Font Untuk Presentasi

Posted on

Font Untuk Presentasi

ReXdl.co.id – Tahukah kamu bahwa font dapat membawa kesan tertentu ketika kamu tampilkan pada saat presentasi? Persoalan font memang kadang dianggap hal sepeleh padahal font memiliki peran penting dalam melengkapi presentasi kamu.

Font ialah komponen utama dalam hal desain, baik itu untuk desain grafis, font untuk presentasi, membuat suatu website, dokumen, dan masih banyak lagi. Komponen font yang digunakan dalam banyak hal inilah yang membuatnya menjadi bagian sangat penting.

Peran font sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian dan mempengaruhi minat baca serta menciptakan harmonisasi sebuah tampilan agar tampilan visual terlihat profesional dan dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Font yang dipakai biasanya memiliki beberapa aturan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Ukuran font sebaiknya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.
  2. Font yang digunakan sebagiknya adalah font yang mudah untuk dibaca.
  3. Penggunaan jenis font dalam suatu PowerPoint tidak boleh terlalu banyak agar tidak membuat tampilan presentasi kamu terlalu ramai.
  4. Perpaduan font yang menarik harus pemilihan kombinasi font yang tepat.

 

Cara Memilih Font Presentasi Keren

Memilih font untuk presentasi yang cocok bukanlah hal yang mudah. Berikut adalah beberapa tips memilih font untuk presentasi.

Pilih Font yang Sesuai Dengan Tema Slide

Dalam suatu slide pilihlah font untuk presentasi yang sesuai dengan slide yang digunakan. Ada beberapa nuansa yang dapat ditentukan sebelum memilih font.

Nuansa pertama adalah Nuansa Klasik. Slide presentasi bernuansa klasik yang biasanya akan sangat cocok kalau kamu menggunakan font dengan jenis yang, tegas, tebal, serta banyak lekukan. Contohnya yaitu Times New Roman dan Palatino.

Nuansa kedua adalah Nuansa Modern. Nuansa font modern yang biasanya akan lebih cocok jika kamu menggunakan font dengan jenis yang simpel, mudah dibaca, serta tidak banyak lekukan. Contoh font nuansa modern yang dapat digunakan ialah Calibri dan Arial.

Pilihlah Font yang Menarik Namun Mudah Dibaca

Kamu bisa memakai font yang menarik namun harus mudah dibaca agar audiens nyaman dalam melihat materi presentasi kamu. Font yang mudah dibaca ialah font yang jelas bentuknya dan dapat dibedakan oleh mata walau dalam jarak yang cukup jauh.

Pilih Font yang Lengkap Jenisnya

Tips ketika memilih font untuk presentasi selajutnya ialah ketika kamu mendownload, pilihlah font yang mempunyai karakter serta jenis yang lengkap. Karena hal ini akan memudahkan kamu ketika melakukan kombinasi terhadap font tersebut.

Game & App Pilihan :  Cara Membuat Logo Menggunakan PC + HP dengan Mudah Disertai Gambar

Kami akan memberitahu kamu salah satu contoh font yang tidak memiliki jenis lengkap ialah Font Abril Fatface yang cuma mempunyai jenis Regular. Sedangkan font yang memiliki jenis yang lengkap ialah Font Aileron.

Selain tips di atas, berikut ialah rekomendasi kombinasi jenis font untuk presentasi yang bagus:

  • Sacramento – Montserrat
  • Realway – Shadow inti Light
  • Anton – Open Sans
  • Lato Heavy – Latto
  • Bodoni – Montserrat
  • Open Sans Extra Bold – PT Sans
  • Bebas Neue – Montserrat
  • League Spartan – Source San Pro Reguler
  • Rasing Sar One – Satisfy
  • Parisienne – Avantgarde Bk Bt

 

Kombinasi font yang baik dalam PowerPoint presentasi kamu dapat menambah nilai keindahan slide serta membuat presentasi kamu menjadi lebih menarik dan efektif. Setiap kombinasi font yang ada di atas bisa kamu gunakan sesuai dengan tema presentasi.

 

Download Font untuk Presentasi

Kamu harus memilih font untuk presentasi yang tepat, agar presentasi kamu semakin terlihat sempurna. Tapi, karena terbatasnya font yang ada pada PowerPoint, tentu saja membuat kamu kebingungan untuk mencari font yang cocok dipakai.

