GameAplikasiTeknologi

Godot Engine Game

Godot Engine Game – Godot  adalah sebuah mesin permainan lintas platform, gratis dan sumber terbuka yang dirilis di bawah lisensi MIT yang bersifat permisif. Awalnya dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak Argentina, Juan Linietsky dan Ariel Manzur untuk beberapa perusahaan di Amerika Latin sebelum dirilis untuk umum pada tahun 2014.

Lingkungan pengembangannya berjalan di banyak platform, dan dapat diekspor ke beberapa platform lainnya. Lingkungan ini dirancang untuk membuat game 2D dan 3D yang menargetkan platform PC, seluler, dan web dan juga dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak non-game, termasuk editor.

Godot memungkinkan pengembang video game untuk membuat game 3D dan 2D menggunakan berbagai bahasa pemrograman, seperti C++, C#, dan GDScript. Godot menggunakan hierarki node untuk memfasilitasi pengalaman pengembangan.

Kelas dapat diturunkan dari tipe node untuk membuat tipe node yang lebih khusus yang mewarisi perilaku. Node diatur di dalam “scene”, yang merupakan kelompok node yang dapat digunakan kembali, dapat dicontoh, dapat diwariskan, dan dapat disarangkan.

Semua sumber daya game, termasuk skrip dan aset grafis, disimpan sebagai bagian dari sistem file komputer (bukan dalam database). Solusi penyimpanan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi kolaborasi antara tim pengembangan game menggunakan sistem kontrol versi perangkat lunak.

Godot Game Engine Tutorial

Mesin ini mendukung penyebaran ke berbagai platform dan memungkinkan spesifikasi kompresi tekstur dan pengaturan resolusi untuk setiap platform. Situs web ini hanya menyediakan binari untuk platform editor, dan mengekspor proyek ke platform lain dilakukan di dalam editor Godot.

Editor Godot, yang digunakan untuk membuat game Godot, mendukung platform berikut:

  • Platform desktop Linux, macOS, Windows didistribusikan di situs web, di Steam, di Epic, dan di Itch.
  • Platform web HTML5, WebAssembly dengan editor web.
  • Ponsel dan tablet Android (tersedia mulai Godot 3.5).
  • BSD juga didukung, tetapi harus dikompilasi secara manual.
  • Mesin ini mendukung ekspor proyek ke lebih banyak platform, termasuk semua platform editor.
  • Platform yang didukung saat ini pada Godot 4.0 adalah: Platform desktop Linux, macOS, Windows, BSD (harus dikompilasi secara manual, Platform seluler Android, iOS, Platform web HTML5, WebAssembly, Platform virtual/extended reality HTC Vive, Valve Index, Oculus Rift, Oculus Go, Oculus Quest, semua headset MR Microsoft, ARKit Apple dan masih banyak lagi.

Mesin Godot dapat dijalankan di konsol, meskipun konsol populer tidak didukung secara resmi karena mereka tidak mengizinkan kode khusus platform mereka dipublikasikan di bawah lisensi sumber terbuka.

Game dapat di-porting ke konsol melalui perusahaan pihak ketiga. Dukungan Godot 4 untuk konsol oleh tim pihak ketiga saat ini sedang dikerjakan.

W4 Games, perusahaan komersial yang didirikan bersama oleh beberapa anggota kepemimpinan Godot, telah mengumumkan rencana untuk menawarkan layanan porting game Godot 4.0 ke platform Microsoft, Nintendo, dan Sony.

Untuk arsitektur CPU, Godot secara resmi mendukung x86 di semua platform desktop (baik 32-bit maupun 64-bit jika tersedia) dan memiliki dukungan ARM resmi di macOS, platform seluler, dan platform Oculus mandiri.

Pengembangan game itu kompleks dan melibatkan berbagai macam pengetahuan dan keterampilan. Untuk membuat game modern, Anda membutuhkan banyak teknologi dasar sebelum Anda dapat membuat game itu sendiri.

