SD

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 – Hai sob, Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita
wajib mensyukurinya. Kali ini ReXdl akan membahas Jawaban Buku Siswa kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 tentang Bacaan Pawai Budaya

TEMA

Indahnya Kebersamaan

• Kami akan mulai belajar keanekaragaman suku bangsa Indonesia.

• Pemahaman berbagai ragam budaya, upacara adat, dan kesenian akan menambah kecintaan kami terhadap tanah air Indonesia.

Kerja sama dengan orang tua

Ceritakan latar belakang budaya orang tuamu, lalu diskusikan apa yang menarik dan menjadi ciri khasnya. Belajar di Rumah

Belajar dari lingkungan

Saat bertemu orang di sekitar rumah, ajaklah mereka untuk bercerita tentang keunikan makanan khas, rumah adat, kesenian, atau lainnya yang menjadi ciri khas di daerahnya.

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1

Subtema 1:

Keberagaman Budaya Bangsaku

Tahukah kamu bahwa Indonesia terdiri atas banyak pulau, suku bangsa, tarian, rumah adat, serta agama?Ayo, kita cari tahu lebih jauh tentang keberagaman itu.

Ayo Membaca

Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya. Berikut adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Pawai Budaya

This image has an empty alt attribute; its file name is image-244.png
Pawai Budaya

Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.

Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.

Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

Udin dan teman teman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3

Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Apa yang dibicarakan pada paragraf ke 1?

Jawaban

Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai budaya selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia.

Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas. Catatlah komentar teman atau gurumu untuk perbaikan hasil kerja kelompokmu.

Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4

Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu. Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Perhatikan diagram berikut ini!

Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.

Paragraf 3

Jawaban

Gagasan Pokok: Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda.

Gagasan pendukung:

  1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya.
  2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam
  3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

Paragraf 4

Jawaban

Gagasan Pokok: Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja.

Gagasan pendukung:

  1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko.
  2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku.
  3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Po’pompang namanya.
  4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung.
  5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya.
  6. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

Paragraf 5

Jawaban

Gagasan Pokok: Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya.

Gagasan pendukung:

  1. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun.
  2. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
  3. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam.
  4. Kaya dan mengagumkan.

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 7

Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Jawaban

Paragraf 3

Gagasan pendukung

1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya.
2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam
3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

Paragraf 4

Gagasan Pendukung

1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko.
2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku.
3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Po’pompang namanya.
4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung.
5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya.
6. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

Paragraf 5

Gagasan Pendukung

1. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun.
2. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
3. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam.
4. Kaya dan mengagumkan.

Wah, budaya Indonesia sangat beragam. Apa yang membuat setiap budaya berbeda? Ayo, kita pelajari!

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 8

Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.

Ayo Berlatih

Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!

Jawaban

NoNama SiswaDaerah AsalCiri Khas Daerah
1.Abdul BasithPurbalinggaMenjadi pusat industri rambut terbesar di Indonesia, makanan khas tempe mendoan
2.PujiLumajangKota Pisang, makanan khas kripik pisang dan tape pisang.
3.AisyahBondowosoKota Tape, makanan khas berbahan dasar tape seperti tape bakar dan dodol tape
4.AgistaPadangRendang, Rumah Gadang
5.VirdianaAmbon, Maluku Tarian Bambu Gila, Rumah Baileo
6.BungaDenpasar, BaliSate Lilit, Tari Kecak
7.ArifSurabaya, Jawa TimurKota Pahlawan, Tari Remo

Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!

Jawaban

Tidak, kami berasal dari daerah yang berbeda-beda, seperti tanah kelahiran, kampung halaman, dan suku bangsa keluarga.

2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!

Jawaban

Tidak, kami memiliki ciri khas daerah yang berbeda-beda. Sebab, setiap adat istiadat atau budaya tiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang menjadikan kami semua unik.

3. Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?

Jawaban

Sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada yaitu saling menghargai, saling menghormati, tenggang rasa, saling menjaga satu sama lain, dan tidak membeda-bedakan

Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri.

Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!

Jawaban

NoSikap Menghargai Keberagaman
1.Bermain bersama dengan teman yang berlainan agama.
2.Bermain dan bergaul bersama dengan teman yang berlainan agama dan daerah asal.
3.Bersedia untuk satu kelompok dengan teman kelas yang berbeda suku bangsa.
4.Tidak membeda-bedakan teman yang memiliki perbedaan ciri fisik seperti warna kulit, bentuk wajah dan warna rambut.
5.Memberikan kesempatan teman yang hendak beribadah di saat jam bermain bersama

Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu ketahui.

Jawaban

NoSikap Tidak Menghargai Keberagaman
1.Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa.
2.Bermain dan bergaul bersama hanya dengan teman yang memiliki agama dan daerah asal yang sama.
3.Tidak mau satu kelompok dengan teman kelas yang berbeda suku bangsa.
4.Membeda-bedakan teman yang memiliki perbedaan ciri fisik seperti warna kulit, bentuk wajah dan warna rambut
5.Tidak memiliki rasa toleransi kepada teman yang sedang merayakan hari raya yang berbeda dengannya

Tukarkan hasil pikiranmu dengan teman di sebelahmu. Diskusikan hal-hal yang berbeda dan yang menarik bagimu.

