Cara Membuat Power Point yang Menarik

Posted on

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Pernah gak sih kalian ada tugas dan itu mengharuskan kalian menggunakan power point saat presentasi? Biasanya bagi para pelajar, mahasiswa ataupun pekerja sudah lumrah menggunakannya. Microsoft memiliki banyak program dan menawarkan berbagai fitur kepada para pengguna agar membuat presentasi memiliki tampilan yang menarik, tidak monoton dan lebih praktis tentunya.

Pada saat presentasi dan power point yang ditampilkan itu menarik juga dapat menambah nilai presentasi kalian. Selain memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi, salah satu faktor yang membuat audiens suka atau tidak dengan presentasi kalian juga dari desain presentasi. Lalu bagaimana cara membuat power point yang menarik dan juga mudah kalian gunakan walaupun tidak memiliki kemampuan desain? Silahkan simak terus artikel berikut ini.

Cara Membuat Power Point

Warna yang Sesuai

Terkadang audiens merasa kesulitasn dalam membaca materi yang ditampilkan karena paduan warna background slide dengan warna font yang tidak sesuai. Ole karena itu, agar slide dapat dinikmati hingga presentasi berakhir, maka pastikan paduan warna tersebut sesuai. Cara yang sangat mudah yaitu dengan memilih tema template yang sudah disediakan oleh PowerPoint. Apabila tidak, kalian bisa download template PowerPoint gratis secara online.

Animasi Secukupnya

Dengan adanya animasi memang membuat presentasi lebih menarik, tetapi jika berlebihan juga bisa membuat sebagian audiens merasa terganggu dan tidak fokus terhadap materi yang disampaikan. Hal tersebut sangatlah perlu untuk diperhatikan apakah animasi memang sangat dibutuhkan dalam presentasi. Jika memang butuh, maka berikan dengan sewajarnya yang sekiranya tidak menganggu.

Gunakan template

Pada saat pertama kali membuka aplikasi Microsoft PowerPoint, maka fitur ini dengan mudahnya akan kalian temui. Melihat banyaknya template presentasi yang bisa di unduh dan di gunakan secara gratis, cukup dengan memilih template yang kalian inginkan, lalu tinggal masukkan isi dari presentasi tersebut.

Maksimalkan Gambar

PowerPoint memang sudah menyediakan fasilitas template slide bagi penggunanya untuk menampilkan gambar. Tetapi, template untuk menaruh gambar yang telah disediakan tersebut biasanya memiliki ukuran kecil, selebihnya yaitu halaman kosong.

Read  Cara Mendownload Film di Laptop

Nah tampilan yang seperti itu akan memberikan kesan kosong juga membosankan pada slide. Padahal gambar sangat bisa untuk dimaksimalkan, seperti mengubahnya menjadi background jugs disertakan kotak kecil di sudut-sudut tertentu untuk tulisan sebagai keterangan foto.

Kesalahan yang Sering Muncul Ketika Membuat Power Point

Walaupun cara membuat Power Point bisa dikatakan mudah, namun terkadang juga masih ada saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh orang. Kesalahan tersebut biasanya hanya kesalahan kecil saja, namun membuat presentasi jadi terlihat tidak optimal dan mungkin sangat mengganggu audiens dalam menangkap isi presentasinya. Beberapa kesalahannya yaitu :

Penggunaan font yang tidak tepat

Bagi audiens yang duduk di barisan belakang mungkin sangat sulit memahami isi presentasi apabila ukuran font yang kalian gunakan terlalu kecil. Oleh karena itu, gunakanlah ukuran huruf yang terbilang ideal dan juga sering digunakan dalam presentasi yaitu 32 points dengan satu slide yang berisi 7 baris teks.

Penggunaan efek warna dan suara yang berlebihan

Penggunaan efek warna dan suara background yang berlebihan juga merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang dalam aplikasi power point. Dengan menggunakan warna background yang terlalu terang dapat membuat audiens merasa kesulitan dalam membaca sebuah tulisan di slide. Gunakan lah warna background yang terlihat sedikit gelap dengan menggunakan tulisan berwarna kontras agar lebih mudah dibaca oleh para audiens.

Bukan hanya itu, pada saat menggunakan efek suara di setiap teks muncul juga membuat audiens akan merasa terganggu dan terdengar lebih berisik. oleh karena itu, gunakan efek suara pada bagian tertentu dan menempatkannya pada saat dibutuhkan saja seperti video.

Itulah beberapa cara membuat power point yang menarik dan juga mudah dipahami, baik oleh kalian sendiri ataupun orang lain. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, semoga presentasi kalian dapat menghasilkan presentasi terbaik yang mudah dipahami dan diterima oleh para audiens. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat menjadi referensi kalian dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara Melihat FPS Game di PC dan Android

Flashdisk Tidak Terbaca