Kunci JawabanSD

Jawaban Bacaan Tari Kipas Pakarena Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4

Jawaban Bacaan Tari Kipas Pakarena Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 – Hai sobat adik adik kelas 4 SD MI. Indonesia juga kaya akan keberagaman kain tradisional. Misalnya batik,
songket, dan ulos. Jenis-jenis kain tersebut merupakan kekayaan budaya bangsa. Kali ini kami akan membahas kunci Jawaban Bacaan Tari Kipas Pakarena Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4.

Halaman 46

Indonesia juga kaya akan keberagaman kain tradisional. Misalnya batik, songket, dan ulos. Jenis-jenis kain tersebut merupakan kekayaan budaya bangsa. Ayo kita cari tahu lebih lanjut.

Ayo Mengamati

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini.

Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas.

Jawaban

Segi banyak pada pola kain-kain di atas adalah persegi, jajar genjang, segitiga, layang–layang, dan lingkaran

Halaman 47

Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan

Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya.

1. Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)


2. Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama?

Jawaban

Bangun A memiliki panjang sisi yang sama sedangkan bangun B memiliki panjang sisi yang berbeda.

3. Bagaimana dengan ukuran sudutnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya.

Jawaban

Bangun A memiliki sudut yang sama, sedangkan pada bangun B memiliki ukuran sudut yang berbeda

4. Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut.

Jawaban

 Bangun ABangun B
Apakah nama bangun?Segitiga sama sisiSegitiga sembarang
Ada berapa banyak sisi?3 sisi3 sisi
Apakah panjang semua sisi sama?Iya sama panjangTidak sama panjang
Ada berapa sudut?3 sudut3 sudut
Apakah besar semua sudut sama?Iys besar sudutnya samaBesar sudutnya tidak sama


Segi banyak beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar.

Segi banyak tidak beraturan mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama.


Halaman 49

Berdasarkan segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas.

Kelompokkan ke dalam tabel berikut.

Jawaban

Segi banyak beraturanSegi banyak tidak beraturan
 – Persegi– Segitiga sama kaki
– Belah ketupat– Segitiga sembarang
– Persegi panjang 

Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.

Jawaban

Segi banyak beraturanSegi banyak tidak beraturan
– Persegi pada jendelaPersegi panjang pada buku tulis
– Segi enam pada penggaris berbentuk segi enamSegitiga sama kaki pada atap rumah
Segitiga sama sisi pada penggaris berbentuk segitiga sama sisiBelah ketupat pada layang-layang

Halaman 50

Kerjakan latihan berikut.

1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!

Jawaban

segitiga sama sisi, persegi, pentagon( segi 5 ), heksagon ( segi 6 ), dan oktagon ( segi 8 )karena semua bangun tersebut mempunyai panjang sisi yang sama dan mempunyai besar sudut yang sama juga.

2. Buatlah desain batik dari bangun segi banyak. Berikut adalah contohnya.

Jawaban

Berbagai bentuk segi banyak terdapat pada kain tradisional. Hal ini semakin memperkaya keberagaman budaya Indonesia.

Halaman 51

Ayo Membaca

Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Halaman 52

Paragraf 1

Jawaban

Gagasan pokok:
– Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Gagasan pendukung:
– Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Halaman 53

Paragraf 2

Jawaban

Gagasan pokok:
– Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu.

Gagasan pendukung:
– Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Halaman 54

Paragraf 3

Jawaban

Gagasan pokok:
– Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian.

Gagasan pendukung:
– Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia.
– Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas.
– Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat.
– Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur

Halaman 55

Ayo Mengamati

Diskusikan hasilmu dengan hasil temanmu.


Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
• Bandingkan hasilnya.

Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!

Jawaban

Saat menggunakan sapu lidi untuk menyapu, kotoran dapat terangkat dan halaman menjadi bersih. Sedangkan saat menggunakan sebatang lidi untuk menyapu, tidak dapat digunakan untuk membersihkan kotoran, sehingga sapu malah tidak berfungsi.

Kaitkan jawabanmu dengan keadaan masyarakat Indonesia yang berbeda beda

Jawaban

Saat warga Indonesia hanya mempunyai 1 budaya yang sama, atau 1 agama yang sama, bisa diibaratkan sebagai 1 buah lidi dalam sapu. Tidak dapat digunakan, atau tidak dapat mewarnai keberagaman di Indonesia.
Sedangkan ketika warga Indonesia mempunyai banyak macam budaya, berbagai macam bahasa dan agama, dapat diibaratkan sebagai sapu lidi sebagai satu kesatuan batang lidi. Dapat digunakan untuk menyapu dan membersihkan kotoran.
Berbagai macam keanekaragaman budaya, bahasa, agama ini dapat membantu masyarakat Indonesia untuk semakin meningkatkan toleransi demi kemajuan bangsa.

Halaman 56

Pada umumnya, sapu lidi digunakan untuk menyapu. Bisakah sebatang lidi digunakan untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat digunakan untuk menyapu jika terdiri atas beberapa puluh atau ratus lidi yang
diikat cukup erat menjadi satu. Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan akan tercipta kekuatan
yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan. Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum.

Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Jawaban

Sikap menunjukkan persatuan dan kesatuanSikap tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan
Menerima dan menghargai pendapat orang lainTidak mau menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain
Tidak membeda bedakan teman, tetangga atau rekan kerja yang berbeda sukuMementingkan kepentingan pribadi
Tolong menolong antar tetangga dan temanBersikap tidak peduli terhadap lingkungan
Menjalin silaturahmiTidak mau membantu orang yang kesusahan

Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?

Jawaban

Lingkungan menjadi nyaman dan tentram, tidak ada perselisihan.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?

Jawaban

Akan terjadi perselisihan, kekacauan yang membuat kita tidak nyaman berada di lingkungan kita.

Kesimpulan

Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban

Nilai-nilai yang dapat dipelajari pada hari ini adalah nilai persatuan dan kesatuan, nilai saling menghargai, saling menghormati, tidak diskriminasi, toleransi dengan sesama, gotong-royong, dan musyawarah

Apa yang perlu kita lakukan untuk mempererat pesatuan dan kesatuan?

Jawaban

Yang perlu kita lakukan untuk mempererat persatuan dan kesatuan adalah dengan selalu menerapkan pola atau sikap saling menghargai dan saling menghormati.
Tidak diskriminasi, toleransi dengan sesama, mau bergotong royong, dan selalu mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi

Demikian pembahasan Jawaban Bacaan Tari Kipas Pakarena Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4. Bekerja sama dengan orang tuamu Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya persatuan dan kesatuan. Refleksikan bagaimana persatuan dan kesatuan di lingkunganmu.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Back to top button