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 10

Ayo Mengamati

Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda. Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik. Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan. Saluang yang berasal dari Sumatera Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 11

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!

Jawaban

No  Alat MusikDaerah AsalCara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi
1.Suling  Jawa BaratAlat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi
2.Ceng-CengBaliAlat tersebut dimainkan denga cara dipukulkan satu sama lain. Cara menghasilkan bunyi: Ceng-ceng yang berbentuk seperti simbal akan menghasilkan getaran dan gesekan pada pagian bulatan tembaga. Sehingga, menghasilkan bunyi.  
3.TifaPapuaAlat tersebut dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan pada bagian membran yang biasanya terbuat dari kulit hewan. Cara menghasilkan bunyi: Tifa memiliki membran dari kulit hewan yang jika dipukul akan menghasilkan getaran. Getaran tersebut menghasilkan bunyi.  
4.AngklungJawa BaratAlat tersebut dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Cara menghasilkan bunyi: Bambu-bambu pada angklung mengalami benturan. Hasil dari saling berbenturan tersebut membentuk nada dan menghasilkan bunyi.  
5.SasandoNusa Tenggara Timur (NTT) Alat tersebut dimainkan dengan cara dipetik. Cara menghasilkan bunyi: Dawai atau senar pada Sasando yang dipetik menghasilkan getaran dan resonansi pada ruang bambu, sehingga bisa menghasilakn bunyi  

Kamu telah mengetahui berbagai alat musik dan cara memainkannya. Tahukah kamu bahwa di sekitar kita juga banyak sekali benda yang dapat menghasilkan bunyi?

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!

Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan). Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?

Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!

Jawaban

No  Alat MusikDaerah AsalCara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi
1.Suling  Jawa BaratAlat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi
2.Ceng-CengBaliAlat tersebut dimainkan denga cara dipukulkan satu sama lain. Cara menghasilkan bunyi: Ceng-ceng yang berbentuk seperti simbal akan menghasilkan getaran dan gesekan pada pagian bulatan tembaga. Sehingga, menghasilkan bunyi.  
3.TifaPapuaAlat tersebut dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan pada bagian membran yang biasanya terbuat dari kulit hewan. Cara menghasilkan bunyi: Tifa memiliki membran dari kulit hewan yang jika dipukul akan menghasilkan getaran. Getaran tersebut menghasilkan bunyi.  
4.AngklungJawa BaratAlat tersebut dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Cara menghasilkan bunyi: Bambu-bambu pada angklung mengalami benturan. Hasil dari saling berbenturan tersebut membentuk nada dan menghasilkan bunyi.  
5.SasandoNusa Tenggara Timur (NTT) Alat tersebut dimainkan dengan cara dipetik. Cara menghasilkan bunyi: Dawai atau senar pada Sasando yang dipetik menghasilkan getaran dan resonansi pada ruang bambu, sehingga bisa menghasilakn bunyi  

Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?

Jawaban

1. Suling :

Alat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi

2. Ceng-Ceng

Cara menghasilkan bunyi: Ceng-ceng yang berbentuk seperti simbal akan menghasilkan getaran dan gesekan pada pagian bulatan tembaga. Sehingga, menghasilkan bunyi.  

3. Tifa

Cara menghasilkan bunyi: Tifa memiliki membran dari kulit hewan yang jika dipukul akan menghasilkan getaran. Getaran tersebut menghasilkan bunyi.  

4. Angklung

Cara menghasilkan bunyi: Bambu-bambu pada angklung mengalami benturan. Hasil dari saling berbenturan tersebut membentuk nada dan menghasilkan bunyi.  

5. Sasando

Cara menghasilkan bunyi: Dawai atau senar pada Sasando yang dipetik menghasilkan getaran dan resonansi pada ruang bambu, sehingga bisa menghasilakn bunyi  

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 13

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan kita indera pendengar. Melalui indera ini, kita dapat mendengar dan menikmati hasil karya seni budaya yang beragam. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang hal tersebut.

Bagaimana cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau lebih pelan?

Jawaban

Dengan menggunakan energi yang lebih besar atau lebih kecil pada alat penghasil bunyi tersebut

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 14

Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.

Ayo Mencoba

Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.

Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa?

Jawaban

Suatu benda dapat menghasilkan suara enak karena dipukul secara teratur.

Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?

Jawaban

Yang dilakukan adalah dengan membuat benda bergetar dengan ara memukul, mengetuk, memetik, dan meniup.

Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?

Jawaban

Dengan membunyikan alat secara bergantian dan teratur agar menghasilkan musik yang enak didengar

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.

Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 16

Menghargai perbedaan akan memperkuat persatuan dan kesatuan. Semua orang harus hidup rukun meskipun memiliki perbedaan.

Kesimpulan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

Jawaban

Hari ini saya belajar tentang pawai budaya dan benda yang dapat menghasilkan bunyi

Apa yang akan kamu lakukan untuk menghargai perbedaan di sekitarmu?

Jawaban

Yang akan saya lakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar adalah dengan tidak merendahkan atau mengejek orang lain yang berbeda dengan kita.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Jawaban Bacaan Pawai Budaya Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 1. Bekerjasamalah denga orang tuamu mintalah orang tuamu untuk menceritakan pengamalannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah. Ceritakan hasilnya kepada gurumu! Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Semoga bermanfaat

Related Articles

Back to top button