Install Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu

Posted on

Install Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu

Ketika membangun sebuah  web server, pengguna memerlukan beberapa perangkat lunak. Ada yang wajib diinstal ada juga yang opsional sesuai keinginan. Seperti saat melakukan Install Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu.

Apalagi kalau pengguna lebih mengemari  VPS daripada shared hosting. Semua kebutuhan web server harus diinstal lebih dahulu. Sebelum sungguh-sungguh meluncurkan website dari VPS yang bersangkutan. Dengan VPS akan lebih leluasa mengaktifkan modul-modul yang dibutuhkan.

 

Langkah Install Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu

Salah satu perangkat open source berbasis PHP yang memiliki fungsi mengelola server MySQl dan MariaDB adalah PhpMyAdmin.  Perangkat ini memungkinkan kamu untuk mengelola akun dan hak istimewa pengguna. Selain itu juga berinteraksi dengan database MySQL.

Pengguna juga dapat mengekspor maupun mengimpor data dalam berbagai format. Lalu menjalankan pernyataan SQL dan banyak fungsi canggih lainnya.

Beberapa poin untuk Install Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu, adalah sebagai berikut:

Menginstal LAMP Alias Linux, Apache, MySQL dan PHP

Sebelum mulai melakukan langkah menginstal dan mengamankan PhpMyAdmin  dengan ubuntu. Pastikan sudah memiliki Linux, Apache, MySQL dan PHP pada server kamu. Kalau ada beberapa yang belum punya silahkan mengunduhnya dahulu.

 

Menggunakan Hak Istimewa Sudo Untuk Login Sebagai Pengguna

Perintah Super-user do ini biasa disingkat sebagai SUDO.  Program khusus yang dirancang untuk pengguna biasa yang bukan root. Dengan program ini bisa mengeksekusi perintah dengan hak akses yang unlimited.  Hak yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh pengguna root atau super administrator.

Untuk pengguna pemula langkah dibawah ini bisa memandu cara membuat user baru di sistem operasi Ubuntu. Juga cara pengguna biasa mendapatkan hak istimewa sudo. Akun ini bisa dipakai untuk menjalankan perintah administratif tanpa harus masuk ke PC atau server sebagai  user root.

Sebelum memulai langkahnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pakailah cara  mulai dari nomor dua ketika kamu ingin menambah user pada PC lokal. Namun kalau kamu ingin memberi hak sudo untuk pengguna yang sudah ada atau sudah dibuat sebelumnya maka pakailah mulai nomor 3.

  • Log In Ke Server : Masuk ke sistem sebagai root: ssh root@server_ip_address.
  • Membuat akun baru: Pembuatan akun baru ini bisa dilakukan dengan menggunakan perintah adduser. Contohnya saat kita ingin menambah user dengan nama Reno maka perintahnya adalah adduser Reno.
  • Perintah selanjutnya adalah meminta pengguna untuk mengatur dan mengonfirmasi password user yang baru.
  • Ketika proses pembuatan password sudah selesai, akan muncul perintah membuat direktori home untuk pengguna. Beberapa file untuk pengguna dan meminta kamu untuk mengatur informasi pengguna baru. Tetapi kamu bisa membiarkannya kosong kalau tidak ingin mengisinya, tekan enter agar bisa menerima standardnya.
  • Menambahkan Pengguna ke Grup SUDO: Pada sistem ubuntu, anggota grup sudo sudah diberikan akses sudo secara default. Sementara untuk pengguna lain gunakan perintah usermod agar bisa ditambahkan ke grup sudo.
  • Langkah selanjutnya adalah beralih ke user yang baru dibuat: su – nama pengguna baru.
  • Lalu untuk menjalankan perintah whoami pakailah perintah sudo : sudo – whoami.
  • Output dari perintah whoami akan berubah menjadi root ketika pengguna memiliki akses sudo.
  • Mulai menggunakan sudo dengan perintah sudo-spasi, lalu memasukkan kata sandi.
Game & App Pilihan :  Cara Unlock Dokumen di PDF

 

Install Apache

Sebelum memulai menginstal Apache maka pengguna harus memperbarui paket sehingga memiliki Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu versi terbaru. Harus diperhatikan saat hendak Install Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu. Langkah menginstal Apache adalah:

  • Gunakan perintah ini untuk instal Apache: sudo apt-get install apache2
  • Ketikkan alamat server kamu untuk mengecek apakah Apache berhasil terinstall: http://your-ip-address.
  • Kalau kamu memakai server lokal maka caranya berbeda: http://localhost.
  • Tanda bahwa install Apache sukses adalah munculnya laman Apache Ubuntu default page.

