://www.xiaomiflash.com dan pilih versi yang sesuai dengan perangkat dan PC-mu
    Pertama-download-software-Mi-Flash-Tool-di-https-www.xiaomiflash.com-dan-pilih-versi-yang-sesuai-dengan-perangkat-dan-PC-mu
  • Setelah terunduh, ekstrak file zip tersebut di lokasi yang kamu inginkan
  • Selanjutnya klik file ekstensi .EXE dua kali hingga terbuka jendela instalasi lalu klik “Next”
  • Selanjutnya klik “Next” setelah kamu menentukan lokasi penyimpanan
  • Selanjutnya klik “Install this software anyway” dan tunggu prosesnya hingga selesai
    Selanjutnya-klik-“Install-this-software-anyway”-dan-tunggu-prosesnya-hingga-selesai
  • Instalasi selesai, sekarang kamu bisa flashing perangkatmu yang bemasalah di PC

Cara Flashing Perangkat Xiaomi dengan Software Mi Flash Tool

Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum flashing perangkat Xiaomi, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan software Mi Flash Tool sudah terpasang di PC
    Pastikan-software-Mi-Flash-Tool-sudah-terpasang-di-PC
  • Pastikan versi Mi Flash Tool juga sesuai dengan perangkat dan PC yang digunakan
  • Pastikan Xiaomi USB Driver sudah terpasang di PC sehingga smartphone bisa dideteksi dengan mudah
    Pastikan-Xiaomi-USB-Driver-sudah-terpasang-di-PC-sehingga-smartphone-bisa-dideteksi-dengan-mudah
  • Pastikan telah mengunduh fastboot ROM yang benar untuk keperluan flashing

Apabila ketentuan di atas telah di kamu penuhi, maka proses flashing perangkat Xiaomi bisa dimulai. Adapun langkah-langkah yang benar adalah sebagai berikut :

  • Pertama jalankan software Mi Flash Tool
  • Selanjutnya ekstrak ROM Fastboot lalu simpan di Local Disk C:\ untuk meminimalisir kesalahan saat proses flashing sedang dilakukan
  • Jika sudah, sekarang masuk ke mode fastboot dengn mematikan power smartphone Xiaomi lalu tekan bersamaan tombol “Power+Volue Down” hingga muncul logo Xiaomi di layar
    Jika-sudah-sekarang-masuk-ke-mode-fastboot-dengn-mematikan-power-smartphone-Xiaomi-lalu-tekan-bersamaan-tombol-“PowerVolue-Down”-hingga-muncul-logo-Xiaomi-di-layar-scaled
  • Selanjutnya hubungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB dengan driver yang sudah terpasang. Kamu bisa mengeceknya di menu “Device Manager” lalu “MIUI Arena” lalu “Android Device” dan lihat apakah ada tanda seru di Android ADB Interface. Jika tidak ada maka kabel USB tersebut bisa digunakan
  • Sekarang masuk kembali ke dalam software Mi Flash Tool lalu klik “Select”
    Sekarang-masuk-kembali-ke-dalam-software-Mi-Flash-Tool-lalu-klik-“Select”
  • Sekarang cari ROM Fastboot yang kamu ekstrak sebelumnya dan klik “Refresh”
  • Selanjutnya akan muncul kombinasi angka yang menandakan bahwa perangkat Xiaomi terkoneksi dengan baik di mode fastboot
    Selanjutnya-akan-muncul-kombinasi-angka-yang-menandakan-bahwa-perangkat-Xiaomi-terkoneksi-dengan-baik-di-mode-fastboot
  • Jika sudah sekarang arahkan kursor ke arah bawah lalu pilih “Clean All” kemudian klik “Flash”. Opsi Clean All memungkinkanmu menghapus semua data dan aplikasi dari perangkat namun bootloader tetap akan terbuka
    Jika-sudah-sekarang-arahkan-kursor-ke-arah-bawah-lalu-pilih-Clean-All-kemudian-klik-Flash.-Opsi-Clean-All
  • Selanjutnya tunggu proses flashing hingga selesai yang akan memakan waktu hingga 10 menit
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi “Flash Done” jika proses flashing berhasil dilakukan
    Selanjutnya-akan-muncul-notifikasi-“Flash-Done”-jika-proses-flashing-berhasil-dilakukan
  • Setelahnya perangkat Xiaomi akan mulai ulang dengan sendirinya, jika tidak maka kamu juga bisa melepasnya dari PC dan menekan tombol power seperti biasa untuk menghidupkannya
Game & App Pilihan :  Cara Mengaktifkan Nomor yang Diblokir Gampang dan Cepat

Pro Kontra Flashing Perangkat Xiaomi

Pro-Kontra-Flashing-Perangkat-Xiaomi

Sebelum memutuskan untuk melakukan flashing perangkat Xiaomi, kamu harus memahami beberapa hal yang penting. Ingat, dengan melakukan flashing, seluruh data dan aplikasi yang tersimpan di smartphone Xiaomi akan musnah tidak tersisa.

Jadi usahakan sebelum melakukan flashing, kamu harus mencadangkan semua data dan aplikasi penting yang ada di smartphone tersebut. Kamu bisa mengintegrasikan semua user data tersebut di Mi Cloud atau menggunakan aplikasi pencadangan online lainnya.

Meskipun berisiko kehilangan semua data di smartphone, flashing benar-benar membantu untuk memperbaiki perangkat yang rewel. Apabila smartphone Xiaomi milikmu sering bootloop dan eror lainya, maka dengan melakukan flashing semua masalah tersebut akan hilang.

Flashing smartphone Xiaomi dengan Mi Flash Tool membutuhkan ROM Fastboot yang sesuai dengan perangkat tersebut. Karena itu, kamu harus memilih ROM Fastboot yang dikembangkan oleh Xiaomi sendiri agar tidak ada masalah di kemudian hari.

ROM Fastboot yang berasal dari sumber tidak resmi justru akan membahayakan smartphone, misalnya saja rawan disusupi virus dan malware. Untuk itu, pilih ROM yang benar-benar resmi  dan sesuai dengan ekor smartphone Xiaomi milikmu.

Kesimpulannya, kamu bisa flashing perangkat Xiaomi di PC dengan download Mi Flash Tool. Software ini adalah alat flashing paling rekomendasi untuk pengguna Xiaomi karena dikembangkan oleh Xiaomi sendiri.

Kamu bisa flash smartphone Xiaomi di PC mudah dan praktis dengan dukungan mode Fastboot. Jadi kamu harus mengunduh ROM Fastboot yang resmi dan sesuai dengan smartphone milikmu agar tidak ada masalah di masa depan plus smartphone bisa normal kembali.