Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Posted on

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Saat ini hardisk masih banyak digunakan sebagai media penyimpanan terbaik di dalam komputer dibandingkan dengan SSD, walaupun SSD telah menawarkan berbagai macam kelebihan. Hal tersebut karena hardisk memiliki kapasitas yang lebih besar juga harganya lebih murah daripada SSD. Sehingga tidak heran apabila masih banyak orang yang bertahan menggunakan hardisk dibandingkan menggunakan SSD.

Saat hardisk eksternal tidak terbaca tentu sangatlah menyebalkan bagi semua orang. Karena sebagian besar Harddisk Eksternal rata-rata digunakan untuk keperluan Backup Data juga dijadikan sebagai salah satu media penyimpanan utama karena penyimpanan internal laptop yang tidak cukup atau terlalu kecil.

Pernah terbayangkan tidak jika hardisk eksternal tidak terbaca? Semua data-datanya hilang? Pastinya data-data tersebut sudah tidak bisa diakses lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa simak artikel dibawah ini.

Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Apabila hardisk eksternal tidak terbaca, kalian tak perlu khawatir karena kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan simak artikel ini.

Instal Ulang Driver

  1. Pertama kali yang harus kalian lakukan yaitu klik menu Start, kemudian klik kanan pada menu Computer.
  2. Setelah itu, silahkan pilih Properties dan pilih Device Manager.
  3. Kalian bisa cari USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device lalu klik kanan dan pilih Update Driver Software.
    Setelah itu, silahkan klik Browse My Computer for Driver Software.
  4. Selanjutnya yaitu klik Let me pick from a list of device drivers on my computer.
  5. Apabila sudah, maka tinggal klik next, lalu ikuti terus sampai proses instal tersebut selesai.
  6. Terakhir, yang perlu kalian lakukan yaitu me-restart komputer atau laptop.

Kemudian apabila laptop kalian sudah bisa menyala lagi, segeralah untuk menghubungkan kembali hardisk eksternal dan gunakan seperti biasanya.

Atur Ulang Pengaturan Disk Management

Sebagian orang banyak yang hanya melihat Hardisk terbaca atau tidaknya melalui Drive. Padahal Drive tersebut terkadang bisa jadi bermasalah dan hanya akan mudah terdeteksi oleh Disk Management. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu pada kolom Search Windows, kemudian ketik Disk Management dan buka
  2. Kemudian kalian cek apakah Hardisk tersebut terdeteksi disana atau tidak?
  3. Apabila ada, maka kalian klik kanan Drivenya dan setelah itu klik Delete Volume.
  4. Jika sudah, lanjut klik kanan Drive hasil Format, kemudian klik New Simple Volume.
  5. Setelah itu silahkan ikuti petunjuknya hingga selesai. Untuk Format Drivenya bisa pilih yaitu FAT32
Read  Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Cara diatas akan menghilangkan semua data yang tersimpan di Hardisk. Oleh karena itu, silakan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum kalian melakukannya.

Mengganti Letter Pada Harddisk

Apabila kalian memperhatikan, saat hard disk terdeteksi oleh windows maka akan muncul Letter (huruf) contohnya seperti G:, C: dsb. Sehingga apabila letter tersebut tidak muncul, maka dapat menyebabkan Drive hardisk eksternal tidak terbaca. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalahnya :

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu masuk ke kolom Search Windows terlebih dahulu, kemudian ketik Disk  Management, lalu enter pada pilihan tersebut.
  2. Setelah itu, kalian pilih Drive hardisk Eksternal yang terbaca, lalu klik Change Drive Letter And Path.
  3. Apabila sudah, kalian klik Add / Change untuk menambahkan Letter baru. Sampai disini, silahkan ikuti setiap petunjuk yang telah diberikan hingga selesai.
  4. Apabila sudah selesai, seharusnya Drive hardisk Eksternal akan kembali normal. Kalian bisa coba terlebih dahulu untuk memastikannya.

Coba Pindah Port USB

Pada setiap perangkat komputer atau laptop, disana akan tersedia port USB yang pastinya lebih dari satu, sehingga kalian dapat mencobanya untuk pindah port USB. Karena terkadang beberapa kualitas penghantaran daya setiap port tersebut berbeda-beda. Contohnya seperti pada port USB casing justru lebih bagus daripada port USB di bagian belakang komputer.

Jadi, ketika kalian mendapati hardisk ekternal tidak terbaca oleh suatu komputer, maka cobalah untuk berpindah port siapa tahu dengan cara seperti berhasil kalian lakukan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca oleh komputer atau laptop yang dapat kalian ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Artikel Lainnya :

Flashdisk Tidak Terbaca

Flashdisk Tidak Bisa Diformat

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk