Kunci JawabanSD

Jawaban bacaan permainan bakiak kelas 4

Jawaban bacaan permainan bakiak kelas 4- hallo rexlovers kali ini kita akan memabahas mengenai jawaban bacaan permainan bakiak kelas 4. materi ini bisa kamu temukan pada buku siswa kelas 4 tema 1 subtema 2 pembelajaran 3. baiklah kita simak bersama pembahasannya.

Jawaban bacaan permainan bakiak halaman 100

Ayo Mencoba

Salah satu permainan tradisional Indonesia yang sangat menarik adalah permainan bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatra Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatra Barat merupakan permainan yang membutuhkan kekompakkan.

Hari ini kamu akan mencoba permainan tradisional bakiak dengan teman-temanmu.

Sebelum melakukan permainan Bakiak, kamu harus memperhatikan hal berikut.

  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 orang.
  2. Masukkan masing-masing kaki ke dalam tali Bakiak.
  3. Anggota kedua memegang bahu anggota di depannya. Anggota ketiga memegang bahu anggota di depannya.
  4. Anggota paling depan memberi tanda kapan berjalan dan kapan berhenti.
  5. Diskusikan kaki mana yang akan diangkat terlebih dahulu, kaki kanan atau kaki kiri.
  6. Untuk menjaga kekompakan, semua anggota bisa berteriak saat berjalan: kiri, kanan, kiri,…
  7. Cobalah berkali-kali permainan ini dengan kelompokmu sampai terasa gerakan yang semakin baik dan kompak.
  8. Kelompok yang pertama mencapai garis akhir adalah pemenangnya.

Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!

Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?

Jawaban :

Ya, kelompok kami berhasil mencapai tujuan dengan tepat waktu hal itu dikarenakan adanya kerjasama kelompok yang baik.

Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?

Jawaban :

Gerak yang kami lakukan bersama-sama akan mempengaruhi gerak dalam kelompok.

Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?

Jawaban :

Kesulitan yang kami hadapi yaitu menggabungkan gerak kelompok agar kompak.

Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?

Jawaban :

Sikap saya terhadap teman satu kelompok kami saling menghargai sebab kemampuan masing-masing anggota kelompok berbeda.

Jawaban bacaan permainan bakiak halaman 102

Ayo Berlatih

Saat bermain Bakiak, kamu tentunya harus mendengarkan peluit yang ditiupkan guru dan aba-aba temanmu. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan pendengaran yang baik. Masih ingatkah kamu tentang pentingnya indra pendengar? Ayo, kita mengingatnya kembali.

Bekerjalah dalam kelompok. Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas.

Jawaban indra pendengar

Bagian-bagian:

– Daun telinga
– Rongga telinga luar
– Gendang telinga
– Tulang-tulang pendengaran
– Tabung eustachius
– Rumah siput (koklea)
– Saluran setengah lingkaran

Cara Kerja:

– Suara masuk ke telinga dan ditangkap gendang telinga.
Gendang telinga bergetar lalu diteruskan oleh tulang-tulang pendengaran ke ujung saraf.
– Oleh saraf, getaran tersebut disampaikan ke otak sehingga kita dapat mendengar.

Cara Merawat:

– Tidak mengorek kotoran telinga menggunakan cotton bud
– Jangan garuk telinga ketika terasa gatal
– Jaga kebersihan telinga dan tidak perlu terlalu bersih
– Pakai earphone dan headphone seperlunya

Fungsi:

Telinga merupakan indra pendengar. Selain sebagai indra pendengar, telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh.

Telinga sangat penting bagi kita. Dengan telinga kita dapat mendengar bunyi-bunyian. Kamu sudah melakukan percobaan tentang sumber bunyi. Kamu bisa mendengar alat musik tradisional karena telingamu berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, rawatlah telingamu dengan baik.

Nah, sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan mencoba membunyikannya. Kamu bisa mencari berbagai peralatan seperti kertas, kayu, dan sebagainya.
Lakukanlah permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian kamu bisa menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.

•• Ambillah berbagai macam benda.
•• Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
•• Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
•• Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.

Berapa kali kamu bisa menebak sumber bunyi?

Jawaban : Tulislah sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan

Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak?

Jawaban : Tulislah sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan

Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak?

Jawaban : Tulislah sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan

Tulislah laporanmu pada tempat yang tersedia.

Jawaban:

Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan: Benda Bergetar sebagai Sumber Bunyi
Tujuan Percobaan: Menjelaskan penyebab timbulnya bunyi dan cara perambatan bunyi


Alat dan Bahan:


– Ember
– Kaleng biskuit
– Botol minuman
– Tempat sampah plastik
– Gitar

Langkah Kerja:

– Ambillah berbagai macam benda.
– Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
– Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
– Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.

Hasil Percobaan:

Setelah dilakukan percobaan, ada siswa yang dapat menebak asal suara secara benar. Ada pula yang salah menebak asal suara.
Suara yang paling sering ditebak adalah ember dan kaleng biskuit karena suaranya paling keras, serta gitar karena suara paling berbeda.
Sementara botol minuman dan tempat sampah plastik sulit ditebak.


Kesimpulan:

Benda bergetar dapat menimbulkan bunyi. Bunyi yang dihasilkan sumber bunyi merambat melalui udara.

Jawaban bacaan permainan bakiak halaman 106

Ayo Membaca

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1

Jawaban :

. Paragraf 1

– Gagasan pokok: Warga berkumpul di lapangan
– Gagasan pendukung: Peralatan yang dibawa warga

Paragraf 2

Paragraf 2

– Gagasan pokok: Warga bergotong
– Gagasan pendukung: Mereka saling membantu

Paragraf 3

 Paragraf 3
– Gagasan pokok: Tong sampah siap di hias
– Gagasan pendukung: Membuat pola hiasan, keranjang sampah yang cantik

Kesimpulan

Demikianlah Jawaban bacaan permainan bakiak kelas 4. Materi tersebut bisa rexlovers temukan pada buku siswa kelas 4 tema 1 sub tema 2 pembelajaran 3. Selanjutnya, diskusikanlah bersama orang tuamu tentang pentingnya memelihara indra pendengaran. Catatlah contoh-contoh kegiatan merawat indra tersebut. Berikan hasilnya kepada gurumu.

Related Articles

Back to top button