Cek NIK KTP Online Untuk Semua Wilayah

Posted on

Cek NIK KTP Online Untuk Semua Wilayah

Kartu tanda penduduk atau disingkat KTP adalah kartu identitas resmi dengan memenuhi syarat tertentu yang memang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Kartu tersebut sangat wajib dimiliki Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang telah memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah mencapai umur 17 tahun serta yang telah menikah ataupun sudah pernah menikah.

Pada tahun 2009 pemerintah mulai mencanakan yang namanya program KTP elektronik. KTP elektronik ini merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem pengendalian atau keamanan, entah itu dari sisi administrasi maupun teknologi informasi yang berbasis pada data kependudukan nasional.

Dengan adanya KTP-el, kini dapat terminimalisir jika ada seseorang yang memiliki lebih dari satu KTP. Dalam KTP tersebut terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan nomor identitas Penduduk yang sifatnya memang tunggal, khas dan melekat pada seseorang yang telah terdaftar sebagai Penduduk Indonesia.

Jika ingin tahu NIK KTP kalian sudah terdaftar atau belum, caranya cukup mudah hanya memasukkan NIK melalui online untuk mengecek atau mengetahui data diri kalian apakah sudah terdaftar atau belum.

Dengan cara menggunakan cek online melalui data yang telah terekam di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil di Kota kalian masing-masing. Maka saat di cek, data tersebut akan muncul dan tercatat secara otomatis. Namun, apabila data tidak muncul, berarti data E-KTP kalian belum di data ataupun terekam. Oleh karena itu, segeralah untuk melakukan perekaman E-KTP kalian di Disdukcapil setempat.

Mengetahui Arti NIK KTP

NIK terdiri dari beberapa kombinasi angka yang berbeda-beda pada setiap pemiliknya. Kombinasi tersebut bukanlah secara acak, namun memiliki arti didalamnya. NIK itu sendiri terdiri dari 16 digit dan kode penyusunnya terdiri dari:

6 digit pertama merupakan informasi mengenai tempat NIK itu diterbitkan yaitu (2 digit awal kode provinsi, 2 digit setelahnya yaitu kode kota/kabupaten dan 2 digit kode kecamatan). 6 digit berikutnya merupakan tanggal lahir dengan format hhbbtt (sedangkan untuk wanita tanggalnya ditambah 40). Dan 4 digit terakhir adalah nomor urut bagi orang yang memiliki tanggal lahir yang sama dalam satu wilayah kecamatan yang dimulai dari 0001.

Read  Cara Mengecilkan Size Foto

Cara Cek NIK KTP Online

Saat ini sudah banya beredar informasi jika seseorang dapat mengecek NIK KTP secara online. Hal tersebut sangatlah berguna apabila seseorang ingin mengetahui status KTP-el nya yang telah direkam. Byukan hanya itu, cara cek NIK KTP secara online ini pun berguna untuk mengetahui NIK tersebut palsu atau asli. Hal seperti ini terjadi karena banyaknya penggunaan KTP palsu sebagai aksi penipuan.

Di internet pun banyak menerangkan beberapa informasi cara cek NIK KTP secara online dan beberapa aplikasi bebas diunduh. Dari berbagai sumber yang kami dapat, untuk mengeceknya kalian bisa unduh atau klik link website yang disediakan dimasing masing provinsi

 

Namun, juga perlu kalian ketahui informasi tentang cara cek NIK KTP ini benar tidaknya, karena saat membuka laman dukcapil.kemendagri.go.id faktanya tidak ada layanan untuk cek NIK KTP secara online.

Cara Cek NIK KTP Secara Online Menurut Kemendagri

Pengecekan NIK KTP secara online pun sempat membuka layanan yang dikelola langsung oleh Kementerian Dalam Negeri melalui tautan dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Namun, sejak tahun 2016 yang lalu layanan tersebut telah ditutup. Karena untuk mencegah orang yang tak bertanggung jawab dengan penyalahgunaan sebuah identitas.

Kemudian, Kementerian Dalam Negeri mengimbau bagi seluruh warga yang ingin mengecek status NIK-nya agar langsung datang ke kantor Dinas Dukcapil sekitar. Karena saat ini akses dalam mengecek keaslian NIK hanya dimiliki oleh Dinas Dukcapil dari Kementerian Dalam Negeri.

Itulah beberapa informasi tentang Cek NIK KTP Online Untuk Semua Wilayah. Semoga dengan adanya teknologi yang serba canggih saat ini, semua bisa diakses. Dan untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil setempat untuk selalu melayani semua warganya dengan sebaik-baiknya.

 

Artikel Lainnya :

Viva Video Pro – Full APK + Mod + 7.14 Tanpa Watermark

Picsart Pro Mod APK + Premium + Unlocked All Filter

Download Picsay Pro – Mod Apk Full Unlocked dan Terbaru