Bayangkan Anda harus membuat komputer Anda sendiri dan menulis sistem operasi Anda sendiri bahkan sebelum Anda dapat memulai pemrograman. Pengembangan game akan sangat mirip seperti itu jika Anda benar-benar harus memulai dari awal dan membangun semua yang Anda butuhkan.

Selain itu, ada sejumlah kebutuhan umum yang dimiliki setiap game. Misalnya, apa pun game itu, pasti perlu menggambar sesuatu di layar.

Jika kode untuk melakukan hal tersebut sudah ditulis, akan lebih masuk akal untuk menggunakannya kembali daripada membuat ulang dari awal untuk setiap game. Di situlah kerangka kerja dan mesin game berperan.

Kerangka kerja game adalah sekumpulan pustaka dengan kode pembantu yang membantu dalam membangun bagian dasar dari sebuah game. Framework ini tidak selalu menyediakan semua bagian, dan Anda mungkin masih harus menulis banyak kode untuk menyatukan semuanya.

Oleh karena itu, membuat game dengan game framework dapat memakan waktu lebih lama daripada game yang dibuat dengan game engine yang lengkap.

Game engine adalah kumpulan alat dan teknologi yang dirancang untuk memudahkan proses pembuatan game dengan menghilangkan kebutuhan untuk menemukan kembali roda untuk setiap proyek game baru.

Mesin ini menyediakan kerangka kerja fungsionalitas yang umumnya dibutuhkan yang sering kali membutuhkan investasi waktu yang signifikan untuk dikembangkan.

Proyek Pengembangan Game Engine Godot adalah pengenalan terhadap mesin game Godot dan versi 3.0 yang baru. Godot 3.0 menghadirkan sejumlah besar fitur dan kemampuan baru yang menjadikannya alternatif yang kuat untuk mesin game komersial yang mahal.

Untuk pemula, Godot menawarkan cara yang ramah untuk mempelajari teknik pengembangan game, sementara untuk pengembang berpengalaman, Godot adalah alat yang kuat dan dapat disesuaikan yang dapat mewujudkan visi Anda.

Entah itu karier yang Anda inginkan atau hobi rekreasi, pengembangan game adalah usaha yang menyenangkan dan bermanfaat. Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk memulai pengembangan game.

Bahasa pemrograman modern dan alat bantu telah mempermudah pembuatan game berkualitas tinggi dan mendistribusikannya ke seluruh dunia. Jika Anda membaca buku ini, maka Anda telah melangkahkan kaki Anda di jalan untuk membuat game impian Anda.

Godot Engine Game Development Projects

Dorong keterampilan pemrograman game Anda ke tingkat berikutnya dengan Tutorial Godot. Saya bertujuan untuk membuat video dengan kualitas terbaik untuk mendorong Anda ke tingkat berikutnya, gratis.

  • Mulai dari sini:

Dasar-dasar GDScript

Dalam seri ini saya akan membahas semua aspek yang mungkin dari bahasa pemrograman GDScript. Bersiaplah untuk dipukuli dengan pengetahuan GDScript, jadi bersiaplah untuk membuat catatan.

  • Kemudian di sini:

Dasar-dasar Godot

Setelah Anda menyelesaikan Seri Tutorial Dasar GDScript, Anda dan saya kemudian akan menyelami pemahaman tentang Aplikasi Mesin Game Godot. Saya akan membahas secara detail setiap aspek yang mungkin dari mesin ini, Anda akan memahami bagaimana semuanya bekerja secara detail.

  • Selesaikan di sini:

Mengatasi Seri yang Lebih Sulit

Setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang GDScript dan aplikasi game Godot, Anda akan memiliki alat untuk menangani video dari saluran lain, tutorial, dan seri saya yang lebih lanjut.

Demikianlah detail informasi yang membahas Godot engine game. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, serta dapat jadi acuan bagi kita di dalam memahami mengenai Godot engine game tersebut, sekian terima kasih.

Related Articles

Back to top button