Cara Mengubah PDF ke Word

Posted on

Cara Mengubah PDF ke Word

Para penggarap skripsi tentu sangat sibuk untuk mencari jurnal dalam bentuk PDF. Karena PDF merupakan salah satu format yang paling nyaman untuk dibaca. Namun sayangnya format tersebut justru sulit di copy langsung dalam beberapa kutipan pentingnya untuk diubah ke dalam format Microsoft Word. Bukan hanya itu, terkadang ada juga beberapa tugas yang mengharuskan untuk mengubah dokumen PDF ke Word. Entah itu dari seorang atasan, guru ataupun dosen.

Tenang saja berikut ini masih ada beberapa cara untuk mengubah langsung PDF ke format Microsoft Word. Berikut ini kami akan berbagi informasi tetang cara mengubah PDF ke Word. Oleh karena itu, simak terus artikel berikut hingga tuntas.

Cara Mengubah PDF ke Word

Dengan adanya berbagai cara untuk mengubah PDF ke Word, maka disini kami akan menjelaskan beberapa cara mudah yang dapat kalian coba. Silahkan ikuti cara-cara dibawah ini.

Gunakan Microsoft Word

Sebenarnya kalian bisa mengubah file PDF itu hanya dengan software Word. Oleh karena itu, kami akan membagikan cara bagaimana menggunakan aplikasi Microsoft Word. Cara semacam ini sangat bisa dilakukan asalkan Microsoft Office yang kalian gunakan tersebut sudah memiliki versi 2013 ke atas ataupun terbaru. Berikut ini adalah caranya:

  1. Pertama kalian yang harus kalian lakukan yaitu memilih menu File terlebih dahulu, lalu Open. Atau, saat kalian sedang membuka aplikasi Microsoft Word, silahkan tekan tombol Open di halaman depan aplikasi.
  2. Kemudian pilih All Files dalam File Explorer yang muncul supaya dokumen PDF terbaca oleh aplikasi.
  3. Setelah itu pilih dokumen yang ingin kalian ubah. Maka secara otomatis Microsoft Word akan melakukan konversi file ke dalam bentuk Word.

Gunakan Online Converter

Cara ini juga bisa kalian gunakan yaitu layanan converter online. Salah satu situs yang sangat rekomendasi yakni Converter Online Free. Berikut adalah caranya:

  1. Pertama yaitu kalian akses situs Converter Online Free terlebih dahulu.
  2. Kemudian, silahkan tekan tombol Choose File, lalu pilih dokumen PDF yang ingin kalian ubah ke Word.
  3. Setelah itu tekan tombol Convert, kemudian tunggulah beberapa saat sampai prosesnya selesai dan kalian sudah bisa mengubahnya.
Read  Setting APN Indosat

Gunakan UniPDF

Kalian dapat menggunakan aplikasi converter khusus yang bernama UniPDF. Aplikasi ini sangat mudah dan gratis untuk kalian dunakan dalam mengubah file PDF ke Word. Namun, khusus bagi kalain para pengguna gratisan, hanya dapat diizinkan untuk mengubah file 3 kali dalam sehari. Cara-caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama yang harus kalian lakukan yaitu jalankan aplikasinya.
  2. Kemudian, drag & drop dokumen yang ingin kalian ubah ke aplikasi atau tekan tombol Add.
  3. Setelah itu silahkan tentukan Output Format dalam hal ini bentuk Word.
  4. Apabila sudah, maka tekan tombol Convert, lalu pilih destinasi folder untuk menyimpannya.

Gunakan Adobe Acrobat Pro

Tahukah kalian bahwa Adobe selalu menjadi andalan untuk PDF. Jadi apabila kalian memilikinya di laptop, maka gunakan saja software ini. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama kali yang harus kalian lakukan adalah membuka PDF terlebih dahulu menggunakan Adobe Acrobat Pro.
  2. Setelah itu silahkan ke menu File lalu Export To, kemudian Microsoft Word dan Word Document atau Word 97 – 2003 Document
  3. Setelah itu, pilih destinasi untuk penyimpanan data.
  4. Dan terakhir selesai, kalain sudah mendapatkan data Word yang diinginkan.

Gunakan PDF Coverter (Android)

Cara ini di khususnya untuk pengguna smartphone Android. Maka gunakanlah aplikasi PDF Converter yang tersedia di Google Play Store. Berikut adalah lamhkah-langkahnya :

  1. Pertama yang harus kalian lakukan yaitu mendownload terlebih dahulu aplikasinya, lalu jalankan.
  2. Kemudian izinkan aplikasi untuk mengakses memori penyimpanan smartphone kalian.
  3. Setelah itu silahkan tekan tombol + di kanan bawah aplikasi dan pilih dokumen yang ingin kalian ubah ke Word.
  4. Pilihlah jenis dokumen Word yang memang kalian inginkan. Entah itu berbentuk .doc (Word 97-2003) atau .docx (Word terbaru).
  5. Terakhir, silahkan tunggu beberapa saat kemudia (tergantung besaran file dan jumlah halaman) hingga prosesnya selesai.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengubah PDF ke word? Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi kalian untuk mencobanya, semoga berhasil.

Artikel Lainnya :

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Cara Membuat Tabel di Word

Cara Membuat Power Point yang Menarik