Empat Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

rexdl.co.id – Empat Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak – Laptop sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pegawai. Hampir setiap tugas harus diselesaikan dengan Laptop. Namun demikan terkadang laptop yang terlalu sering dipakai akan mengalami masalah atau bahkan rusak.

Empat Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Bagaimana kira-kira solusinya agar laptop yang kita miliki ini tidak cepat rusak? Berikut rexdl akan coba menyajikan beberapa empat tips merawat laptop agar tidak cepat rusak.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat laptop agar nantinya bisa awet ketika digunakan, oleh karena itu sobat semua harus memahami benar-benar hal apa saja tidak boleh dilakukan agar laptop tetap awet.

Berikut beberapa tips yang akan rexdl bagikan pada sobat untuk menjaga laptop agar tetap awet.

Empat Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

1. jangan salah saat Mencharger Laptop

Pastikan ketika akan mencharger laptop, colokan ke listrik sudah masuk terlebih dahulu baru kemudian colokan ke laptop. Kenapa perlu demikian? Karena jika kita memasang colokan ke laptop baru kemudian ke listrik, biasanya ini menyebabkan loncatan daya yang tidak stabil. Loncatan daya inilah yang membuat motherboard pada laptop jadi cepat rusak. Oleh karena itu pastikan cara mencharger laptop sobat sudah benar agar tetap awet.

2. jangan tutup layar laptop ketika masih menyala

Terkadang karena buru-buru kita langsung saja menutup layar laptop padahal masih dalam keadaan menyala. Ternyata hal ini tidak baik untuk laptop, mengapa? Karena jika hal ini dilakukan dapat menyebabkan kerusakan pada layar seperti whitespot/deadpixel pada layar. Oleh karenanya sobat perlu bersabar ketika akan mematikan laptop atau sekedar sleep. Pastikan layar laptop benar-benar telah mati baru kemudian kita tutup untuk menjaga laptop agar tetap awet.

3. jangan menumpuk barang diatas laptop

Hal ini juga merupakan kebiasaan yang tidak baik. Karena dengan kita menumpuk barang diatas laptop dapat menyebabkan layar laptop tertekan. Hal ini tentu saja tidak baik karena dengan tertekan layar laptop akan rentan untuk pecah atau muncul garis-garis hitam yang akan merembet menjadi lebih lebar. Oleh karena itu, menumpuk barang diatas laptop sagat tidak disarankan. Dan pastikan jika kita menyimpan laptop di dalam tas, posisi laptop berada di bagian paling atas.

4. jangan dibiasakan makan dan minum di atas laptop

Ketika sedang mengerjakan pekerjaan dengan laptop, memang enak jika ditemani camilan dan minuman, tapi ternyata, hal ini kurang baik, karena remahan camilan atau tetesan minuman yang kita makan atau minum, dapat masuk ke sela-sela keyboard dan membuat kerusakan sedikit-demi sedikit, oleh karenanya hindari kebiasaan ini agar laptop tetap awet ya sob.

Itu tadi beberapa tips atau cara yang dapat sobat terapkan agar laptop yang sobat miliki bisa tetap awet. Menjaga lebih baik daripada memperbaiki oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui apa-apa saja yang dapat merusak kinerja laptop.

Semoga tips-tips diatas bermanfaat, dan jika ada tips lain, sobat boleh menuliskannya di komentar untuk saling berbagi dan mengingatkan sesama.

Torang Raid
Torang Raid
Articles: 1553