Cara Membuat Tabel di Word

Posted on

Cara Membuat Tabel di Word

Saat kalian harus membuat tabel di word, tentu bukanlah hal yang sangat sulit. Karena semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, entah kalian menggunakan office 2007, 2010, 2013 ataupun yang 2016. Namun sebelum membahas terlalu jauh, apakah kalian sudah tahu apa itu tabel? Dan bagaimana cara membuat tabel di word?

Tabel adalah salah satu objek yang sangat penting, yang mana di dalamnya tersebut berisi tentang informasi atau data yang terdiri atas kolom dan juga baris. Tabel merupakan pelengkap atupun penjelas dari suatu dokumen. Fungsi dari tabel tersebut yaitu sebagai ringkasan dari tulisan, sehingga mempermudah para pembaca untuk memahami isi tulisan tersebut. Dengan adanya tabel dalam sebuah tulisan juga sebagai gambaran sistematis dengan data-data yang terkait didalamnya.

Tabel ini sangat membantu dalam merapikan suatu data dengan mengelompokkan data yang telah disusun dalam suatu kolom dan baris. Sehingga pada dasarnya mata relatif akan lebih mudah memahami tabel daripada tulisan yang begitu panjangnya.

Jadi intinya tabel itu digunakan sebagai penunjang ataupun pendukung tulisan dalam proses pengolahan data. Entah dalam bentuk huruf, angka, karakter maupun lainnya yang memudahkan penulis dalam menyampaikan isi tulisan untuk meyakinkan para pembacanya. Tabel pun sudah tidak asing lagi bagi dunia pendidikan maupun penelitian. Bahkan ada beberapa dosen, guru atau instansi lebih memilih menggunakan tabel dalam menjelaskan suatu penelitian atau tugas untuk kesimpulan.

Cara Membuat Tabel di Word dengan Mudah

  1. Pertama kali yang harus kalian lakukan yaitu membuka halaman Microsoft Word.
  2. Kemudian bisa kalian pilih Insert pada menubar > pilih Table > kemudian kalian sesuaikan gerakan mouse pada komputer dengan beberapa jumlah kolom dan baris pada tabel yang ingin kalian buat.
  3. Apabila sudah sesuai, silahkan langsung klik kiri.
  4. Terakhir, tabel kini telah berhasil dibuat dan sudah siap untuk diisi.
Read  Algoritma Pemrograman

Cara Mengedit Tabel pada Microsoft Word Supaya Rapi

Apabila kalian sudah berhasil membuat tabel, saatnya modifikasi atau mengedit tampilan kolom agar terlihat rapi sesuai dengan isi disetiap kolomnya. Mengedit disini artinya mengatur jarak, memberi warna, mengurangi atau menambah kolom ataupun baris untuk mengatur posisi tulisan.

Jadi tabel yang akan dibuat nantinya bisa diedit sesuai dengan imajinasi kalian masing-masing, maka mulailah untuk mencoba dan jangan pernah takut salah dalam mencoba sesuatu yang bermanfaat.

Cara Mengatur Jarak Kolom

Saat awal membuat tabel, tentu jarak kolom itu sama. Entah yang ke samping ataupun kebawah. Oleh karena itu, dalam mengubah tabel yang akan kalian buat agar lebih menarik harus diatur sesuai dengan kebutuhan, silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama yang harus dilakukan yaitu membuat tabel terlebih dahulu.
  2. Kemudian silahkan arahkan kursor pada garis kolom yang ingin dibesarkan atau dikecilkan ukuran kolomnya hingga muncul 2 garis tanpa panah ke samping kanan juga kiri.
  3. Jika sudah selesai, silahkan bisa diatur sesuai keinginan masing-masing.

Cara Memberi Warna Background

  1. Pertama yaitu kalian buat tabel terlebih dahulu.
  2. Kemudian block (pilih) kolom yang ingin diberi warna.
  3. Lalu pilih menu Design > Shading > pilih warna yang sesuai keinginan.
  4. Taraa, kini sudah selesai.

Cara Mengatur Posisi Tulisan

  1. Pertama kali yang harus kalian lakukan yaitu block tulisan yang ingin diatur posisinya.
  2. Kemudian pilih menu Layout > pada alignment kalian bisa pilih perataan sesuai keinginan.
  3. Dan yupps, sudah selesai.

Cara Mengatur Tinggi Kolom

  1. Silahkan block semua tabel dengan cara mengklik kotak kecil pada bagian samping kiri atas tabel terlebih dahulu.
  2. Setelah itu pilih menu Layout, kemudian sesuaikan Height pada kolom Cell Size. Bisa di sesuaikan dengan keinginan kalian semisal 0,7 cm, 0,8 maupun 1 cm (menyesuaikan kebutuhan kalian yah).

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat tabel di word? Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi kalian semua dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Cara Membuat Power Point yang Menarik

Cara Aktivasi Windows 10

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word