Tapi sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena kami merekomendasikan website yang memberikan font secara gratis untuk kamu. Kamu dapat mendownload font-font tersebut di website yang kami berikan. Berikut ialah websitenya:

Google Fonts

Google menyediakan sebuah website untuk mendownload font-font menarik secara gratis. Banyak sekali jenis font yang ditawarkan pada website tersebut. Kamu dapat melihatnya langsung sebelum kamu mendownload font tersebut.

Kamu bisa mengakses web tersebut pada link www.google.com/fonts. Berbagai macam jenis font akan muncul dan kamu bisa langsung memilih mana jenis font yang cocok untuk PowerPoint presentasi kamu.

1001freefonts

Website 1001freefonts menyediakan sampai dengan 30 ribu fonts yang dapat Kamu download secara gratis. Kamu dapat mencari font yang kamu mau lewat abjad ataupun dengan mengetik langsung nama jenis font yang kamu cari.

Sama halnya dengan Google Fonts, di website 1001freefonts kamu juga dapat melihat serta mencoba langsung font yang akan kamu download. Selain itu kamu juga dapat menentukan ukuran dan warna dari font tersebut.

Kamu bisa mengakses web font tersebut pada link www.1001freefonts.com. Kemudian kamu bisa langsung mencari dan menggunakan font tersebut secara gratis.

Font Squireel

Website ini disediakan untuk kamu yang ingin belajar sebagai desainer. Font yang tersedia di website ini sangat banyak dan tentunya menarik. Website yang ditampilkan sangat mudah diakses.

Game & App Pilihan :  Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk

Pada website font Squirrel kamu bisa melihat dahulu font yang akan kamu download. Kamu juga bisa mencari berdasarkan font yang sedang populer. Sangat rekomendasi sekali bagi kamu yang ingin membuat slide presentasi tampil lebih menarik.

Kamu dapat mengakses web tersebut pada link www.fontsquirrel.com. Selamat mencoba berbagai font secara gratis.

Dafont

Dafont ialah website yang menyediakan ribuan font yang dapat kamu download secara gratis. Selain itu, website dafont mempunyai tampilan yang sederhana sehingga sangat mudah bagi kamu untuk mengaksesnya.

Pada website ini, kamu dapat mencari font berdasarkan beberapa kategori yang tersedia. Misalnya Techno, Fancy, Bitmap, dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan kamu untuk mencari font dengan cepat. Website ini dapat kamu telusuri pada link www.dafont.com.

Cara mendownload font pun tidak lah sulit. Kamu bisa langsung mendownload font-font yang tersedia secara gratis di website yang telah kami sebutkan. Kemudian install dan setelah itu font akan terpasang secara otomatis. Kamu tinggal mencari nama dari font yang telah diinstall.

 

Adapun manfaat memilih font yang tepat untuk presentasi kamu ialah sebagai berikut:

  • Slide presentasi kamu menjadi mudah dipahami baik oleh audiens dan bagi kamu sendiri sebagai presentator.
  • Memberikan penegasan kepada beberapa kata atau kalimat penting seperti ketika menggunakan font yang tebal sehingga membuat pembaca lebih fokus.
  • Menambahkan kualitas slide presentasi kamu serta membuat kamu terlihat lebih professional.
  • Memudahkan audiens membaca slide presentasi kamu meskipun jarak pandang audiens ke layar presentasi cukup jauh.
  • Manfaatnya lainnya, menjadikan slide presentasi kamu sempurna, terutama dimata audiens dan terciptanya slide presentasi yang lebih baik.

Tentu saja, font yang bagus untuk PowerPoint tidak perlu terlalu ramai dan unik seperti font untuk stiker, font logo, ataupun font handwriting. Font untuk PowerPoint haruslah relatif lebih simple, tegas, dan formal.

Hal tersebut dikarenakan akan lebih menunjang penguatan pesan yang hendak kamu sampaikan pada saat presentasi.

 

Akhir Kata

Dari font-font gratis yang telah kami sebutkan tadi, mana yang menjadi font favorit kamu? Yuk, gunakan font untuk presentasi kamu agar tampilan PowerPoint lebih menarik dan audiens pun tidak bosan ketika membacanya.

 

Rekomendasi Aplikasi dan Game Menarik Lainnya :