Kunci JawabanSD

Jawaban Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4

Jawaban Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 – hai sobat hari ini kita akan membahas Jawaban Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4. Materi ini bisa kamu temukan pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 4. Yuks kita simak bersama pembahasannya.

Jawaban Perbedaan Bukanlah Penghalang halaman 110

Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik. Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?

Bacalah teks berikut.

Perbedaan Bukanlah Penghalang

Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.

Tulislah pada tabel berikut.

Jawaban:

Paragraf 1

Gagasan pokok: Menghias kelas adalah  tanggungjawab bersama

Gagasan pendukung:

1. Hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
2. Semua siswa berangkat ke sekolah untuk menghias kelas
3. Hari Senin akan dilaksanak lomba menyambut hari kemerdekaan.
4. Udin dan semua teman sekelasnya juga berangkat  ke sekolah.

Paragraf 2

Gagasan pokok: semua siswa di kelas Udin hadir
Gagasan pendukung:
1. Edo dan Martha belum berangkat.
2. Mereka harus berangkat  ke Sekolah Minggu.
3. Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, kemudian ke rumah Martha mengambil bahan dan hiasan kelas.
4. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Paragraf 3

Gagasan pokok: semakin siang sekolah semakin ramai
Gagasan pendukung:
1. Selesai melaksanakan ibadah pagi di gereja Edo dan Martha berangkat ke sekolah.
2. Udin dan teman-teman berbagi tugas.
3. Ketika menunjukan  waktu sholat Zuhur, Udin, Siti menjalankan ibadahnya.
4. Edo, Martha, Dayu yang tidak melaksanakan ibadah sholat tetap melanjutkan pekerjaan menghias kelas.
5. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih.
6. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
7. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Jawaban Perbedaan Bukanlah Penghalang halaman 112

Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan kebiasaannya bekerja sama.
Berikut adalah contoh-contoh kerja sama yang biasa dilakukan dalam masyarakat.

Ayo berdiskusi

Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
Carilah informasi tentang salah satu kerja sama di lingkunganmu.
Presentasikan hasilnya di depan kelas.

Jawaban :
Contoh :

  1. Membersihkan selokan
  2. Menghias desa atau kompleks perumahan
  3. Membangun pos kamling
  4. Membangun masjid

Bukan contoh

  1. Membangun gapura desa tapi dibayar
  2. Membangun pos ronda tapi dibayar
  3. Membangun rumah warga tapi dibayar

Ciri-ciri :

  1. Dilakuakan secara sukarela
  2. Dilakukan untuk kepentingan umum
  3. Dilakukan oelh seluruh atau hampir sebagian warga

Pengertian :

Bekerja sama untuk mencapai hasil yang diinginkan

Jawaban Perbedaan Bukanlah Penghalang halaman 114

Ayo Mencoba

Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini memiliki jam dengan ukuran besar pada empat  sisinya.

Jawaban:

1. Bagian rumah gadang: bagian atap
Prediksiku: 45 derajat
Besar Sudut Sebenarnya: 40 derajat


2. Bagian rumah gadang: bagian tangga
Prediksiku: 120 derajat
Besar Sudut Sebenarnya: 140 derajat


3. Bagian rumah gadang: bagian pondasi
Prediksiku: 90 derajat
Besar Sudut Sebenarnya: 90 derajat

Jawaban Perbedaan Bukanlah Penghalang halaman 115

Hitunglah dengan menggunakan busur besar sudut berikut.

Jawaban :

Ayo Renungkan

– Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawaban: 
Untuk pembelajaran hari ini  saya belajar tentang nilai kerja sama, kebersamaan, menghargai perbedaan, serta  besar sudut.

– Apakah manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban:
– membuat pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan dan cepat selesai.
– menumbuhkan rasa kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan.- memupuk rasa sosial dan menciptakan rasa kepedulian antar sesama

Penutup

Demikian pembahasan Jawaban Perbedaan Bukanlah Penghalang Kelas 4 yang ingin kamu ketahui. Jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan masih banyak kemungkinan jawaban serta usahakan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. tetap semanagt belajar ya dan semoga bermanfaat.

Related Articles

Back to top button