 

Instal PHP

PHP sendiri adalah sebuah bahasa pemrograman, kependekan dari hypertext proprocessor. Untuk mengembangkan website PHP ini mutlak untuk dipelajari. Apalagi kalau menginginkan website yang dinamis. PHP bisa mewujudkannya karena bisa berinteraksi langsung dengan database.

Biasanya PHP ini digunakan bersama dengan HTML untuk memperluas website agar berkembang. Termasuk bagian dari bahasa skrip seperti phyton dan javascript. Sering diaplikasikan untuk memuat program-program seperti sistem informasi akademik, manajemen pabrik dsb.

Database yang didukung oleh PHP adalah Sybase, Oracle, Solid, Informix, MySQL, PostgreSQL dan Generic ODBC. PHP ini termasuk software open source yang bebas digunakan dan diunduh dengan gratis. Sehingga menjadi pilihan saat hendak Install Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu.

Inilah ekstensi yang biasa digunakan untuk menginstal PHP:

Sudo-apt-get install php libapache2-mod-php- php-mysql php-curl php-gd php-json php-mcrypt php-zi

Ekstensi PHP yang harus dinstall selain PHP pada perintah diatas adalah:

  • Curl Extension : berfungsi untuk mengimplementasikan panggilan API layanan web dengan membuat permintaan curl melalui PHP.
  • Mysql Extention: untuk menggunakan fungsi mysql yang ada di PHP.
  • GD Extention: Fungsinya agar perpustakaan aktif. Karena untuk memanipulasi gambar PHP menggunakan library GD.
  • Mcrypt Extention: tempat beragam fungsi enskripsi berada.
  • Zip Extention: Fungsinya adalah untuk Zip maupun Unzip melalui PHP.
  • JSON Extention: fungsinya untuk mengkodekan JSON melalui PHP dan juga memecahkan kode.
Game & App Pilihan :  Cara Berbagi Wifi dari HP ke HP

 

Instal MySQL

Ini adalah perangkat lunak gratis sistem manajemen basis data SQL. Dengan hak cipta dipegang perusahaan komersial Swedia MySQLAB. Dan distribusikan secara gratis dibawah lisensi GNU General Public Licence.

Langkah-langkah mendownload MySQL adalah sebagai berikut:

  • Gunakan perintah sudo apt-get install mysql-server.
  • Masukkan kata sandi MySQL yang yang diminta. Sebaiknya bagian ini diisi meskipun sifatnya opsional agar kata sandi akun root tidak kosong.
  • Cek keberhasilan instalasi MySQL dengan perintah sebagai berikut: msql – u root -p.
  • Masukkan kata sandi yang telah buat sebelumnya.
  • Perhatikan prompt MySQL : mysql>, untuk menjalankan query mysql seperti membuat tabel dan lain sebagainya.
  • Klik Exit ketika ingin keluar dari MySQL.

Untuk mengetahui apakah proses instalasi berhasil dengan mengetik perintah dibawah ini:

Echo “<? php phpinfo ():>” | sudo tee /var/www/html/phpinfo.php

Lalu ketiklah http://your-ip-address/phpinfo.php setelah file phpinfo.php pada direktori root terbuat. Tetapi kalau mengistal secara lokal bisa mengetik http://localhost/phpinfo.php

 

Install PhpMyAdmin

PhpMyAdmin sangat disukai oleh para pemula di bidang pengoperasian MySQL. Karena  fungsi dari fitur-fitur yang dimiliki oleh PhpMyAdmin sangat maksimal.  Ini karena bentuknya adalah web interface yang sangat mudah dipahami pengguna.

Cara menginstal PhpMyAdmin sendiri cukup mudah dengan perintah seperti ini:

Sudo apt – get install PhpMyAdmin

Pilihlah jenis server web, biasanya apache2 adalah pilihan default. Gunakan tombol tab untuk menyorot dan tombol spasi untuk memilih, lalu tekan ok dan enter. Klik yes lalu enter saat muncul pertanyaan apakah akan mengkonfigurasi database untuk PhpMyAdmin dengan dbconfig-common.

Setelah memasukkan password akun mysql, ketiklah http://your-ip-address/PhpMyAdmin. Tetapi kalau mengistal secara lokal bisa mengetik http:// PhpMyAdmin untuk melihat berhasil atau tidaknya.Langkah terakhir adalah memanfaatkan  url cantik seo-friendly dengan cara mengaktifkan modul rewrite.

Demikianlah beberapa cara Install Apache PHP MySQL PhpMyAdmin di Ubuntu. Semoga bermanfaat.

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :